Home » XL » Cara Menonaktifkan Kartu XL

Cara Menonaktifkan Kartu XL

Bagaimana cara menonaktifkan kartu XL? Ya, sejak diberlakukannya  peraturan pendaftaran nomor telepon di negara Indonesia, jadi mengganti nomor ponsel tidak semudah dulu.

Menurut peraturan pemerintah, satu NIK (Nomor Induk Kependudukan) hanya dapat meregistrasi 3 kartu saja, dan tak boleh lebih. Dimana peraturan tersebut mulai diberlakukan sejak Mei 2018 kemarin. Hal tersebut diberlakukan untuk mencegah terjadinya penipuan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Akan tetapi, pengguna masih bisa mengganti nomor baru, asalkan NIK yang dipakai belum sampai 3 nomor ponsel. Apabila pengguna sudah melakukan pendaftaran sebanyak 3 nomor ponsel, maka harus menonaktifkan atau melakukan unreg nomor ponsel yang didaftarkan sebelumnya terlebih dahulu.

Jika Kamu berniat menghapus registrasi SIM card atau melakukan registrasi ulang nomor ponsel, Kamu bisa melakukannya memakai perangkat ponselmu.

Cara Menonaktifkan Kartu XL

Cara Menonaktifkan Kartu XL

Menonaktifkan Kartu XL

Setiap operator sendiri mempunyai cara unreg berbeda-beda. Bagi Kamu pengguna XL, ada beberapa cara menonaktifkan kartu XL yang bisa dicoba berikut ini!

Unreg Kartu XL Melalui SMS

Cara unreg yang pertama yaitu cara termudah yang bisa Kamu terapkan dan yang biasanya digunakan sebagian besar pengguna XL, yaitu dengan melakukan unreg kartu XL lewat fitur SMS.

Untuk menonaktifkan kartu XL memakai fitur SMS ini, Kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini :

  1. Cara pertama yaitu buka menu SMS di layar ponsel masing-masing.
  2. Kemudian ketikkan SMS sesuai format yang ditentukan, seperti contoh berikut ini :
    – Ketik format : UNREG#NOMORPONSEL#
    Pastikan nomor ponsel yang akan di unreg sudah sesuai.
    Contoh : UNREG#08172056270
    – Selanjutnya jika sudah selesai mengetikkan format di atas, Kamu bisa kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.
  3. Jika SMS-mu sudah sukses terkirim, selanjutnya Kamu tinggal menunggu balasan SMS dari operator XL.
  4. Jika berhasil, biasanya Kamu akan mendapat notifikasi berupa SMS yang bertuliskan bahwa kartu provider XL-mu sudah berhasil di unreg.

Pastikan tidak ada masalah sim card tidak terbaca pada HP mu, sebelum melakukan dial up. Dan jika ada kendala ketika proses unreg SIM card XL-mu, sebaiknya hubungi Customer Service XL lewat email customer service XL. Bisa lewat alamat email di customerservice@xl.co.id, bisa juga lewat Call Center XL di nomor 817.

Unreg Kartu XL Melalui Dial Up

Cara menonaktifkan kartu XL selanjutnya juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan metode panggilan atau dial up di layar ponsel-mu, adapun langkah-langkah caranya ialah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, buka menu panggilan atau dial di layar ponselmu, kemudian ketikkan *123*4444# di kolom panggilan, lalu tekan panggil.
  2. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, dan Kamu cukup memilih opsi “Unreg” saja dengan cara ketik angka “3” di kolom yang tersedia. Selanjutnya klik send atau kirim.

Itulah kedua cara melakukan unreg kartu XL untuk menonaktifkan SIM Card-mu yang sebelumnya. Jika sudah berhasil, biasanya Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa proses unreg nomor ponsel XL yang Kamu pilih sudah berhasil. Sehingga nomor ponsel lamamu sudah tidak bisa digunakan kembali.

Unreg Kartu Axis Melalui SMS

Sebagai referensi tambahan, kami juga telah menemukan dan merangkum cara unreg kartu Axis dengan mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu utama di smartphone kamu.
  • Pilih menu SMS atau Pesan.
  • Tulis pesan baru.
  • Ketik isi pesan: UNREG#Nomor HP AXIS#
  • Kirim pesan ke: 4444 
  • Setelah pesan terkirim, Tunggu saja balasan dari operator Axis.

Setelah berhasil, kamu bisa langsung melakukan registrasi kartu axis baru yang kamu miliki dengan data yang sudah di unreg sebelumnya.

Bagaimana Jika Proses Unreg Tidak Berhasil?

Jika cara-cara di atas sudah Kamu lakukan, tapi kartu SIM XL-mu masih tidak bisa di unreg, mungkin ada beberapa kendala. Meskipun demikian, Kamu tidak perlu khawatir karena masih ada solusi terakhir yang bisa dipakai. Apa itu solusinya?

Untuk melakukan pembatalan registrasi kartu XL-mu, Kamu bisa langsung mendatangi kantor atau gerai operator XL terdekat di kotamu.

Namun biasanya cara ini hanya dapat dilakukan bagi Kamu yang tempat tinggalnya berada di kota, akan sulit jika yang berada jauh dari perkotaan.

Bagaimana cara melakukan unreg kartu XL di gerai provider XL?

  1. Datangi gerai XL dengan membawa serta bukti identitas diri resmi, seperti KTP dan KK.
  2. Selanjutnya langsung menuju Customer Service, dan konfirmasikan perihal kedatanganmu ke gerai XL.
  3. Jika sudah, selanjutnya mereka akan langsung menonaktifkan kartu SIM XL-mu.

Semoga tutorial cara menonaktifkan kartu XL di atas bermanfaat bagi Kamu semua. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk senantiasa share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang belum tau ya bangs.