Home » Biaya » Biaya Bikin Kitchen Set

Biaya Bikin Kitchen Set

Biasanya dapur sering dinilai sebagai ruangan yang tidak punya peran penting seperti kamar tidur. Ruangan ini cenderung berlokasi di belakang rumah dan kerap kali disebut sebagai ruangan bau dan kotor.

Kendati demikian, pemikiran ini semakin pudar lantaran kemajuan teknologi membuat dapur semakin naik kelas lantaran telah menjadi bagian penting bagi sebuah rumah. Tak bisa dipungkiri dapur sudah mulai menyatu dengan ruang makan yang merupakan ruang utama di rumah.

Tak mustahil bila penggunaan kitchen set semakin dibutuhkan banyak orang, sedangkan biaya bikin kitchen set punya nominal berbeda antar konsep dan model yang kalian gunakan.

Meski begitu, pemakaian kitchen set pada ruang masak bukan hanya bertujuan untuk memberi aksen fungsional, melainkan rapi dan nyaman agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaan selama di dapur. Oleh sebab itu, kitchen set punya peran besar terhadap eksistensi dapur.

Apakah pembuatan kitchen set butuh biaya tinggi? Tak bisa dipungkiri bikin kitchen set sebenarnya cukup ekonomis. Bagaimana tidak, faktor utama yang menentukan besar atau rendahnya harga kitchen set adalah bahan dasar yang digunakan.

Pasalnya, beberapa orang cenderung mengandalkan kayu agar mereka dapat menyimpan berbagai macam peralatan dapur. Kayu sendiri dianggap tidak menimbulkan bau dan bisa menyerap air yang tumpah saat kalian memasak.

Biaya Bikin Kitchen Set

Biaya Bikin Kitchen Set

Biaya Bikin Kitchen Set

Apabila kamu ingin membuat kitchen set, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa aspek sebagai perencanaan awal dari segi biaya dan keperluan lainnya. Selain itu, pastikan kamu berkonsultasi dengan jasa tukang yang bakal merancang kitchen set nya.

Hal ini dikarenakan kitchen set merupakan bagian vital di dalam dapur. Berapapun ukuran dapur kalian, namun penempatan dan konsep kitchen set salah maka bisa menimbulkan aksen aneh bahkan berantakan.

Oleh karena itu, kami siap membantu kalian untuk mengulas apa saja bahan terbaik dalam pembuatan kitchen set beserta rincian biaya pembuatannya dengan lengkap.

Kami yakini semua orang yang sudah bahkan sedang merancang konsep kitchen set pasti tidak akan menghabiskan anggaran sesuai ulasan kami. Kalian bisa mengikuti pembahasan ini sampai akhir supaya kamu bisa menyusun rencana bikin kitchen set tanpa menghabiskan budget berlebihan.

Biaya Bikin Kitchen Set, Apa Saja Material yang Disarankan?

Untuk membuat kitchen set, maka kamu bisa menganalisa berbagai macam bahan dasar yang harus dipilih terlebih dahulu. Kami akan memberitahu apa saja material utama yang patut diterapkan pada kitchen set bagi dapurmu sehingga lebih cantik dan mewah.

Tak hanya itu, setiap bahan dasarnya juga mempunyai nilai lebih terhadap kitchen set agar kalian dapat menggunakannya jangka panjang. Beberapa rincian pembuatan kitchen set elegan adalah :

Desain

Secara umum desain kitchen set selalu menyesuaikan dengan selera setiap pemilik rumah, termasuk kalian. Kendati demikian, banyak orang lebih senang menggunakan kitchen set minimalis lantaran konsepnya elegan dan tidak menghabiskan ruang.

Namun, kami sarankan kalian menyesuaikan desain dengan harga pembuatan kitchen set berdasarkan tampilan rumah kamu. Jangan sampai rumahmu bertema klasik, namun dapurnya minimalis.

Metode Finishing

Sebelum mengulas bahan utamanya, kami akan beritahu bahwa metode finishing selalu memakai beberapa macam material seperti duco, deco sheet, melamic serta HPL.

Di sisi lain pemilihannya juga bergantung pada selera dan kemampuan finansial kalian. Finishing melamic cenderung lebih tinggi dibandingkan duco, lantaran dipakai untuk melampaui motif atau urat kayu. Duco cenderung memperoleh berbagai macam warna selaras dan lebih solid.

Luas Kitchen Set

Tak bisa dipungkiri luas kitchen set menjadi tolok ukur yang harus dipertimbangkan. Kamu bisa menentukan konsep dan penempatannya sesuai struktur dapur di rumahmu. Hal ini dikarenakan bentuk ruangan sangat berpengaruh terhadap desain yang bakal kalian terapkan.

Secara umum bentuk dapur setiap rumah berbeda mulai dari huruf U, L dan lainnya. Kamu bisa menganalisanya dan memastikan luas kitchen set tidak boleh lebih dari diameter dapur.

Apa Saja Material untuk Bikin Kitchen Set?

Solid Wood merupakan bahan pertama yang kami sarankan untuk membuat kitchen set. Bahan ini berasal dari kayu balokan hasil pembelahan batang pohon, sedangkan bentuknya masih batangan.

Bahannya juga kuat, tahan air dan tahan rayap. Kendati demikian, kamu harus merogoh kocek agak dalam untuk memakainya dan biaya mengolahnya juga cukup tinggi.

Plywood (Kayu Lapis) alias triplek adalah kayu lapis yang terbuat dari lembaran kayu yang ditempel dengan tekanan tinggi. Ukurannya beragam mulai dari 3 mm s/d 18 mm, sedangkan ketebalannya juga berdampak terhadap kekuatannya pada ornament yang dipakai.

Tak bisa dipungkiri triplek alias multipleks paling banyak digunakan lantaran dianggap cukup kuat. Harganya beragam mulai dari Rp.30,000 hingga Rp.100,000 per lembar (sesuai ketebalan).

Material selanjutnya adalah Block Board. Bahan ini menyerupai potongan kayu kecil yang dipadatkan agar dapat menyerupai sebuah papan. Secara umum prosesnya nyaris sama dengan triplek, namun ditambah dengan benner sebagai pelapis pada permukaannya.

Meski begitu, ketahanannya tidak seperti plywood lantaran berasal dari kayu lunak. Harganya juga lebih murah dan sesuai untuk pembuatan kitchen set, terutama bagian daun pintu atau laci.

Kamu juga bisa menggunakan Kayu MDF (Medium Density Fibreboard) yang dibuat dari serbuk kayu halus yang sudah dipadatkan dengan menggunakan bahan kimia dalam suhu sangat tinggi.

Di samping itu, bentuknya menyerupai papan maupun lembaran yang sudah layak potong sesuai kebutuhanmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan Kayu HDF (High Density Fibreboard) yang dianggap lebih kuat daripada MDF.

Bahan terakhir adalah Particle Board yang berasal dari serbuk dan potongan kayu. Kayu ini juga berasal dari proses pemadatan dan pembentukannya sama seperti material MDF.

Akan tetapi, kekurangannya adalah air lantaran bahannya bakal cepat rusak bila terkena cairan apapun. Kayu ini pun bahkan mudah bengkok atau melengkung bila terkena benda berat, sedangkan harganya mulai dari Rp.200,000 per lembar.

Berapa Biaya Bikin Kitchen Set?

  • Bahan Triplek Atas : Rp.1,300,000/meter.
  • Material Triplek Bawah : Rp.1,400,000/meter.
  • Top Granit : Rp.900,000/meter.

Rinciannya yaitu :

  • Kabinet Bawah : (3 m + 3 m) x Rp.1,400,000 = Rp.8,400,000.
  • Top Table Granit : (3 m + 3 m) x Rp.900,000 = Rp.5,400,000.
  • Kabinet Atas : (3 m + 3 m) x Rp.1,300,000 = Rp.7,800,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.21,600,000.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Kitchen Set?

Kami tegaskan beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu hendak memilih kitchen set seperti fungsional terhadap kegiatan memasak, ukuran dapur, tema atau desain dapur sampai bentuk dapur.

Pasalnya, empat aspek tersebut mempunyai andil besar terhadap keberadaan kitchen set yang bakal ditempatkan di lingkungan ruang masak kesayanganmu. Apabila kamu mengabaikan bahkan tidak memperhatikan salah satunya, maka hasil pembuatan kitchen set bakal jauh dari harapan.

Demikian informasi soal biaya bikin kitchen set dan bahan dasar yang kami sarankan untuk pembuatannya. Kami pastikan pembahasan yang disampaikan sangat bermanfaat dan salah satu bahan utama di atas selalu direkomendasikan beberapa jasa bikin kitchen set berkualitas sampai sekarang.

Kamu bisa mencari semua jenis kayu di toko bangunan maupun lokasi tertentu, serta sesuaikan dengan budget pembuatan kitchen set yang sudah kalian siapkan.