Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung Update Januari 2024

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung
Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

Pindahlubang.com | Adanya kunci pada aplikasi tentu memiliki dampak tersendiri, salah satunya meningkatkan keamanan dan privasi. Oleh karena itu hampir semua handphone saat ini memiliki fitur tersebut. Sebenarnya cara kunci aplikasi di hp Samsung tidak sulit, jika kalian belum mengetahui maka simak penjelasan di bawah ini.

Ada beberapa hal yang harus diketahui jika kalian pengguna ponsel Samsung, salah satunya mengunci salah satu aplikasi tertentu. Karena dengan mengunci aplikasi tertentu dapat mengamankan sesuatu yang ada di aplikasi tersebut dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apa lagi jika kalian sendiri terlalu sembarang meletakkan handphone tanpa mengunci layarnya.

Read More

Apa Sih Pentingnya Mengunci Aplikasi?

Setiap pengguna handphone tentu memiliki beberapa aplikasi penting di dalamnya yang sifatnya privasi dan tidak ingin diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu mengunci aplikasi tersebut sangat penting supaya isi yang ada di dalam aplikasi tidak dibuka dan di lihat oleh orang lain. Terutama pada aplikasi yang menyimpan data-data seperti percakapan, foto, hingga rekaman suara yang privasi.

Dengan mengunci aplikasi yang di dalamnya ada beberapa file penting, maka kalian sudah tidak perlu khawatir lagi ada orang lain yang bisa membuka aplikasi tersebut. Dan jika kalian meninggalkan handphone dalam keadaan terbuka karena lupa mengunci layar pun tetap tenang saja, karena aplikasi yang penting tersebut sudah terkunci.

Bahkan ketika ada teman atau keluarga yang meminjam handphone kalian pun sudah tidak perlu khawatir lagi, karena mereka tidak akan bisa membuat aplikasi tersebut. Jadi yang meminjam handphone hanya bisa membuka aplikasi biasa yang tidak terkunci.

Terkait:  Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Semua Tipe, Ampuh!

Oleh karena itu mengunci beberapa aplikasi penting pada handphone Samsung kalian sangat dianjurkan. Sebenarnya mengunci aplikasi sudah menjadi perkara umum, karena setiap handphone saat ini sudah memiliki fitur tersebut. Terutama pada handphone Samsung juga tak mau ketinggalan.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung
Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

Smartphone dengan merek Samsung saat ini sudah memiliki beberapa produk yang dibekali dengan sistem experience maupun One UI, hal tersebut dilakukan karena memberikan keamanan kepada para penggunanya. Berikut ini beberapa cara kunci aplikasi di hp Samsung yang dapat kalian lakukan.

Cara 1: Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sebenarnya ada dua cara kunci aplikasi di HP Samsung yang dapat kalian lakukan, untuk cara pertama ini bisa kalian lakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan handphone. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti yang ada di bawah ini.

  • Pertama silahkan kalian masuk ke dalam menu pengaturan terlebih dahulu.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

  • Kemudian scroll ke bawah sampai kalian menemukan opsi ‘Biometrik dan Keamanan’ klik saja opsi tersebut setelah kalian menemukannya.

  • Selanjutnya scoll ke bawah lagi sampai menemukan opsi ‘Pengaturan Keamanan Lainnya’ klik saja opsi tersebut.

  • Kemudian silahkan kalian aktifkan opsi ‘Sematkan Jendela’ dengan cara menggeser saja ke samping kanan sampai warna berubah menjadi biru.

  • Kalian juga bisa mengaktifkan opsi ‘Tanyakan Pola Sebelum Melepas Semat’.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

  • Setelah kalian menyematkan salah satu aplikasi maka aplikasi lainnya tidak akan bisa digunakan, dan untuk menggunakan aplikasi yang tidak disematkan harus memasukkan pin atau password dulu.
  • Jadi silahkan kalian sematkan aplikasi yang tidak ingin kalian kunci agar aplikasi yang ingin kalian kunci secara otomatis akan terkunci.
  • Selesai.

Cara 2: Menggunakan Pihak Ke-Tiga

Jika cara pertama tadi kalian lakukan tanpa adanya aplikasi tambahan, maka dengan menggunakan cara yang ini kalian membutuhkan aplikasi tambahan. Silahkan downloat dahulu di toko aplikasi yang ada di handphone kalian. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama silahkan kalian buka aplikasi ‘Google Play Store’ terlebih dahulu.
Terkait:  Cara Screenshot Samsung A22 4G/5G, Mudah dan Praktis!

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

  • Kemudian kalian klik opsi pencarian dan silahkan cari aplikasi ‘Shortcut Maker’.
  • Setelah kalian menemukan aplikasi yang dicari, kemudian silahkan aplikasi tadi instal terlebih dahulu.

  • Tunggu beberapa saat sampai proses instal selesai.
  • Setelah aplikasi berhasi diinstal, kemudian silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Untuk mengunci aplikasinya, kalian klik saja opsi ‘Apps’ yang berada dibagian atas sebelah kiri.

  • Setelah itu akan ditunjukan seluruh aplikasi yang telah terinstal di HP Samsung kalian.
  • Kemudian silahkan kalian scroll ke bawah untuk mencari aplikasi mana yang ingin dikunci.
  • Setelah menemukan aplikasinya, berikutnya klik saja aplikasi yang ingin kalian kunci tadi.
  • Lalu untuk mengunci aplikasinya silahkan kalian aktifkan opsi ‘Shorcut Lock’ dengan cara geser kesamping kanan saja sampai warna berubah menjadi bitu.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

  • Setelah kalian berhasil mengaktifkannya, kemudian selanjutnya langsung klik saja opsi ‘Create Shortcut’ yang berada dibagian paling bawah berwarna biru.

  • Kemudian kalian akan diberi pemberitahuan bahwa jika ingin menambahkan aplikasi tersebut di layar depan silahkan kalian sentuh dan tahan ikon.
  • Kemudian silahkan kalian klik opsi ‘Tambah’.

  • Selesai.

Berikut tadi beberapa cara kunci aplikasi di HP Samsung yang dapat kalian lakukan. Silahkan lakukan dan pilih mana yang kalian inginkan.

Related posts