Cara Cek HP Samsung Asli

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu, Cepat dan Mudah!

PindahLubang.com – Cara cek HP Samsung asli bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai macam langkah cepat untuk mengetahui keaslian smartphone tersebut. Pasalnya, banyak orang sering memasarkan produk serupa, padahal tidak orisinil alias palsu.

Samsung adalah merk HP Android nomor satu di dunia. Brand asal Korea Selatan ini memang mempunyai jumlah pengguna terbanyak sampai sekarang lho. Tak ayal, pihak tertentu justru memanfaatkan momen tersebut untuk membuat produk replika yang sudah jelas tidak asli.

Kamu sebagai calon pembeli sekaligus penggunanya, diwajibkan selektif dan teliti ketika akan membeli HP Samsung yang baru. Bagaimana tidak, masyarakat luas sering terkecoh karena barang yang dibeli adalah produk palsu. Jangan lupa perhatikan beberapa aspek saat memilih model HP Samsung yang ingin digunakan.

Cara Memilih HP Samsung yang Benar dan Mudah

HP Samsung memiliki berbagai macam model dan tipe, bahkan satu sama lain punya tampilan yang nyaris sama lho. Meski begitu, kamu harus tahu apa saja yang harus diperhatikan saat memilihnya. Informasinya bisa diikuti dan disimak di bawah ini:

  • Kenali Chipset yang Digunakan
    HP Samsung menggunakan tiga jenis chipset yang berbeda. Kamu harus mengenalinya untuk membeli jenis smartphone yang digunakan. Beberapa chipset tersebut di antaranya:
    • Qualcomm
      Chipset ini masih menjadi unggulan dari efisiensi dan kinerjanya. Snapdragon adalah besutan dari Qualcomm. Bahkan, chipset tersebut masih mendominasi sebagian besar merk smartphone di Indonesia.
    • MediaTek
      Untuk mendapatkan harga lebih terjangkau, mungkin kamu bisa mencoba HP Samsung dengan chipset MediaTek. Chipset ini pun dilengkapi VRAM, supaya tidak bisa menyedot memori HP terlalu banyak.
    • Exynos
      Kamu harus tahu kalau chipset Exynos sudah lama dikembangkan oleh Samsung. Meski begitu, harganya relatif mahal namun sebanding dengan performanya yang mumpuni lho.
  • Sesuaikan dengan Kebutuhan
    HP Samsung menawarkan beragam model, namun kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan melalui poin-poin yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
    • Layar Besar
      Bagi kamu yang sangat produktif, mayoritas HP Samsung sudah didukung ukuran layar lebih besar dan lebar. Pekerjaanmu semakin lancar dan semua data, hingga gambar dapat dilihat dengan jelas.
    • RAM Jumbo
      Samsung adalah primadona dari semua smartphone Android di dunia. HP ini didukung RAM jumbo, bahkan di atas 4 GB untuk penggunanya agar kamu dapat menyimpan data dan file lebih banyak.
    • Fitur Kamera Lengkap
      Untuk memaksimalkan hasil fotografimu, HP Samsung sudah dilengkapi fitur kamera lengkap dengan resolusi tinggi. Alhasil, semua fotomu tampak jernih dan sangat cocok dijadikan portofolio, hingga diunggah ke media sosial.
Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

Cara Cek HP Samsung Asli

Cara Cek HP Samsung Asli
Cara Cek HP Samsung Asli

Samsung berhasil menghipnotis masyarakat yang sedang mencari smartphone keren, namun tidak menguras kantong. Pasalnya, mereka mulai gencar merilis berbagai macam model dan tipe HP Android mulai harga sejutaan lho.

Angka tersebut tentu saja bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Meski begitu, jangan dulu tergiur dengan harganya yang sangat murah. Kamu harus pastikan barangnya asli. Kami akan membantumu untuk mengecek keasliannya lewat pembahasan artikel ini.

Cara Cek HP Samsung Asli Lewat Kode Rahasia

Jika kamu meragukan keaslian HP Samsung yang sedang digunakan, maka bisa mengetahui originalitas produk tersebut dengan kode rahasia. Daripada penasaran, ikuti tutorialnya dengan benar di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu.
  • Ketik *#1234#.
  • Informasi tentang CP, AP, CSC dan model atau tipe HP Samsung akan muncul di layar.
  • Pastikan semua informasi tersebut sesuai dengan spesifikasi perangkat yang digunakan.

Cara Cek HP Samsung Asli Lewat IMEI

HP Samsung mempunyai beragam model dan tipe, sedangkan satu sama lain punya IMEI berbeda. Untuk mengetahui keaslian perangkatnya, kamu dapat memeriksa nomor IMEI ponselmu lewat panduan berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu.
  • Ketik *#06#.
  • Nomor IMEI akan langsung muncul di layar secara otomatis. Bagi yang menggunakan dua kartu, berarti nomor IMEI akan ditampilkan dua jenis berbeda.
  • Kemudian, salin nomor IMEI tersebut.
  • Akses website imei.info melalui peramban browser favoritmu.
  • Pada halaman utama, masukkan nomor IMEI yang sudah disalin ke kolom tersedia.
  • Klik Check.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang keaslian HP Samsung kamu. Pastikan datanya sama dengan spesifikasi perangkatnya.
Terkait:  Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Semua Tipe, Mudah!

Cara Mengecek HP Samsung Asli Lewat Layar

Secara umum mayoritas HP Samsung palsu adalah seri flagship, sedangkan kualitas layarnya pasti berbeda jauh dengan aslinya. Seperti kamu tahu, kualitas layar HP Samsung masih belum dikalahkan sampai sekarang lho.

Semua HP flagship Samsung memakai layar super Amoled, di mana resolusinya sangat tinggi dan mampu menghasilkan kualitas gambar jernih nan tajam. Pada HP Samsung palsu, layarnya menggunakan IPS LCD alias TFT. Resolusinya rendah dan kualitasnya pun agak buram dan tidak terlalu tajam.

Cara Mengecek HP Samsung Asli Lewat Kamera

Kamera adalah salah satu fitur yang bisa menentukan keaslian smartphone. HP Samsung asli memiliki kamera beresolusi tinggi, sedangkan kualitas gambarnya sangat jelas dan jernih. Namun, berbanding terbalik dengan produk palsu, di mana fotonya tampak kurang detail dan buram.

Kalau kamu merasa hasil tangkapan kamera kurang fokus, dipastikan HP Samsung yang digunakan adalah barang palsu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan ujicoba fitur tersebut untuk membedakan barang asli dan kw.

Cara Mengecek HP Samsung Asli Lewat Fisik

HP Samsung memiliki tampilan fisik semi premium dibandingkan semua smartphone Android lain. Tak hanya itu, kamu bisa membedakan barang asli dan palsu dengan mudah. Produk Samsung original biasanya punya permukaan fisik lebih kasar, ketika diketuk akan mengeluarkan suara lebih dalam.

Jika produknya palsu alias HDC, biasanya bahannya terbuat dari material semi plastik. Di samping itu, permukaannya pun lebih licin dan ringan saat digenggam lho. Pastikan body perangkat diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli HP Samsung nanti.

Cara Mengecek HP Samsung Asli Lewat Samsung KIES

Samsung KIES merupakan aplikasi khusus pengguna HP Samsung. Fungsinya untuk mengetahui originalitas dan spesifikasi produk terkait. Cara menggunakannya simpel, kamu bisa mengunduhnya melalui laptop dan hubungkan HP ke laptop dengan kabel USB.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode), Valid!

Jika informasi tidak muncul di layar, kemungkinan besar ponselmu adalah barang palsu. Untuk memastikannya kembali, kamu dapat mengganti kabelnya dan sambungkan ulang. Kalau informasinya tetap tidak muncul, dipastikan HP Samsung kamu palsu.

Cara Mengecek HP Samsung Asli Lewat Aplikasi Ketiga

Kamu dapat menggunakan aplikasi ketiga seperti CPU-Z dan AIDA64 untuk mengecek keaslian HP Samsung. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh dan digunakan secara gratis lho. Selain itu, pemakaiannya bukan hanya untuk produk Samsung, melainkan HP Android lain dengan hasil pemeriksaan yang akurat.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek HP Samsung asli, serta tips-tips memilih produk smartphone yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhanmu. Gunakan petunjuk di atas, sehingga kamu dapat terhindar dari pemakaian smartphone Samsung palsu. Semoga bermanfaat!

Similar Posts