Home » Mengetahui » Cara Belajar Mobil Manual

Cara Belajar Mobil Manual

Bagaimana sih cara belajar mobil manual bagi pemula dengan mudah? Ya, mengendarai mobil bertransmisi manual memang memerlukan sedikit latihan. Meskipun demikian, siapapun tentu saja dapat melakukannya apabila ia mempunyai keinginan yang kuat.

Jika Kamu ingin mengendarai mobil bertransmisi manual, apalagi truk maupun kendaraan berukuran besar lainnya, diperlukan kelihaian dan pengetahuan tertentu.

Biasanya kendaraan besar dengan sistem transmisi manual lebih sulit dikemudikan sebab selain ukurannya yang lebih besar, setirnya pun lebih berat, hingga sistem transmisinya yang bisa dikatakan lebih kaku. Tapi, siapapun tentu bisa belajar mengemudikan mobil manual. Berikut panduannya!

Cara Belajar Mobil Manual

Cara Belajar Mobil Manual

Belajar Mobil Manual | Freepik.com

Belajar Mobil Manual Tahapan Pertama

Tahapan pertama ialah memulai. Untuk memulai belajar mobil manual, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah tutorial berikut ini :

1. Pindahkan Tuas Persneling Pada Posisi Netral

Pertama silahkan pindahkan tuas persneling gigi ke dalam posisi netral, antara gigi keempat dan gigi ketiga. Dalam kondisi netral, biasanya tuas persneling dapat digerakkan bebas baik ke kanan maupun ke kiri.

2. Injak Kopling Sepenuhnya

Walaupun dalam kondisi netral, jika menekan kopling lebih dahulu sebelum Kamu menyalakan mesin kendaraan dapat mencegah mobil agar tidak melompat ke depan. Hal ini dilakukan jika Kamu melupakan langkah 1.

3. Coba Hidupkan Mesin Mobil

Selanjutnya Kamu bisa mulai menghidupkan mesin mobil dengan kuncil mobil.  Mulai masukkan persneling pada posisi gigi 1.

4. Lepaskan Kopling dan Injak Pedal Gas

Di saat yang bersamaan, secara perlaan lepaskan kopling sembari menginjak pedal gas. Kamu akan mengenali kondisi ini saat bagian depan kendaraan agak tersentak, serta terjadi penurunan sedikit pada bagian RPM mesin. Dalam tahapan ini silahkan lepaskan rem tangan, tapi koping tidak dilepas sepenuhnya.

5. Lepas Kopling Perlahan Sambil Meninjak Pedal Gas

Lepas kopling dengan perlahan sambil terus menginjak pedal gas. Pertahankan RPM mesin sedikit dari no. Kamu dapat melakukannya dengan cara memperbesar injakan gas sembari melepas kopling dengan konsisten menggunakan kaki kiri.

6. Perbesar Gas Perlahan

Silahkan perbesar gas dengan perlahan, kemudian lepaskan sedikit demi sedikit kopling hingga kopling dapat bekerja sepenuhnya. Selain itu, silahkan lakukan akselerasi normal.

Tahap Memindahkan Kopling ke Gigi

Tahapan memindahkan kopling untuk menaikkan gigi lebih tinggi, meliputi :

1. Tentukan Kapan Waktu Untuk Menaikkan Gigi Sesuai Kecepatan

Saat RPM mesin mobil melebihi kisaran normal, biasanya sekitar 2.500 sampai 3.000 RPM, Kamu biasanya harus menaikkan gigi lagi. Dengan mengikuti aturan berikut :

  • Perhatikan saat Kamu harus melewati tanjakan atau menambah kecepatan, biasanya Kamu perlu membiarkan putaran pada mesin menjadi lebih tinggi daripada saat meningkatkan kecepatan pada permukaan datar.
  • Sebab jika tidak, Kamu bisa “menyeret” mesin mobil hingga dapat menyebabkan masalah ignition timing atau waktu pengapian.

2. Mulai Memindahkan Gigi

Untuk memindahkan gigi, Kamu bisa mulai dengan cara mengangkat kaki yang menempel dari pedal gas lalu tekan kopling.

Tekan kopling sepenuhnya baru kemudian memindahkan posisi tuas persneling. Pindahkan tuas tersebut ke posisi gigi tertinggi selanjutnya.

3. Lepaskan Kopling Lalu Tambah Kecepatan

Sama halnya dengan tahapan saat memulai, gas dan kopling harus diatur berbarengan agar memastikan perpindahan pada gigi dapat berjalan mulus.

Namun biasanya ketika mobil bergerak, Kamu dapat melepas kopling lebih cepat sedikit dibandingkan saat menjalankan mobil di awal.

4. Kembalikan Kedua Tangan Tepat di Atas Setir

Hal ini diakukan agar Kamu mempunyai kendali yang lebih baik pada kendaraan saat ingin berbelok. Ketika mengganti gigi, Kamu bisa mendorong pemindah gigi ke dalam collar yang tengah berputar lalu dorong collar tadi ke gigi yang Kamu inginkan.

Apabila Kamu memegang bagian tuas persneling, maka Kamu mempunyai objek statis yang didorong menuju collar yang sedang berputar. Hal ini bisa membuat garpu pemindah gigi aus akibat tekanan yang diberikan.

Tahapan Menurunkan Gigi

1. Gunakan Kecepatan Untuk Menentukan Waktu yang Tepat Dalam Menurunkan Gigi

Saat RPM mesin mulai berkurang, maka Kamu akan merasakan getaran sedikit pada mesin, serta respons akselerator pun akan berkurang.

Kamu biasanya harus menurunkan posisi gigi jika ingin mengurangi kecepatan saat berbelok. Biasanya, untuk mengurangi kecepatan Kamu bisa menginjak pedal rem lebih dahulu sebelum membelokkan kendaraan.

Jika kecepatan sudah berkurang, silahkan turunkan gigi lalu gunakan mesin kendaraan untuk berbelok perlahan dengan mulus.

Hindari melakukan “coasting” ketika berbelok, sebab bisa mengurangi kemampuanmu dalam mengendalikan kendaraan.

Adapun coasting di sini ialah situasi saat berkendara dengan menekan kopling sepenuhnya atau dalam posisi gigij normal.

2. Mulai Mengganti Gigi

Kamu bisa mengganti gigi dengan cara mengangkat kaki yang tadinya menempel pada pedal gas kemudian tekan kopling supaya mesin mobil tidak menggerung saat Kamu melepas kopling.

Lalu tekan sepenuhnya pedal kopling, dan pindahkan tuas ke gigi yang lebih kecil.

3. Lepaskan Kopling Dengan Perlahan

Tindakan yang satu ini, bisa meningkatkan kecepatan pada mesin mobil. Kamu bisa memanfaatkan pedal gas dalam mengimbangi kecepatan pada mesin. Akhirnya bisa lepaskan pedal kopling sepenuhnya.

Tahapan Menghentikan Mobil

Jika Kamu ingin mulai menghentikan mobil, silahkan ikuti panduan berikut ini :

  1. Biarkan saja posisi gigi lalu injak rem perlahan.
  2. Kurangi kecepatan mobil hhingga RPM-nya hanya di atas nol sedikit.
  3.  Silahkan tekan kopling, lalu pindahkan tuas ke gigi yang lebih kecil. Jika Kamu mendekati persimpangan untuk memberi jalan, silakan pindahkan bagian tuas persneling pada posisi gigi 2, lalu Kamu bisa lepaskan kopling.
  4. Teruslah injak pedal rem hingga mobilmu dalam posisi hampir berhenti.
  5. Sebelum berhenti, saat tidak lebih dari 1 km/jam, silahkan tekan kopling sampai mobil dalam kondisi tidak mati sembari terus mengerem. Apabila Kamu ada di kondisi jalanan menurun, aplikasikan rem tangan lalu lepaskan saja pedal rem.

Tahapan Saat Berhenti di Tanjakan

Ketika berhenti di tanjakan dalma kondisi macet, silahkan Kamu ikuti panduan di bawah ini :

  1. Silahkan tekan rem hingga kendaraanmu hampir sepenuhnya berhenti, lalu pakai rem tangan agar tetap menahan mobil dan mencegahnya mundur.
  2. Jika Kamu ingin menjalankan kendaraan kembali, slahkan lepas pedal kopling sedikit sembari memperbesar injakan gas.
  3. Saat mobilmu sedang atau mulai “macet”, silahkan lepaskan rem tangan.
  4. Dalam tahapan ini, seharusnya mobil bergerak maju, namun Kamu mungkin harus berlatih. Cobalah terus melepas pedal kopling perlahan sambil menekan gas hingga kopling ke posisi awal kembali.
    Semakin cepat Kamu melepas kopling, maka akan semakin mengurangi tingkat keausan. Idealnya, Kamu harus melepas kopling dengan cepat sambil tetap mengendarai mobil melaju dengan mulus dan lancar.

Dalam tahapan cara belajar mobil manual di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan terlalu fokus terhadap RPM mesin, namun cobalah konsentrasi pada keseimbangan saat menekan gas dan melepas kopling.

Bayangkan kedua kondisi ini sebagai lawan ketika berakselerasi. Seperti membayangkan mesin 2 silinder, ketika 1 piston turun tapi yang lainnya harus dipaksa naik, dimana masing-masing pada posisi berlawanan. Kamu bisa mencoba meniru gerakan tersebut dengan pedal gas dan kopling.