Cara Copy Link Grup WhatsApp

Cara Copy Link Grup WhatsApp dan Syaratnya yang Harus Diketahui

Pindahlubang.com | Grup WhatsApp merupakan tempat yang tepat untuk melakukan koordinasi dengan para anggota ataupun rekan kerja. Bahkan untuk bergabung ke grup WA sangat mudah, yakni menggunakan link. Karena itulah, di sini akan dijelaskan cara copy link grup WhatsApp dan membagikannya ke pengguna lain. 

Menyalin tautan yang mengarah langsung ke grup WA memang mudah. Tapi ada persyaratan yang mungkin belum Kamu ketahui. Dan ternyata, tidak semua anggota dalam grup bebas copy dan share tautan tersebut. 

Lalu, apa saja syarat agar bisa menyalin tautan grup WA? Bagaimana cara menyalinnya? Semua akan dijelaskan pada uraian berikut ini. Selain itu juga diterangkan kelebihan dan kekurangan menggunakan link untuk mengajak orang lain bergabung ke grup. 

Syarat Copy Link Grup WhatsApp

Sebelum membahas cara copy link grup WhatsApp, Kamu wajib menyimak penjelasan ini. Seperti yang dijelaskan bahwa untuk bisa mendapatkan tautan grup WA itu ada persyaratannya. Jadi, tidak semua anggota dapat menggunakan link tersebut. 

Syarat utama untuk copy tautan grup WA adalah menjadi admin atau pengelola grup. Setiap admin memiliki kebebasan untuk mengubah pengaturan grup. Termasuk juga mengundang pengguna lain memakai link yang sudah disediakan dan tinggal disalin. 

Sebenarnya ada dua cara jika ingin menjadi admin grup. Pertama, Kamu bisa membuat grup baru, yang mana otomatis menjadikan pembuat sebagai admin. Kamu juga dapat mengangkat anggota lain menjadi admin.

Tapi bagaimana kalau grup sudah ada? Maka cara kedua yaitu meminta si pembuat grup atau anggota yang menjadi admin untuk menjadikanmu pengelola juga. Untuk lebih jelasnya, coba cek uraian berikut ini:

Terkait:  Cara Agar WhatsApp Ada Notifikasi di HP Android dan iPhone

1. Menjadi Admin Grup WhatsApp dengan Membuat Grup Baru

Agar menjadi admin grup, cara yang paling mudah yaitu membuat tempatnya terlebih dahulu. Misalkan Kamu memiliki kelompok belajar atau komunitas tertentu. Agar mudah melakukan koordinasi, sebaiknya buatkan grup WA. 

Cara membuat grup Whatsapp itu tidak sulit. Kamu dapat mencobanya di semua perangkat, bahkan WhatsApp Web yang dibuka lewat PC sekalipun. Agar lebih jelas, beginilah panduan yang bisa Kamu ikuti:

  • Buka aplikasi WhatsApp Messenger yang Kamu gunakan. 
  • Ketuk tanda titik tiga di kanan atas, tepatnya ada di halaman awal WhatsApp.  
  • Selanjutnya pilih menu Grup Baru
  • Kamu juga bisa langsung menekan ikon pesan yang ada di sisi bawah dengan latar belakang hijau. Lalu, pilih menu Grup Baru
  • Kemudian cari kontak yang akan dimasukkan ke grup dengan mengetuk ikon plus (tambah). Sebaiknya masukkan beberapa nama saja, karena yang lain dapat diundang dengan link yang akan disalin. 
  • Tekan tanda panah berwarna hijau. 
  • Langkah berikutnya memasukkan subjek grup, yang mana nanti menjadi nama grup dan dapat dilihat oleh peserta. Panjangnya maksimal 100 karakter. Kamu juga dapat menambahkan emoji dan ikon lain.
  • Setelah itu, tambahkan foto grup agar lebih menarik. Bisa pula menggunakan foto dari Galeri dengan mengetuk ikon kamera. 
  • Ketuk tanda centang hijau dan grup sudah selesai dibuat. 

2. Menjadi Admin Grup WhatsApp dengan Meminta Bantuan Teman

Kalau grup sudah ada dan Kamu ditugaskan untuk menambahkan anggota baru, maka mintalah peserta lain untuk menjadikanmu admin. Minta ke pembuat grup atau salah satu peserta yang sama-sama menjadi admin. Setelah itu, baru Kamu dapat melakukan beberapa penyesuaian. 

Cara menjadikan orang lain admin itu sangat mudah. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka grup yang sudah dibuat. 
  • Kemudian ketuk nama grup yang ada di atas. 
  • Scroll layar dan pilih anggota di bagian peserta
  • Ketuk dan tahan nama atau nomor peserta yang akan dijadikan admin. 
  • Selanjutnya pilih Jadikan admin grup
Terkait:  2+ Cara Download WhatsApp di Laptop Windows 10 😄

Cara Copy Link Grup WhatsApp

Cara Copy Link Grup WhatsApp
Cara Copy Link Grup WhatsApp

Kala Kamu sudah memenuhi persyaratan menjadi admin, maka bisa langsung coba cara copy link grup WhatsApp berikut ini. Kamu dapat menyalin tautan tanpa perlu membuatnya sendiri. Link tersebut sudah disediakan secara otomatis dalam aplikasi. 

Tautan yang disalin bisa dibagikan ke orang lain agar bergabung dalam grup. Karenanya Kamu tidak perlu mengundangnya satu persatu. Kalau Kamu masih bingung, coba lihat cara copy link grup WhatsApp selengkapnya di bawah ini:

Step by Step Copy Link Grup WhatsApp

    1. Buka grup WhatsApp, yang mana Kamu menjadi salah satu adminnya.
    2. Setelah itu, ketuk nama grup yang ada di atas untuk masuk ke halaman info. 
    3. Lalu scroll layar ponsel dan masuk ke menu Peserta
    4. Di bagian tersebut, ketuk fitur Undang Via Tautan, tepatnya berada di bawah informasi jumlah peserta grup.
    5. Kamu akan dibawa ke halaman yang memuat link grup WhatsApp yang Kamu cari. Pilih opsi Salin Tautan yang ada di bawah link agar Kamu dapat menggunakannya untuk mengundang teman.

Selain opsi copy link, di halaman tersebut juga ada pilihan yang lain. Kamu bisa ketuk opsi sesuai dengan keperluan. Berikut ini penjelasan masing-masing pilihan yang ada di halaman tautan grup WhatsApp:

  • Kirim tautan via WhatsApp. Tanpa menyalin, Kamu dapat membagikan link secara langsung lewat WhatsApp. Saat opsi ini diketuk, Kamu diminta untuk mencari nama kontak yang akan diajak bergabung. 
  • Bagikan tautan. Untuk opsi isi juga tidak perlu meng-copy tautan secara manual. Melainkan langsung share tautan lewat pilihan platform yang disediakan. Link dapat dibagikan ke Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. 
  • Kode QR. Kalau yang satu ini fitur dari WA yang memungkinkan calon peserta bergabung ke grup memakai kode QR. Jadi, tidak terbatas pada undangan via link. Kode QR bisa Kamu screenshot atau langsung di-share
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Terlihat Online Terus dengan 4 Fitur Ini

Solusi Aman Copy Link Grup WhatsApp

Memiliki link grup WhatsApp memang memudahkanmu untuk mengundang peserta baru. Tapi akan sangat merepotkan jika tautan tersebut tersebar luas, sehingga makin tidak teratur orang yang masuk ke grup. Karena itulah, simak solusinya di bawah ini. 

Kalau link mulai tersebar, sebaiknya minta tautan yang baru. Dengan begitu tidak ada lagi yang bisa bergabung dengan link lama. Sebagai admin, Kamu bisa mengatur ulang link dan cara berikut:

  • Pada halaman link, pilih opsi Setel Ulang
  • Akan ada pop-up yang bertanya apa Kamu yakin untuk mengubah tautan, karena setelah itu tidak ada yang bisa memakai link lama untuk bergabung. Tekan saja Setel Ulang Tautan. 
  • Jika berhasil, akan muncul notifikasi. Ketuk OKE

Kelebihan dan Kekurangan Copy Link Grup WhatsApp

Tautan grup ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, Kamu bisa mengundang calon peserta dengan cara copy link grup WhatsApp dan memberikannya. Karena itulah, dikatakan lebih efisien dan hemat waktu. 

Kamu tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk menambahkan peserta. Apalagi jika jumlahnya banyak. Selain itu, tautan bisa dibagikan ke platform lain, sehingga dapat mengundang sekaligus orang yang tidak ada di daftar kontak. 

Tapi kekurangannya, link tersebut dapat tersebar tanpa izin. Karena itulah, harus lebih hati-hati agar tidak disalahgunakan jika dibagikan ke sembarang orang. Sebaiknya Kamu mengaktifkan fitur Setujui Peserta Baru di pengaturan grup. 

Itulah cara copy link grup WhatsApp yang benar. Ingatlah, bahwa syarat utama agar bisa salin tautan yaitu menjadi admin. Sebaiknya bagikan link ke orang yang tepat agar tidak tersebar ke orang yang tidak tepat. 

Similar Posts