Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode), Valid!

Cara Cek HP Samsung Ori
Cara Cek HP Samsung Ori

PindahLubang.com – Cara cek HP Samsung ori sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tak sedikit orang merasa kesulitan saat melakukannya, apalagi kalau belum pernah menggunakan ponsel merk tersebut.

Samsung mempunyai fitur, hingga tampilan menarik yang membuat siapa saja merasa tertarik memilikinya. Di samping itu, harganya pun tidak terlalu mahal, sehingga kamu dapat memiliki sekaligus menggunakan HP Samsung yang canggih dan keren. Harganya pun ditaksir mulai dari sejutaan saja lho.

Read More

Samsung memang sering meluncurkan berbagai macam model dan tipe smartphone secara terus menerus. Bahkan, mereka dikabarkan akan segera menghadirkan Samsung Galaxy S24 Ultra setelah ‘kakak’ nya, yakni S22 dan S23 Ultra sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Semua orang sudah tidak meragukan kualitas dan popularitas merk HP asal Korea Selatan ini.

Apakah HP Samsung Ori Beda dengan yang KW?

Kami beritahu bahwa HP Samsung original berbeda dengan produk yang kw alias palsu. Pasalnya, seseorang yang membeli produk baru maupun bekas atau second, selama barangnya asli pasti punya perbedaan mencolok yang berbeda dengan HP Samsung palsu.

Secara umum perangkat seluler Samsung asli mempunyai tampilan, ukuran, sampai fitur lebih lengkap lho. Maka dari itu, kamu wajib memeriksa semuanya secara menyeluruh. Jangan sampai kamu menyadarinya setelah ponselnya sudah dibeli.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC (7 Metode) Ampuh!

Cara Cek HP Samsung Ori

Cara Cek HP Samsung Ori
Cara Cek HP Samsung Ori

Siapa saja yang akan membeli HP Samsung, baik baru atau bekas diwajibkan untuk memeriksa dan mengetahui keasliannya. Pasalnya, sebagian besar orang awam masih sering tertipu karena menganggap produk asli dan palsu tidak punya perbedaan signifikan.

Jika diamati lebih jeli lagi, ternyata keduanya punya beberapa bagian yang berbeda lho. Kamu tidak boleh memutuskan untuk langsung membeli HP tersebut begitu saja. Artikel ini akan membantumu supaya bisa membeli dan mendapatkan smartphone Samsung yang asli dengan mudah.

Cara Cek HP Samsung Ori via Samsung KIES

Sebagai informasi, Samsung KIES merupakan aplikasi untuk para pengguna HP Samsung yang bermanfaat dalam memeriksa originalitas dan spesifikasi sebuah produk, khususnya smartphone. Jika kamu ingin tahu cara kerjanya, maka bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Download Aplikasi Samsung KIES

Kamu harus mengunduh aplikasi Samsung KIES terlebih dulu. Aplikasinya hanya bisa didapatkan melalui situs resmi Samsung, yakni www.samsung.com/id/support/kies yang dapat diakses melalui peramban browser laptopmu.

Langkah 2: Sambungkan HP ke Laptop

Jika aplikasi tersebut sudah diunduh, kamu dapat menyambungkan HP Samsung ke laptop dengan kabel USB. Fungsinya untuk mengaktifkan aplikasi Samsung KIES yang baru saja terpasang pada perangkat PC, agar dapat digunakan.

Langkah 3: Cek Informasi Perangkat

Sistem akan memulai pemeriksaan perangkat tersebut. Bagi kamu yang melihat dan menemukan informasi di layar, maka bisa dipastikan HP Samsung benar-benar original. Akan tetapi, kalau ternyata datanya tidak muncul, perangkatnya sudah pasti palsu alias bukan barang resmi dari Samsung.

Cara Cek HP Samsung Ori via Fisik

Kamu pasti sering memperhatikan fisik perangkat sebelum membeli HP. Tindakan ini wajib dilakukan ketika kamu akan membedakan HP Samsung ori dan HDC atau kw. Secara umum perangkat yang benar-benar asli, alias besutan Samsung biasanya punya kualitas super lho.

Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

Material yang digunakan sangat bagus, sedangkan body perangkat tampak kuat dan kokoh. Jika kamu merasa bahan dasarnya seperti plastik, dipastikan ponselnya palsu. Layarnya pun lebih cerah, sedangkan HP Samsung kw justru agak redup dan kusam.

Cara Mengecek HP Samsung Ori via Spesifikasi

Jangan sekadar mengetahui model dan tipe perangkat yang akan dibeli. Kamu harus tahu spesifikasi HP Samsung secara detail. Untuk memastikan keaslian perangkatnya, maka bisa memeriksa informasi tersebut di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting di HP kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Layar akan menampilkan semua data tentang spesifikasi perangkat.
  • Pastikan informasinya sama dengan spesifikasi resmi yang sudah dirilis oleh Samsung.

Cara Mengecek HP Samsung Ori via Tipe Perangkat

Untuk memastikan HP Samsung kamu benar-benar asli, kamu harus memeriksa tipe perangkatnya dengan teliti. Jangan sampai kamu malah membeli produk replika alias barang tiruan. Cara mengetahui tipe HP Samsung yang original dengan mudah adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP Samsung kamu terlebih dulu.
  • Ketik *1234#.
  • Klik Panggil atau Call.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga informasi tentang AP, CP, CSC dan data lainnya muncul di layar.
  • Pastikan semua informasinya sama dengan spesifikasi dan tipe HP Samsung yang kamu gunakan.

Cara Mengecek HP Samsung Ori via LCD

LCD adalah salah satu bagian penting dari semua smartphone. Kalau LCD rusak, kamu akan sulit melihat gambar dan tulisan dengan jelas. Maka dari itu, periksa bagian tersebut untuk memastikan keaslian HP Samsung kamu lewat tutorial berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone melalui ponselmu.
  • Ketik *#0*#.
  • Informasi tentang LCD perangkat, mulai dari layar sentuh, kamera, getaran, suara, warna, dll akan muncul di layar.
  • Jika informasinya tidak muncul, dapat dipastikan kalau HP Samsung kamu adalah barang replika.
Terkait:  Cara Cek Samsung Asli, Jangan Sampai Salah Beli!

Cara Mengecek HP Samsung Ori via IMEI

Kamu pun dapat memeriksa nomor IMEI untuk mengetahui keaslian dan status HP Samsung yang digunakan. Nomor tersebut bisa dilihat melalui kode telepon atau setelan perangkat. Simak tutorialnya dengan baik dan benar di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone dari ponselmu terlebih dulu.
  • Ketik *#06#.
  • Jika tidak ingin menggunakan menu panggilan, buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Umum atau General.
  • Klik Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Pada bagian tersebut, cari bagian IMEI dan salin nomor tersebut.
  • Akses website imei.info melalui peramban browser yang sering digunakan.
  • Pada halaman utama, masukkan nomor IMEI yang sudah kamu salin ke kolom tersedia.
  • Klik Check.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat data mengenai spesifikasi sampai tipe HP Samsung kamu muncul di layar. Pastikan semua informasinya sama dengan detail perangkat yang dimiliki.

Cara Mengecek HP Samsung Ori via Build Quality

Pengguna HP Samsung yang meragukan keaslian ponselnya, maka bisa memeriksa bahan alias materi perangkat melalui situs resmi Samsung. Cek fisik sampai kualitasnya dengan mengikuti panduan di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi Samsung via samsung.com.
  • Pada halaman utama, cari dan temukan model HP Samsung yang akan diperiksa.
  • Pilih menu Spesifikasi atau Spesification untuk mengetahui detail perangkat tersebut.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai informasi tentang spesifikasi ponsel muncul di layar.
  • Lakukan perbandingan antara data dari website dengan HP Samsung kamu. Jika sama, berarti ponselmu asli dan kalau sebaliknya, maka bisa dipastikan perangkatnya palsu.

Membeli HP memang tidak selalu mudah, apalagi kalau barang yang ingin dibeli harus asli. Namun, kamu bisa mencoba cara cek HP Samsung ori atau kw di atas dengan mudah. Kamu pasti bisa membeli dan menemukan produk smartphone Samsung yang asli tanpa ribet. Selamat mencoba!

Related posts