Cara Cek Spesifikasi HP Samsung

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Semua Tipe, Mudah!

PindahLubang.com – Bagi kamu yang akan membeli ponsel Samsung, sebaiknya ketahui cara cek spesifikasi HP Samsung dengan benar dan mudah. Pasalnya, banyak orang kerap tergiur dengan tawaran harga miring, namun bisa saja perangkatnya adalah barang palsu.

Samsung adalah vendor smartphone Android terkemuka di dunia. Maka dari itu, kamu harus selektif ketika memilih salah satu model dan tipe HP Samsung yang akan dibeli. Tak menutup kemungkinan barang yang ditawarkan dengan harga sangat murah adalah produk replika atau HDC.

Samsung sudah menjadi merk ponsel terkemuka, di mana spesifikasinya lebih unggul dibandingkan brand HP Android mana pun lho. Tak ayal, banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam asalkan berhasil memboyong smartphone Samsung original. Kamu cukup periksa karakteristik eksternal dan internal sebelum membelinya.

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung
Cara Cek Spesifikasi HP Samsung

Samsung masih menjadi jagoan alias paling diunggulkan daripada semua merk HP Android di dunia. Bagaimana tidak, tampilan sampai spesifikasinya lebih bagus dan harganya sesuai dengan kualitasnya. Jangan sembarangan saat membeli HP Samsung, apalagi produknya baru.

Pembeli sekaligus calon pengguna ponselnya harus memeriksa spesifikasi perangkat dengan teliti. Bagi yang masih bingung, kami sudah menyiapkan beberapa panduan sederhana, sehingga kamu dapat mengeceknya lewat pembahasan artikel ini.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu, Cepat dan Mudah!

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Lewat Pengaturan

Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk mengetahui spesifikasi HP Samsung. Pasalnya, penggunanya cukup mengakses menu setelan lewat perangkatnya masing-masing. Simak tutorialnya dengan benar di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan atau Setting di HP Samsung terlebih dulu. Aplikasi ini ditandai dengan simbol gerigi berwarna abu-abu, tepatnya pada halaman utama.

Langkah 2: Pilih Menu Tentang Ponsel

Jika sudah dibuka, kamu bisa langsung menekan tombol Tentang Ponsel atau About Phone. Akan tetapi, beberapa model HP Samsung tertentu sudah mengalihkannya ke opsi Tentang Perangkat atau About Device.

Langkah 3: Baca Informasi dan Spesifikasi Perangkat

Pada halaman tersebut, kamu akan membaca semua informasi tentang spesifikasi HP Samsung yang digunakan, mulai dari nomor IMEI, software, build number, sampai kapasitas penyimpanan internal yang disematkan.

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Lewat Dusbook

Bagi kamu yang membeli HP Samsung baru, kami pastikan ponselnya didapatkan dengan dusbook untuk menjamin originalitasnya. Maka dari itu, kamu dapat melihat seluruh permukaan kardus pembeliannya, khususnya di bagian belakang. Baca dan pahami spesifikasi perangkatnya dengan baik.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Kode USSD

Untuk mengetahui spesifikasi HP Samsung melalui telepon, kamu dapat menghubungi kode rahasia secara gratis. Informasi yang diberikan pun sangat valid, sedangkan tutorialnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP Samsung kamu terlebih dulu.
  • Ketik *1234#.
  • Klik Panggil atau Call.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai menu pop-up yang menampilkan spesifikasi HP Samsung kamu muncul di layar.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Aplikasi AIDA64

Kamu dapat mengetahui spesifikasi HP Samsung secara detail melalui aplikasi ketiga, salah satu yang direkomendasikan adalah AIDA64. Aplikasi ini bisa didapatkan gratis, sedangkan panduan penggunaannya bisa disimak di bawah ini:

  • Unduh aplikasi AIDA64 melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu Sistem atau System.
  • Cek informasi tentang spesifikasi HP Samsung kamu dengan teliti.
Terkait:  Inilah 4 Cara Cek NIK Telkomsel yang Benar (Update)

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Aplikasi CPU-Z

Jika tidak bisa menggunakan AIDA64, kamu dapat mencoba aplikasi CPU-Z yang fungsinya tidak jauh berbeda lho. Selain itu, kamu mampu memperolehnya secara gratis dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi CPU-Z melalui Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Informasi tentang spesifikasi HP Samsung kamu akan muncul pada halaman utama.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Aplikasi DevCheck

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk mengecek spesifikasi HP Samsung secara detail adalah DevCheck. Bagi yang masih asing dengan tools ini, alangkah baiknya mengikuti pembahasan berikut:

  • Unduh aplikasi DevCheck melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, kamu akan melihat semua informasi tentang spesifikasi ponselmu, mulai dari RAM, CPU, dan lainnya.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat GeekBench

Kamu pasti masih asing dengan aplikasi GeekBench, kan? Pada dasarnya, aplikasi ini berguna untuk mengetahui ketangguhan, hingga spesifikasi perangkat smartphone lho. Semua pemilik HP Samsung bisa menggunakannya, sedangkan aplikasinya bisa didapatkan di Play Store secara gratis. Informasi tentang CPU, hardware, RAM, dan lainnya bakal ditemukan lewat satu program saja.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Aplikasi Inware

Jika ingin mencoba aplikasi lain, gunakan Inware yang fungsinya hampir sama dengan AIDA64 dan CPU-Z. Tak dapat dimungkiri bahwa kamu hanya perlu menyiapkan ruang sebesar 2 MB, supaya aplikasi tersebut bisa dipasang di ponselmu. Aplikasi ini bisa diunduh via Google Play Store, sedangkan tampilan UI nya akan menampilkan semua informasi tentang spesifikasi HP Samsung kamu.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat IMEI

Bukan rahasia umum kalau IMEI membantumu untuk mengetahui keaslian, sekaligus spesifikasi semua merk HP yang beredar luas di pasaran. Pengguna HP Samsung bakal tahu spesifikasi ponselnya melalui nomor IMEI, asalkan mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Pada bagian tersebut, muncul beragam informasi tentang perangkat yang digunakan.
  • Cari nomor IMEI dengan benar dan teliti.
  • Jika sudah ketemu, salinlah nomor tersebut.
  • Akses website imei.info melalui peramban browser favoritmu.
  • Pada halaman utama, tekan dan tahan kolom kosong untuk memasukkan nomor IMEI yang sudah disalin.
  • Klik Tempel atau Paste.
  • Nomor IMEI akan langsung dimasukkan secara otomatis.
  • Klik Check.
  • Sistem akan memeriksa dan menampilkan informasi tentang spesifikasi HP Samsung kamu, seperti software, hardware, CPU dan lainnya secara detail.
Terkait:  Cara Cek RAM Samsung Semua Tipe (3 Metode), Valid!

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Bodi Perangkat

Guna mendapatkan informasi lebih pasti, kamu akan tahu spesifikasi HP Samsung yang digunakan melalui bodi perangkatnya. Akan tetapi, data tersebut hanya bisa ditemukan di bagian belakangnya saja. Namun, metode ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna smartphone Samsung lawas, alias baterainya masih bisa dilepas.

Cara Mengecek Spesifikasi HP Samsung Lewat Samsung Store

Metode terakhir yang mungkin perlu dicoba adalah kamu harus mendatangi Samsung Store terdekat di kotamu. Sebagai informasi, gerai resmi Samsung sudah tersebar luas di seluruh Indonesia lho. Kamu dapat menjumpai petugas, kemudian tanyakan informasi mengenai spesifikasi ponsel yang digunakan.

Demikian pembahasan lengkap seputar cara cek spesifikasi HP Samsung semua tipe dengan benar, cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya secara offline atau online, pastinya tidak ribet. Selamat mencoba!

Similar Posts