Cara Desain Feed Instagram

Cara Desain Feed Instagram
Cara Desain Feed Instagram

Instagram sudah menjadi aplikasi sosial media yang sedang digandrungi semua orang. Tak sedikit orang belum tahu cara desain feed Instagram untuk memaksimalkan akun pribadinya, serta menarik perhatian calon followers.

Feed merupakan laman utama yang menampilkan berbagai macam foto dan video melalui profil setiap pengguna. Seperti kamu tahu bahwa calon followers biasanya akan selalu mengamati konten berupa foto atau video yang ditampilkan pada feed untuk memastikan mereka benar-benar mengikutimu nanti.

Read More

Feed Instagram yang bagus dan menarik akan menarik perhatian banyak orang untuk mengikutimu dalam waktu singkat. Selain itu, siapapun mungkin tertarik menjalin hubungan kerjasama bisnis seperti endorsement produk tertentu.

Jangan heran setiap pengguna Instagram akan selalu mengatur dan mengelola feed secara maksimal untuk menarik perhatian siapapun. Feed Instagram berkualitas bahkan mempengaruhi jumlah likes dan views terhadap konten yang sudah diunggah, serta langsung bertambah banyak secara otomatis.

Cara Desain Feed Instagram

Cara Desain Feed Instagram
Cara Desain Feed Instagram

Feed Instagram bisa dibilang sebagai salah satu magnet setiap pemilik akun untuk menarik perhatian calon followers dari seluruh dunia. Feed akan menampilkan semua foto dan video yang sudah diunggah sehingga orang lain dapat mengetahui konten apa saja dari setiap pemilik akun IG.

Namun, sebagian besar pengguna Instagram merasa tidak percaya diri terhadap feed mereka yang terkesan berantakan. Hal ini dikarenakan mereka tidak tahu siasat mengatur dan menyusun semua konten dengan benar.

Kamu sebenarnya bisa menguasai cara desain feed Instagram dengan benar dan cepat. Pasalnya, cara mengelola feed Instagram bisa menggunakan aplikasi ketiga atau tidak, tergantung tema dan konten yang dibuat setiap hari.

Terkait:  Cara Ganti Password Indihome

Secara umum feed Instagram akan terlihat menarik dan unik bila kamu bisa mengatur setiap foto atau video dengan benar dan presisi. Jangan sampai kamu mengunggah konten asal-asalan hanya demi jumlah likes dan views semata. Followers akan langsung unfollow akun kamu bila feed Instagram kurang menarik bahkan berantakan.

Tentukan Grid Layout

Grid Layout merupakan tata letak unggahan setiap pengguna di feed Instagram. Kamu akan terbantu dalam menentukan foto dan video yang bakal disimpan di sebelah unggahan lainnya. Layout bakal memudahkanmu dalam membuat feed Instagram yang keren dan unik. Beberapa grid layout yang bisa dicoba adalah :

  • Tiles Feed (Checkerboard)
    Feed ini biasanya dibuat dengan mengunggah foto atau video yang diselingi dengan quotes. Kamu bukan hanya sekadar unggah quotes, namun juga hal-hal lainnya seperti blog postingan, hasil lukisan dan sebagainya.
  • Puzzle Feed
    Puzzle Feed merupakan salah satu bentuk feed populer yang hampir sering diterapkan oleh semua pengguna Instagram. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi ketiga. Kamu cukup gunakan aplikasi Grid Post yang diunduh via Google Play Store atau App Store.
  • Border
    Border Feed cukup menggunakan satu border pada setiap unggahan yang sudah update di Instagram. Tujuannya supaya feed Instagram kamu bisa tampak lebih rapi dan berbeda dengan feed profil Instagram lainnya.
  • Horizontal Lines
    Feed ini memanfaatkan tiga baris horizontal pada feed untuk mengabadikan tiga gambar dengan tema serupa. Daripada mengunggah beberapa foto ke dalam feed menjadi multiple post, sebaiknya manfaatkan horizontal lines untuk mempercantik feed profil Instagram kamu.

Gunakan Tema yang Tepat

  • Black and White
    Apabila kamu ingin feed IG tampak berbeda, sebaiknya gunakan tema black and white. Tema ini bisa dibilang sebagai salah satu desain timeless, sedangkan setiap pengguna Instagram masih mengandalkannya sampai sekarang.
  • Minimalis
    Jika kamu lebih suka tampilan lebih simpel, rapi dan bersih maka bisa terapkan tema minimalis. Gunakan beberapa whitespace untuk ciptakan tema minimalis pada feed Instagram kamu, sehingga tampilannya dapat lebih menarik dan presisi.
  • Natural
    Tema ini bisa dipakai untuk memberi kesan hangat dan segar pada feed Instagram kamu. Style natural cenderung menerapkan warna earth tone. Selain itu, setiap unggahan pun akan tampak lebih bersih dan indah.
  • ­Vintage
    Tema Vintage lebih dominan menggunakan beberapa warna warm tone. Tema ini akan meninggalkan antik dan elegan terhadap feed Instagram kamu. Kamu bisa terapkan pada foto dan video keren yang beda dengan unggahan orang lain.
Terkait:  Cara Cek Aktif Kartu Telkomsel (5 Metode), Mudah dan Valid!

Pakai Filter yang Sama

Filter merupakan salah satu aspek penting untuk memberikan kesan elegan dan menarik terhadap setiap unggahan di feed Instagram. Maka dari itu, sebaiknya kamu gunakan filter yang sama supaya postingan keseluruhan tampak lebih keren dan rapi.

Kamu harus menentukan filter yang bakal dipakai secara konsisten pada feed IG. Tujuannya supaya feed Instagram kamu terlihat lebih aesthetic dan menarik. Sebaiknya edit foto yang bakal diunggah dengan filter andalan kamu, serta pakai filter serupa pada unggahan berikutnya.

Atur Unggahan Secara Berurutan

Tak bisa dipungkiri sebagian besar content creator selalu berhasil mengunggah berbagai macam foto dan video aesthetic setiap hari. Selain itu, feed Instagram mereka bahkan selalu bersih dan rapi bahkan jauh dari kesan berantakan.

Mereka selalu mengatur unggahan secara berurutan yang sesuai dengan filter dan konsep fotonya masing-masing. Kamu bisa mengandalkan aplikasi preview untuk melihat dan menyusun urutan unggahannya, serta memastikan seperti apa tampilan feed IG kamu sebelum diunggah keseluruhan nanti.

Pakai Aplikasi Edit Foto Terbaik

Apabila kamu ingin hasil unggahan dan feed Instagram tampak sempurna, kamu harus menggunakan aplikasi edit terbaik demi mewujudkannya. Kamu bisa mengunduh berbagai macam aplikasi edit foto terbaik melalui Google Play Store atau App Store sesuai gawai masing-masing.

Kamu bisa menggunakan Canva sampai Photoshop. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah menjadi kebutuhan para fotografer yang tidak pernah berhenti menghasilkan karya indah berupa gambar untuk diabadikan ke Instagram. Gunakan salah satu software tersebut untuk hasil feed IG lebih estetik dan keren.

Gunakan Font yang Sesuai

Font merupakan tampilan huruf yang mempengaruhi kualitas unggahan di Instagram. Secara umum setiap font mempunyai tampilan dan ukuran berbeda, sedangkan tidak semua orang bisa menerapkan semuanya dalam waktu yang sama.

Terkait:  Cara Mengubah Font di Bio Instagram, Bikin Profil Lebih Cakep!

Apabila kamu suka font yang simpel, maka kamu bisa gunakan font Serif yang mana desainnya lebih klasik untuk meninggalkan kesan elegan dan keren. Jika kamu ingin tinggalkan kesan modern, gunakan font Sans-Serif yang bersifat lebih casual, informal dan friendly.

Amati Kualitas Foto

Rahasia membuat feed Instagram tampak keren dan rapi adalah memperhatikan dan mengamati kualitas foto. Foto beresolusi lebih tajam akan tampak lebih jelas dengan menambah kontras dan sharpness saat disunting.

Menyusun feed Instagram sebetulnya tidak terlalu rumit, sedangkan kamu hanya perlu ketelitian saat menentukan tone, tema dan font yang bakal diterapkan. Apakah kamu sudah siap banjir followers dan likes? Rahasianya hanya dengan menerapkan tutorial kami seperti di atas yang sudah dicoba banyak orang.

Related posts