Cara Cek Baterai Health iPhone

Cara Cek Baterai Health iPhone (4 Langkah), Cepat dan Praktis!

PindahLubang.com – Cara cek baterai health iPhone adalah suatu hal penting yang perlu diketahui. iPhone adalah smartphone premium, di mana fiturnya lebih bagus dan lengkap daripada Android. Oleh sebab itu, wajar saja banyak orang sangat mendambakan dan ingin memilikinya.

Penggunaan iPhone sama seperti ponsel lain. Pasalnya, kamu tidak boleh menggunakannya sembarangan. Hal ini dikarenakan pemakaian tidak wajar, biasanya akan berdampak buruk terhadap komponen lain, salah satunya baterai yang sangat penting untuk HP.

Baterai iPhone mempunyai tingkat persentase kesehatan berbeda. Jika angkanya tinggi, dipastikan kesehatannya bagus dan begitu pula sebaliknya. Sayangnya, banyak orang tidak tahu penyebab battery health iPhone menurun lho. Di samping itu, cara pemeriksaan dan meningkatkan kesehatan baterai pun tidak ribet.

Penyebab Baterai Health iPhone Menurun

Secara umum baterai health iPhone menurun tidak serta merta terjadi tanpa alasan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Pengisian Daya Sampai 100% dan Dibiarkan Hingga 0%
    Tak sedikit orang, bahkan kamu sendiri sering membiasakan isi ulang baterai hingga penuh alias 100%. Selain itu, penggunaan perangkat secara terus menerus, apalagi membiarkan baterainya sampai 0%, ternyata membuat baterai health iPhone menurun. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan sekarang juga.
  • Terkena Suhu Ekstrem
    Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan baterai health iPhone menurun adalah terkena suhu ekstrem. Secara umum bahwa iPhone bisa beroperasi dengan baik pada kisaran suhu 16 s/d 23 derajar celcius. Jika kurang bahkan lebih dari itu, kemungkinan besar performa tidak maksimal dan baterainya cepat rusak.
  • Penggunaan Charger Palsu
    Jangan pernah menggunakan aksesoris palsu selama menggunakan iPhone. Contohnya, kamu sering menggunakan charger palsu, karena barang orisinilnya hilang. Akibatnya, baterai iPhone rentan mengalami kerusakan lebih cepat, meski baterainya dapat terisi penuh. HP kesayangan kamu pun akan sering di service lho.
  • Main Game Saat Isi Daya
    Banyak orang sering main game online saat isi daya baterai iPhone. Dampak buruknya adalah tingkat kesehatan baterainya menurun. Tak hanya itu, perangkat akan lebih cepat panas, sampai baterai menggelembung lho. Ancaman ini sering terjadi kalau kamu masih sering melakukan kebiasaan tersebut.
  • Pemakaian Aplikasi Boros Baterai
    Secara umum beberapa aplikasi memang butuh daya untuk digunakan. Namun, tak sedikit dari mereka justru memerlukan baterai ekstra, sehingga kamu akan sering kehabisan daya. Alhasil, isi ulang daya akan sering terjadi, bahkan terus menerus. Pemandangan tersebut menjadi alasan mengapa baterai health iPhone menurun.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel: Jangan Sampai Kadaluarsa!

Cara Meningkatkan Baterai Health iPhone

Untuk meningkatkan kesehatan baterai iPhone, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana dengan mudah lho. Daripada penasaran, Simak tips-tips penting tersebut sebagai berikut:

  • Perbarui iOS Secara Berkala
    Pengguna iPhone dianjurkan memperbarui versi perangkat, yakni iOS secara berkala. Tujuan kegiatan tersebut bukan sekadar mendapatkan fitur-fitur baru saja. Sebab, kamu pun dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat melakukannya jika sudah mendapatkan notifikasi update iOS.
  • Gunakan Charger Asli
    Baterai iPhone bisa dijaga, bahkan ditingkatkan kualitasnya dengan menggunakan charger asli. Jangan pernah menggunakan charger batangan, apalagi barang palsu yang bukan bawaan dari Apple. Penggunaan charger asli akan membuat kesehatan baterai tetap terjaga, serta membuat proses isi daya menjadi lebih cepat.
  • Hindari Suhu Tinggi
    Jangan pernah meletakkan iPhone di tempat-tempat bersuhu ekstrem, misalnya di dekat kompor, microwave, hingga di bawah sinar matahari langsung. Suhu panas yang dialirkan ke body perangkat, ternyata dapat membuat baterainya rusak. Kamu bisa meletakkan iPhone di tempat teduh dengan suhu ruangan stabil.
  • Lepas Casing Ketika Isi Daya
    Pengguna iPhone disarankan melepaskan casing ketika isi ulang baterai. Pasalnya, proses charging dengan casing, biasanya tidak akan mengalirkan suhu panas lebih lancar. Akibatnya, udara panas akan terperangkap dan kembali ke permukaan baterai. Kamu bisa melepasnya dan biarkan baterainya terisi penuh.
  • Jangan Isi Daya Penuh
    Kalau iPhone akan digunakan dalam waktu cukup lama, jangan pernah isi daya hingga penuh alias 100%. Kondisi ini mengakibatkan perangkat kurang bekerja secara maksimal. Kamu bisa isi ulang baterainya sampai 80%, apalagi kalau sedang digunakan. Perangkat tetap bekerja normal dan baterai pun lebih awet.
  • Manfaatkan Fitur Optimized Battery Charging
    Kamu bisa memanfaatkan fitur Optimized Battery Charging di iPhone. Fitur ini membantumu untuk memaksimalkan penggunaan perangkat, khususnya baterai ketika sedang diisi daya. Tak hanya itu, performa iPhone tetap berjalan maksimal, sedangkan baterai pun tidak akan cepat drop lho.
Terkait:  Cara Cek Kesehatan Baterai Realme, Aman dan Valid!

Cara Mengaktifkan Fitur Optimized Battery Charging iPhone

Bagi kamu yang menggunakan iPhone, aktifkan fitur Optimized Battery Charging ketika baterainya sudah lemah atau hampir habis. Berikut cara menghidupkan fiturnya dengan benar, yakni:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting di iPhone kamu.
  • Geser ke bawah sampai menemukan menu Baterai atau Battery.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
  • Pilih menu Kesehatan Baterai atau Battery Health.
  • Klik Optimized Battery Charging.
  • Geser toogle ke kanan untuk mengaktifkannya, bisa juga ketuk opsi ON.
  • Fitur Optimized Battery Charging sudah aktif.
  • Jika muncul status Peak Performance Capability, berarti iPhone kamu masih mempunyai performa yang optimal.

Cara Cek Baterai Health iPhone

Cara Cek Baterai Health iPhone
Cara Cek Baterai Health iPhone

iPhone masih menjadi gadget terbaik yang diminati banyak orang. Fitur lengkap, hingga kamera jernih adalah alasan utama mengapa masyarakat tetap mengidolakannya. Jika kamu menggunakannya, jangan lupa memperhatikan kesehatan baterainya.

Baterai adalah komponen penting untuk semua jenis smartphone. Kalau baterai health nya menurun, kemungkinan besar iPhone kamu akan cepat rusak. Tak ayal, kamu terancam beralih menggunakan perangkat baru yang harganya tentu saja lebih mahal dibandingkan Android.

Cara Cek Baterai Health iPhone

Jangan khawatir kalau kesehatan baterai iPhone kamu cukup rendah. Kamu dapat meningkatkannya kembali, kemudian cek statusnya dengan benar lewat panduan berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Setting

Kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Opsi ini biasanya ditandai dengan simbol gerigi. Selain itu, letaknya berada pada halaman utama yang menyimpan semua setelan perangkat.

Langkah 2: Pilih Menu Batery

Pada halaman utama, kamu akan melihat berbagai macam menu dan opsi yang dapat digunakan. Kamu bisa menggeser layar ke bawah secara perlahan, kemudian tekan tombol Baterai atau Battery untuk mengetahui status kesehatannya.

Terkait:  Cara Hotspot iPhone ke Android Update Januari 2024

Langkah 3: Klik Battery Health

Jika sudah ketemu, kamu bakal diarahkan ke halaman selanjutnya. Langkah berikutnya untuk mengecek baterai health iPhone adalah mengetuk opsi Kesehatan Baterai, alias Battery Health pada menu Battery.

Langkah 4: Cek Bagian Maximum Capacity

Untuk mengetahui status kesehatan baterai iPhone kamu, maka bisa melihat bagian Maximum Capacity. Opsi tersebut akan menampilkan batas maksimal penggunaan daya perangkat, serta daftar aplikasi yang menyedot baterai cukup banyak.

Demikian panduan lengkap tentang cara cek baterai health iPhone dengan benar. Jangan lupa mengecek kesehatan baterainya secara berkala. Kamu pun dapat meningkatkan kualitasnya, serta mencegah hal-hal yang membuat battery health menurun lewat pembahasan kami di atas. Semoga bermanfaat!

Similar Posts