Cara Kunci Chat WhatsApp Update Januari 2024

cara kunci chat WhatsApp
cara kunci chat WhatsApp

Pindahlubang.com | Apakah kalian tahu bahwa WhatsApp telah meluncurkan fitur keamanan baru. Jika fitur keamanan yang lama dan sampai sekarang masih ada berupa end-to-end, maka ada fitur keamanan chat baru yaitu Chat Lock. Fitur tersebut berfungsi untuk melindungi chat agar tidak diakses oleh orang lain. Berikut ini cara kunci chat WhatsApp yang bisa kalian lakukan.

Jika kalian mengaktifkan fitur keamanan ini pada chat WhatsApp maka chat tersebut akan disembunyikan dalam satu folder. Sedangkan jika ingin membuka folder tersebut membutuhkan biometrik seperti sidik jari kalian dan bisa juga dengan pemindaian wajah.

Chat WhatsApp yang telah kalian kunci akan tersembunyi, jadi ketika ada pesan baru yang masuk maka tidak akan menampilkan notifikasi seperti biasanya. Jadi jika ada chat baru maka pemberian hanya bertuliskan ‘WhatsApp: 1 Pesan Baru’ saja. Jadi chat akan selalu aman dari pantauan maupun intipan.

Fitur Chat Lock tersebut hanya berlaku pada pesan chat saja, jadi fitur tersebut tidak berlaku untuk layanan telepon. Selain itu fitur ini juga hanya berlaku pada satu perangkat saja. Chat akan otomatis terbuka saat kalian menggunakan WhatsApp pada perangkat lain seperti desktop atau WA Web.

Kalian bisa menggunakan fitur Chat Lock ini pada chat individu mampu pada chat grup. Jadi jika kalian memiliki grub yang dianggap butuh privasi maka bisa langsung menguncinya dengan fitur terbaru ini.

Cara Kunci Chat WhatsApp

cara kunci chat WhatsApp
cara kunci chat WhatsApp

Sebelum kalian melakukan cara yang ada di bawah ini sampai selesai, pastikan terlebih dahulu bahwa WhatsApp yang kalian gunakan saat ini sudah update ke versi terbaru. Oleh karena itu silahkan kalian cek terlebih dahulu apakah WA yang kalian gunakan sudah update atau belum. Jika belum silahkan kalian update terlebih dahulu. Jika sudah kalian update ke versi terbaru, maka silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini sampai selesai.

  • Pertama silahkan kalian masuk ke dalam aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Kemudian silahkan kalian pilih chat yang ingin dikunci. Disini kalian bukan hanya bisa mengunci obrolan individu saja, melainkan chat grup juga dapat kalian kunci.
  • Setelah kalian menentukan chat yang akan dikunci, berikutnya klik saja gambar profil chat atau grup yang akan dikunci.
Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

cara kunci chat WhatsApp

  • Berikutnya silahkan kalian klik informasi obrolan yang ditandai dengan ikon ‘i’ yang berada di samping sebelah kanan pada foto ptofil.

  • Setelah itu silahkan kalian scroll saja ke bawah sampai menemukan opsi ‘Kunci Chat’.
  • Untuk mengaktifkan fitur ini kalian hanya cukup menggeser bulatan yang ada di samping kanan ke arah kanan saja.

  • Kemudian kalian akan diberi peringatan bahwa chat tersebut akan terkunci dan tersembunyikan. Untuk melanjutkan proses silahkan kalian klik saja opsi ‘Lanjut’.

cara kunci chat WhatsApp

  • Setelah itu kalian akan diminta sidik jari sebagai konfirmasi bahwa yang melakukan proses ini bukan orang lain.
  • Masukan saja sidik jari kalian, setelah itu otomatis chat tersebut akan terkunci.
  • Selesai.

Setelah kalian berhasil mengunci chat WhatsApp tersebut maka secara otomatis obralan tidak akan muncul pada bagian layar utama WA seperti biasanya. Jadi orang lain tidak akan bisa melihatnya.

Cara Melihat Chat WhatsApp yang Terkunci

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa chat WhatsApp yang telah kalian kunci tidak muncul pada bagian beranda WA. Selain orang lain yang tidak akan menyadari bahwa ada salah satu chat individu atau grup yang kalian sembunyukan, mungkin kalian sendiri juga tidak tahu dimana keberadaan chat tadi. Oleh karena itu berikut ini cara melihat Chat WhatsApp yang telah terkunci.

  • Pertama kalian buka saja layar utama pada aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pada bagian layar utama WhatsApp tadi silahkan kalian tarik saja atau usap tahan layar ke arah bawah.

cara kunci chat WhatsApp

  • Setelah itu secara otomatis folder yang digunakan untuk mengunci chat WhatsApp tadi akan nampak. Kalian klik saja untuk masuk ke dalam foldernya.

  • Sebelum kalian berhasil masuk akan dimintai kata sandi atau sidik jari kalian, jadi tidak akan ada yang bisa membuka folder tersebut selain kalian sendiri.
  • Setelah kalian masukan sidik jari maka secara otomatis akan nampak chat WhatsApp yang telah terkunci tadi.
Terkait:  Cara Tarik Pesan di WA

Dengan mengaktifkan fitur ini selain aman dari pengelihatan orang lain, chat WhatsApp kalian juga tetap aman jika orang menyadari. Karena untuk masuk ke dalam folder tetap membutuhkan sidik jari.

Cara Mematikan Kunci Chat WhatsApp

Jika kalian ingin mematikan kunci chat WhatsApp sangat mudah sekali.

  • Pertama kalian ikuti saja langkah-langkah yang ada pada cara mengunci chat yang dijelaskan di awal.
  • Kemudian langsung saja pada opsi ‘Kunci Chat’ kalian geser ke arah kiri.

cara kunci chat WhatsApp

  • Kemudian masukan sidik jari.
  • Selesai.

Berikut tadi adalah cara kunci chat WhatsApp yang dapat kalian lakukan. Cara mengunci, melihat, dan melepaskan kunci sangat mudah sekali. Silahkan langsung saja kalian coba sendiri.

Related posts