Cara Koneksi TV ke WiFi Update Januari 2024

Cara Koneksi TV ke WiFi
Cara Koneksi TV ke WiFi

Pindahlubang.com | Semakin berkembang teknologi semakin banyak juga orang yang ingin menikmati berbagai hiburan digital seperti film dan sebagainya secara langsung pada layar televisi. Oleh karena itu cara koneksi TV ke WiFi ini akan membantu kalian dalam mengabulkan keinginan tersebut.

Akan tetapi nampaknya keinginan tersebut terbatasi, karena tidak semua TV dapat kalian sambungkan pada jaringan WiFi. Untuk saat ini hanya Smart TV yang dapat kalian sambungkan ke jaringan WiFi, karena Smart TV yang memiliki fitur WiFi.

Read More

Banyak varian yang ditawarkan oleh Smart TV perihal WiFi, ada yang langsung ditanamkan, ada yang built-in, dan ada juga yang menggunakan adaptor. Jadi dengan seperti itu jika TV kalian tidak memiliki fitur WiFi, maka masih bisa menggunakan adaptor WiFi secara terpisah.

Jika ingin menyambungkan TV ke WiFi itu berarti kalian harus memastikan bahwa jaringan WiFi yang akan digunakan tersebut bisa tersedia dengan stabil. Salah satu cara untuk mengetahui WiFi kalian stabil dengan menyambungkan ke perangkat lain seperti handphone atau laptop.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara koneksi TV ke WiFi, maka simak penjelasan di bawah ini sampai selesai supaya kalian tidak gagal faham.

Perangkat yang Dibutuhkan

Sebelum kalian melakukan cara koneksi TV ke WIFI, ada beberapa perangkat yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tentu perangkat yang harus kalian siapkan yang utama adalah TV yang sudah tersedia fitur WIFI, setelah itu kalian juga harus memiliki WIFI yang jaringannya stabil supaya proses dan menjalankannya tidak mendapati kendala susah sinyal.

Terkait:  Cara Melihat Password WiFi

Selain dua perangkat di atas, klian juga harus memiliki set top box dan juga dongle, karena kedua alat ini yang nantinya membantu kalian menyukseskan prosesnya. Akan tetapi jika TV kalian sudah digital berarti kalian tidak memerlukan set to box, jadi kalian hanya membutuhkan dongle saja.

Jadi sebelum kalian menyambungkan WIFI ke TV pastikan terlebih dahulu beberapa perangkat yang diperlukan di atas sudah kalian siapkan. Jika semua perangkat sudah tersedia, maka untuk caranya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Koneksi TV ke WiFi

Cara Koneksi TV ke WiFi
Cara Koneksi TV ke WiFi

Untuk menyambungkan TV ke WIFI ternyata bukan perkara yang sulit, karena kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Dengan catatan semua komponen yang diperlukan sudah terpenuhi. Untuk menyambungkannya silahkan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai selesai.

  • Pertama silahkan kalian buka TV yang ingin disambungkan ke WIFI terlebih dahulu.
  • Kemudian kalian akan ditawarkan beberapa fitur, silahkan kalian klik saja fitur ‘WIFI’.

Cara Koneksi TV ke WiFi

  • Berikutnya kalian akan masuk ke pengaturan jaringan.

  • Kemudian silahkan kalian pindai dengan cara tekan saja tombol warna hijau pada remot, selanjutnya tunggu saja beberapa saat sampai proses pemindai selesai.

Cara Koneksi TV ke WiFi

  • Setelah pemindai selesai, kalian akan menemukan perangkat WIFI yang siap untuk dihubungkan, jika di rumah kalian ada lebih dari satu WIFI, maka jaringan yang ditemukan juga akan lebih dari satu.

  • Pilih jaringan WIFI yang akan kalian sambungkan ke TV dengan cara klik ‘Oke’ pada remote.
  • Setelah itu kalian akan diperintahkan untuk memasukan sandi WIFI, jadi silahkan masukkan saja pada kolom yang sudah tersedia.

  • Setelah santi WIFI sudah kalian masukan, berikutnya klik saja ‘Oke’.

Cara Koneksi TV ke WiFi

  • Setelah itu secara otomatis TV kalian akan tersambung ke WIFI.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Nonton YouTube di TV dengan WiFi First Media, 100% Benar!

Penyebab TV Tidak Bisa Terkoneksi ke WiFi

Jika kalian telah melakukan beberapa langkah di atas dengan benar dan selesai tetapi TV masih tidak bisa tersambung ke WiFi, itu berarti ada beberapa penyebab yang harus kalian ketahui. Berikut ini beberapa penyebab TV tidak bisa tersambung ke WiFi.

Jaringan WiFi yang kalian gunakan tidak stabil sehingga sangat lamban ketika digunakan, apa lagi WiFi tersambung keberadaan perangkat yang berbeda. Oleh karena itu pastikan jaringan WiFi stabil.

Penyebab kedua dikarenakan jarak jangkauan antara WiFi dengan TV terlalu jauh, oleh karena itu walaupun sebenarnya jaringan WiFi stabil tetapi jika terlalu jauh maka WiFi akan menjadi lemah. Jadi untuk mengatasi hal ini kalian harus lebih memperluas jangkauan internet supaya TV tetap tersambung dengan WiFi

Penyebab TV tidak terkoneksi dengan WiFi yang terahir adalah software yang kalian gunakan sudah kadaluwarsa. Oleh karena itu periksa dahulu software kalian untuk memasukkan apakah masih berlaku atau sudah kadaluarsa. Kalian bisa memeriksanya pada bagian firmware atau software untuk benar-benar memastikannya.

Berikut tadi cara koneksi TV ke WIFI yang dapat kalian lakukan, langkah-langkahnya mudah dan simpel. Selagi keperluan dan syarat yang dibutuhkan terpenuhi maka TV kalian akan bisa tersambung ke WIFI. Jika keperluan dan syarat sudah terpenuhi akan tetapi TV masih tidak bisa tersambung ke WIFI mungkin ada masalah lain yang harus kalian ketahui. Untuk mengetahuinya silahkan kalian cek penyebab TV tidak bisa terkoneksi ke WIFI di atas.

Related posts