Home » Alfamart » Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara kirim uang lewat Alfamart kini bisa menjadi alternatif paling efektif bagi kamu yang tidak mempunyai akun rekening bank.

Melakukan pengiriman uang di Alfamart sebenarnya sangat praktis dan mudah. Kamu hanya memerlukan syarat berupa kartu identitas diri berupa SIM atau KTP, dan nomor telepon. Jadi, siapapun bisa transfer uang di Alfamart.

Apa bisa transfer uang lewat Alfamart?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Alfamart memberikan layanan kemudahan untuk melakukan pengiriman uang secara praktis tanpa memerlukan akun rekening bank kamu.

Metode pengiriman uang di Alfamart ini dapat dijadikan alternatif atau solusi bagi yang hendak mengirimkan uang tanpa menggunakan rekening bank, sehingga penerimanya pun bisa langsung mengambilnya dengan leluasa.

Meskipun layanan perbankan kini sudah memanfaatkan kemudahan, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum mempunyai rekening bank.

Kirim Uang Lewat Alfamart

Untuk pengirim ataupun pemerima hanya perlu mempersiapkan kartu identitas diri yang masih berlaku beserta nomor ponsel yang aktif saja untuk bertransaksi.

Apakah bisa transfer uang ke bank bri lewat Alfamart?

Bisa tentunya, karena Alfamart menerima layanan pengiriman uang ke berbagai jenis akun rekening bank. Jadi kamu hanya perlu menyebutkan saja nomor rekening bank BRI yang dituju, baru kemudian kamu bisa mentransfer sejumlah uang tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Hanya saja, untuk melakukan transfer uang di Alfamart sendiri kamu akan dibebankan biaya administrasi.

Apakah bisa transfer melalui Indomaret?

Selain cara kirim uang lewat Alfamart, kamu juga bisa melakukan pengiriman dan penarikan uang lewat Indomaret dengan mudah.

Persyaratannya pun sama seperti pengiriman uang di Alfamaret, kamu hanya perlu membawa kartu identitas diri dan nomor ponsel yang masih aktif saja. Lalu tinggal ikuti cara-caranya saja setelah kamu mengunjungi Indomaret terdekat.

Berapa Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart?

Biaya pengiriman uang lewat Alfamaret sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk transfer uang kurang dari Rp. 1 juta akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15 ribu, sedangkan untuk pengiriman uang di atas Rp. 1 juta dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 25 ribu.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Begini Langkah Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara untuk dapat mengirim uang lewat Alfamart sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan siapa saja yang hendak kirim uang.

Ada beberapa langkah dan tahapan yang mudah serta sangat membantu kamu berikut ini. Namun, sebelum kirim uang kamu harus tahu dulu apa saja persyaratan wajib sebelum kirim uang lewat alfamart.

Persyaratan Kirim Uang Lewat Alfamart

Syarat untuk melakukan pengiriman uang melalui Alfamart diantaranya yaitu:

  • KTP Pengirim
  • Nomor Handphone Pengirim
  • Nomor Handphone Penerima
  • Uang Yang Dikirim

Persyaratan kirim uang di Alfamart tersebut cukup simple dan tidak begitu memberatkan bukan? Setelah kamu tahu dan telah mempersiapkan semua syaratnya, sekarang tiba saatnya untuk mengetahui apa saja langkah-langkah dan tahapan untuk kirim uang lewat Alfamart berikut ini.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Paling Mudah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa cara untuk kirim uang melalui Alfamart bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Kamu dapat menyimak dan ikuti beberapa tahapan berikut ini untuk dapat mengirim uang lewat Alfamart, sehingga penerima uang akan menerimanya dengan cepat.

1. Persiapkan Data Diri Valid

Pada tahapan awal, sebelum kamu melakukan pengiriman uang melalui Alfamart adalah harus mempersiapkan data diri yang valid terlebih dahulu. Apa saja data diri valid yang harus dipersiapkan dan dibawa? Diantaranya data diri asli yang meliputi KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku dan valid beserta fotocopynya. Tambahan data diri lainnya seperti apa yang sudah dijelaskan pada peryaratan kirim uang lewat Alfamart diatas.

2. Bawa Uang Tunai yang Akan Dikirim

Tak hanya data diri valid yang harus dipersiapkan, melainkan kamu juga tentunya harus mempersiapkan sejumlah uang tunai yang hendak dikirimkan melalui Alfamart.

Jika jumlahnya cukup banyak, kamu bisa mempersiapkan koper sebagai wadah atas uang tunai yang akan kamu kirimkan. Pastikan, wadah uang tunai kamu cukup aman dan tidak robek sehingga uang tetap utuh berada di wadah tersebut.

Perlu kami ingatkan, bahwa berhati-hatilah saat membawa sejumlah uang tunai yang akan dikirim lewat Alfamart.

3. Datangi Alfamart Terdekat

Oke, kamu sudah siap dengan data diri berupa KTP serta sejumlah uang tunai yang akan dikirim lewat Alfamart. Sekarang tiba saatnya kita akan mengirimkan uang tersebut melalui Alfamart.

Datangi Alfamart terdekat dari lokasimu saat ini, pastikan kamu tetap berhati-hati dalam membawa sejumlah uang tunai yang hendak dikirim.

Sebagai tambahan informasi, carilah Alfamart yang cukup besar dan ramai. Sehingga mampu melayani segala jenis transaksi seperti halnya pembelian dan pembayaran Shopee.

Jangan cari Alfamart yang baru buka, karena biasanya Alfamart tersebut belum cukup ramai pembeli dan tak dapat melayani berbagai transaksi online. Jelas dong, kan petugasnya masih bersih-bersih didalam. 😀 #justkiddingdikit

4. Hampiri Kasir

Setibanya kamu di Alfamart, langsung saja parkirlah kendaraanmu dengan rapi pada tempat yang telah disediakan. Kemudian, hampirilah kasir yang tengah bertugas saat itu. Sampaikanlah bahwa, kamu hendak mengirim uang tunai lewat Alfamart.

Selanjutnya, petugas kasir akan memberikanmu formulir pengiriman uang yang harus diisi. Langsung saja isikan formulir yang diberikan sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah semua kolom formulir terisi dengan lengkap, barulah berikan lagi ke mbak/mas kasir di Alfamart tersebut. Lalu, ikuti saja arahan selanjutnya untuk mengirim uang lewat Alfamart.

5. Terima Kode MTCN dari Kasir

Petugas kasir di Alfamart tersebut akan langsung memproses transaksi pengiriman uang ke penerima sesuai dengan formulir yang telah kamu isikan tadi.

Setelahnya, kasir akan memberikanmu kode MTCN yang nantinya berguna untuk pengambilan uang di Alfamart. Pastikan kode MTCN tersebut tercetak dengan jelas ya, serta dapat benar-benar terbaca.

6. Berikan Kode MTCN Ke Penerima Uang

Setelah kamu menerima kode MTCN dari petugas kasir Alfamart, simpanlah kode tersebut untuk nantinya diberikan kepada penerima uang tujuanmu.

Pulanglah, dan bawa kode MTCN tersebut serta harus disimpan dengan rapi dan jangan sampai hilang. Jika sampai hilang, maka kami pun tak mengerti apa yang akan terjadi selanjutnya.

Sesampainya dirumah, berikanlah kode MTCN yang kamu dapatkan kepada penerima uangmu baik itu teman, saudara, atau siapapun tujuanmu. Arahkan dia agar membawa kode MTCN saat mengambil uang di Alfamart.

Panduan Pengambilan Uang di Alfamart

Saat calon penerima uang yang kamu tuju telah menerima kode MTCN darimu, penerima uang dapat langsung mengambil uang tersebut ke Alfamart terdekat kapanpun dan dimanapun selama outlet masih buka.

Untuk lebih jelasnya, kamu atau calon penerima bisa baca panduan cara mengambil uang di Alfamart yang telah kami ulas sebelumnya.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Tanpa Rekening

Dikarenakan masyarakat Indonesia masih banyak yang belum punya rekening bank, maka TrueMoney telah hadir untuk menjadi solusi atas kebutuhan transfer uang tanpa nomor rekening yang begitu mudah.

Semua masyarakat Indonesia termasuk kamu dan aku ♥ , pun dapat leluasa untuk mengalokasikan dana untuk keperluan keluarga maupun teman yang tengah berada jauh di luar kota, atau mungkin hanya sekedar ingin berbagi rejeki.

Caranya:

  • Pengirim uang hanya perlu memakai kartu identitas asli seperti KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku dan nomor telepon aktif.
  • Lalu, datangilah Alfamart terdekat dari lokasimu saat ini. Dan jangan lupa bawa uang tunai yang akan dikirimkan.
  • Temui kasir yang tengah bertugas, kemudian ia akan memintamu mengisi formulir dengan lengkap dan valid, beserta informasi penerima uangnya.
  • Berikan uang yang akan dikirimkan dan jangan lupa untuk membayar biaya administrasi.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami ulas mengenai beragam cara kirim uang lewat Alfamart yang paling mudah, sehingga harus kami sudahi artikel ini. Jika masih ada kesulitan, kamu bisa cuitkan di komentar dibawah ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *