Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

Android dan iOS adalah dua sistem operasi yang punya User Interface berbeda, termasuk untuk aplikasi WhatsApp. Sebagai pengguna android, Kamu ternyata bisa merasakan pengalaman memakai WA iPhone. Ada cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi yang pastinya gratis. 

Cara yang akan dijelaskan berikut ini juga aman bagi perangkatmu. Tidak perlu menggunakan aplikasi Mod seperti biasanya. Karena selain WA Mod itu ilegal, juga berbahaya bagi ponselmu karena bisa membawa malware. Yang paling parah, Kamu dapat di-banned selamanya dari WhatsApp. 

Karena itulah, di sini akan dijelaskan cara yang aman. Selain itu juga diberikan beberapa perbedaan tampilan WA di sistem operasi android dan iOS. Simak penjelasan lengkapnya di bawah. 

Perbedaan Tampilan WhatsApp Android dan iPhone

Jika Kamu pernah melihat ponsel dengan dua sistem operasi ini, pasti sedikit banyak tahu perbedaan user interface-nya. Termasuk pada aplikasi WhatsApp. Sebelum membahas cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi, lihat bedanya berikut:

1. Halaman Depan WhatsApp

Perbedaan tampilan yang pertama sudah terlihat dari halaman depan WhatsApp. Saat Kamu membukanya, akan langsung merasakan sensasi yang berbeda. Di mana untuk iPhone warnanya putih keabu-abuan di mode terang. 

Kalau Kamu membuka WA di android, maka yang menonjol adalah warna hijau khas. Ini pun ditemukan dalam mode gelap maupun terang. Jadi, sejak awal sudah memberikan user experience yang berbeda. 

Selain itu, di halaman depan ini tampak perbedaan dalam sajian menu. Untuk WhatsApp android, tab menu Chat, Komunitas, Status, dan Panggilan ada pada bagian atas. Sedangkan iPhone kebalikannya, yakni di bawah. 

Terkait:  Cara Restart HP Oppo

2. Daftar Kontak

Perbedaan kedua ada pada daftar kontak. Sebenarnya untuk bagian ini tidak jauh bedanya. Hanya saja android sering mengalami bug, yang mana membuat tatanan daftar kontak sedikit berantakan dan kurang rapi. Lain hal sendiri iOS yang lebih rapi dan jarang ada error. 

Menggunakan WhatsApp iPhone memang memberikan pengalaman yang lebih baik. Tapi bagi Kamu yang baru memakai android, tentu butuh sedikit penyesuaian. Mulai dari akses menunya dan merasakan sensasi yang berbeda. 

3. Tampilan Chat Room

Ketika masuk ke chat room atau ruang obrolan, akan menemukan perbedaan yang lain. Latar belakang nama kontak di sisi atas pada OS android didominasi warna hijau khas WA saat berada di light mode. Kalau iPhone, latarnya berwarna putih keabuan. 

Perbedaan di ruang obrolan lainnya yaitu penempatan fitur emoji. Kalau di android emoticon tersebut sudah muncul bersamaan keyboard ketika Kamu mengetik. Tapi kalau menggunakan WA iPhone, harus membuka menu emoticon dulu di bawah. 

Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi
Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

Kebanyakan cara yang Kamu temukan pasti mengganti interface WA di android dengan aplikasi mod. Padahal, penggunaan aplikasi ilegal seperti itu tidak direkomendasikan. Bukan hanya berbahaya bagi keamanan karena membawa malware, tapi bisa menyerang privasi. 

Karena itulah, di sini akan diberikan cara yang lebih praktis dan tentunya aman. Kamu dapat mengubah tampilan WhatsApp android menyerupai iPhone dengan salah satu cara berikut ini:

1. Mengganti Tema Sistem dari Pengaturan

Cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi yang pertama ini ditunjukkan bagi pengguna HP Xiaomi. Kamu tidak perlu aplikasi tambahan. Cukup ganti tema seperti iOS lewat layanan bawaan dari aplikasi. 

Terkait:  Cara Blast WhatsApp: Hanya dengan 3 Tahapan Saja

Keunggulan Xiaomi itu menyediakan berbagai macam tema gratis. Jadi, Kamu bisa download tema iPhone tanpa perlu bayar. Cara ini pun dapat diterapkan ke aplikasi WhatsApp dan pernah dibuktikan pada MIUI 11. Kelebihan lainnya yaitu tidak memerlukan root, sehingga aman bagi HP. 

Kamu bisa mengubah tampilannya dengan sangat mudah. Ikuti saja panduan berikut:

  • Cari tema seperti iPhone. Langkah yang pertama adalah membuka aplikasi Tema untuk mencari tampilan yang mirip dengan iPhone. Di sini Kamu bisa mencari iOS XL atau pilih tema lain yang gratis. 
  • Unduh tema. Jika sudah menemukannya, sekarang ketuk tema tersebut. Kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai tema dan preview di ponsel. Bukan hanya WA, tapi yang berubah juga layar depan dan kunci. Kemudian tekan tombol Unduhan yang ada di bawah tema. 
  • Terapkan tema. Langkah selanjutnya adalah menerapkan tema yang sudah di-download. Sebelum menggunakannya, centang Layar Kunci, Layar Utama, Sistem, dan Ikon. Setelah itu tekan tombol Terapkan. Nantinya nama berganti iWhatsApp dan tampilan chat juga seperti iPhone. 

2. Menginstal Tema Kustom

Cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi kedua yaitu menggunakan tema kustom. Kamu tidak perlu membuatnya sendiri. Cari saja tema di Google yang menirukan tampilan WA iPhone. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download tema kustom. Kamu cari dulu tema WhatsApp yang tampilannya menyamai iPhone. Search dari situs web pihak ketiga yang membuatnya. Pastikan download tema kompatibel dengan ponselmu. 
  • Instal tema. Langkah selanjutnya adalah memasang tema ke perangkat. Sebelumnya Kamu harus mengizinkan penginstalan dari sumber tidak dikenal lewat menu Pengaturan. Berikutnya buka file yang berekstensi Apk tersebut dan instal sesuai petunjuk. 
  • Ganti tema di WA. Jika sudah terinstal, buka aplikasi WhatsApp untuk mengganti tema. Cari file yang dipasang tersebut dan coba muat ulang aplikasi. Dengan cara ini mungkin Kamu tidak mendapatkan semua fitur di iPhone. Tapi setidaknya memiliki tampilan yang mirip. 
Terkait:  Cara Hilangkan Centang Biru di WhatsApp Update Desember 2023

3. Memakai Launcher Kustom

Cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi ketiga menggunakan launcher kustom. Pada dasarnya semua HP android sudah punya peluncur bawaan. Hanya saja Kamu tidak memiliki kebebasan untuk setting sesuai preferensi sendiri. 

Karena itulah, coba manfaatkan launcher lain dan kustomisasi sendiri hingga tampilan aplikasi WhatsApp sangat mirip iPhone. Untuk caranya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Download launcher. Terlebih dahulu unduh launcher yang kompatibel dengan versi ponselmu. Kami bisa mengunduhnya dari Google Play Store. Ada banyak rekomendasi launcher gratis, seperti Nova, Action, dan Apex Launcher. 
  • Lakukan konfigurasi. Langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi sesuai preferensi masing-masing. Kamu dapat membuat berbagai kustomisasi. Bahkan bukan hanya pada aplikasi WhatsApp. Tapi juga mengatur ukuran ikon, tata letaknya di beranda, dan efek transisi. Ikuti saja instruksinya dan jangan lupa simpan perubahan. 
  • Unduh tema WhatsApp. Kalau tampilan HP sudah Kamu atur semirip mungkin dengan iPhone, sekarang mengunduh tema bagi WhatsApp. Carilah script tema dari situs web dengan memasukkan kata kunci Tema WhatsApp iPhone. Pastikan kompatibel dengan launcher yang Kamu gunakan. 
  • Instal tema. Berikutnya, instal tema yang baru diunduh. File tersebut biasanya berformat Apk. Temukan di folder unduhan dan pasangkan di perangkat. 
  • Aktifkan tema. Selanjutnya, Kamu tinggal mengaktifkan temanya agar tampilan WA android menjadi mirip dengan iPhone. Caranya yaitu buka launcher yang sudah diaktifkan, kemudian cari dan aktifkan tema tersebut. 

Itulah tiga cara agar tampilan WhatsApp android seperti iPhone tanpa aplikasi. Kamu tidak perlu menggunakan WA mod yang berbahaya bagi keamanan dan privasi. Gunakan cara di atas yang pastinya mudah dan gratis. 

Similar Posts