Cara Mengunci Jaringan 4G

  • Whatsapp

Sudah tahukah kamu bagaimana cara mengunci jaringan 4g yang benar dan mudah untuk dilakukan? Simak hingga akhir ulasan berikut ini ya!

Para pengguna smartphone, sepertinya kamu perlu mengerti berbagai istilah tentang smartphone. Hal ini agar kita bisa lebih mudah menggunakan smartphone, dan juga bisa memberi informasi pada orang lain yang membutuhkan maupun bertanya.

Read More

Nah jadi, sebelum membahas tentang cara mengunci jaringan 4G, maka akan diberi tahu dulu beberapa pengetahuan tentang smartphone. Sebab semakin modern smartphone, semakin bermunculan juga berbagai paket data operator seluler yang terbilang ribet untuk beberapa orang.

Tingkat Level Jaringan Seluler

Seperti kuota jaringan 4G, kuota tengah, kuota semua jaringan, dan lainnya. Pada sebuah jaringan seluler, mereka memiliki levelnya dari yang paling kecil sampai yang paling tinggi. Mulai dari 2G (Edge), 3G (UMTS), 3,5G (HSDP), dan yang paling tertinggi yaitu 4G (LTE). Kamu pengguna smartphone sudah tahu belum tentang jaringan-jaringan tersebut, apakah hanya tinggal pakai smartphone saja?

Sebagai pengguna kuota, saat membeli kuota pasti sudah tahu pembagian 3G dan 4G, dimana jaringan 4G selalu lebih besar. Memang tidak semuanya bisa menggunakan jaringan 4G ini. Namun jaringan ini semakin hari terlihat semakin baik. Bahkan hampir didaerah-daerah pelosok Indonesia sudah terjangkau oleh jaringan ini.

Daftar Isi

Kelebihan dari Jaringan 4G

Dengan kamu menggunakan jaringan 4G, maka kamu akan mendapatkan kecepatan mengunduh yang luar biasa. Dengan menggunakan kecepatan 3 sampai 5 MB perdetik, kamu sudah bisa mengunduh 1 GB dengan hanya 5 menit saja, bahkan kurang. Untuk membahas inti artikel ini tentang cara mengunci jaringan 4G, sabar dulu ya, nanti juga akan dijelaskan secara detail.

Jaringan 4G LTE ini sekarang sudah menjelma menjadi jaringan yang sangat populer digunakan pada perangkat smartphone. Karena kepopuleran tersebut, kini banyak smartphone di Indonesia yang saling berlomba untuk menyediakan layanan internet dengan jaringan 4G LTE ini.

Beberapa Sebab Orang Menyukai Jaringan 4G

Ada beberapa sebab mengapa kini banyak orang yang menyukai jaringan 4G. Salah satunya seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa dengan menggunakan jaringan 4G, akan mempercepat waktu mengunduhmu. Ditambah sekarang pengguna smartphone terus saja melonjak. Jadi jaringan 4G ini sangat penting untuk digunakan.

Meskipun kita sudah menggunakan smartphone yang sangat mendukung untuk jaringan 4G, tapi seperti yang kita tahu daerah pelosok Indonesia sangatlah banyak sehingg tidak semua bisa terjangkau oleh jaringan 4G. Jadi jangan tanya mengapa banyak orang jika sedang mudik ke desa atau KKN bagi mahasiswa di daerah pelosok jarang menemukan sinyal, ya!

Salah satu faktornya karena mungkin jarak BTS dengan smartphonemu terlalu jauh. Atau kamu sedang berada di area berbukit, berada di dalam ruangan yang tertutup, berada di antara gedung-gedung yang tinggi, dan mungkin adanya gangguan sistem dari pemancar tersebut. Untuk mengatasinya kamu perlu mengunci jaringan 4G mu, bagaimana caranya? Nih simak penjelasan cara mengunci jaringan 4G berikut, yuk!

Cara Mengunci Jaringan 4G

Cara Mengunci Jaringan 4G
Mengunci Jaringan 4G | IMG: Freepik.com

Jaringan 4G sudah menjadi satu-satunya koneksi seluler paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa pemakaiannya bukan hanya sekadar SMS atau telepon, bahkan internet pun juga butuh jaringan 4G yang cepat dan lancar. Maka dari itu, cara mengunci jaringan 4G harus kamu tahu lewat pembahasan yang sudah kami rangkum agar kamu dapat menjelajah internet dengan nyaman seperti berikut :

Terkait:  Cara Membuka Play Store

1. Cara Mengunci Jaringan 4G via Dial Phone

  • Buka menu Dial Phone atau Telepon dari HP kamu.
  • Ketik *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* dari papan tombol nomor HP kalian.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan yang mengarahkanmu ke layanan Pengujian.
  • Pilih Informasi Perangkat.
  • Geser layar ke bawah dan cari sub menu Set Preferred Network Type.
  • Pilih opsi LTE Only.
  • Tutup menu tersebut dan sinyal 4G bakal terkunci pada ponselmu secara otomatis.

2. Cara Mengunci Jaringan 4G via Pengaturan Ponsel

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP kamu.
  • Cari sub menu Jaringan Seluler atau Mobile Network.
  • Pilih Mode Jaringan.
  • Tekan tombol Hanya 4G atau LTE Only.

3. Cara Mengunci Jaringan 4G via 4G LTE Switch (Unrooted Only)

  • Unduh aplikasi 4G LTE Switch via Google Play Store.
  • Pasang aplikasinya dengan menekan tombol Install.
  • Apabila sudah terpasang, maka kamu bisa memilih menu yang tersedia seperti Device Information, WiFi Information serta Usage Statistics.
  • Pilih Device Information.
  • Ubah jaringan ponsel menjadi 4G lewat layanan LTE Only.

4. Cara Mengunci Jaringan 4G via Advanced Signal Status (Rooted Only)

  • Unduh aplikasi Advanced Signal Status via Google Play Store.
  • Apabila aplikasinya sudah terpasang, carilah menu Additional Information.
  • Geser layar ke bawah dan pilih opsi Pengujian.
  • Pilih Informasi Perangkat atau Device Information.
  • Cari menu Set Preferred Network Type dan pilih opsi LTE Only.
  • Tutup menu tersebut dan sinyal ponsel bakal terkunci menjadi 4G secara otomatis.

Apakah Mengunci Jaringan 4G Aman Bagi Ponsel?

Kami pastikan siapapun pasti bisa memahami cara mengunci jaringan 4G dengan baik dan benar. Meski begitu, kalian harus tahu bahwa risiko kecil yang mungkin dialami adalah kalian bakal menghadapi kendala seperti ponsel lebih cepat panas, sedangkan suhu panas tersebut dapat mengakibatkan daya tahan baterai turun drastis.

Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi di iPhone

Hal ini dikarenakan suhu panasnya diakibatkan kekuatan jaringan hanya mampu menangkap sinyal 4G saja, walaupun sinyal 3G bahkan 2G masih dapat dijangkau dan diakses seperti biasa. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berselancar di dunia maya tanpa khawatir jaringan lemah maupun buffering saat nonton video streaming.

Related posts