Biaya Masuk Candi Borobudur

  • Whatsapp

Siapa saja yang sedang berlibur ke Yogyakarta pasti tidak akan pernah melewatkan momen berlibur ke Candi Borobudur. Belakangan ini biaya masuk Candi Borobudur sempat membuat orang-orang bingung karena harganya selalu naik turun.

Namun, beredar kabar bahwa harga tiket masuknya mengalami kenaikan signifikan. Hal ini dikarenakan jumlah wisatawan semakin banyak yang memadati wilayah sekitar Candi Borobudur untuk melihat keindahan alam menakjubkan.

Candi Borobudur sebetulnya berada di Magelang, Jawa Tengah. Tak bisa dipungkiri sebagian besar wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta pasti ingin menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke Candi Borobudur.

Secara umum objek wisata tersebut termasuk ke dalam salah satu warisan budaya yang ditetapkan UNESCO. Oleh karena itu, eksistensi Candi Borobudur masih bertahan di tengah persaingan ketat antar tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia.

Candi Borobudur menawarkan pemandangan alam menakjubkan kepada wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke sana. Di sini, wisatawan akan melihat langsung sebuah tempat ibadah umat Budha terbaik dan terbesar di dunia lho.

Wajar mayoritas turis asing yang sedang berlibur ke Indonesia pasti ingin mendatangi Candi Borobudur. Pasalnya, tempatnya sangat luas dan siapapun pasti butuh alat pelindung diri seperti topi, jaket sampai sun block selama berwisata di sana.

Biaya Masuk Candi Borobudur

Biaya Masuk Candi Borobudur
Biaya Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur termasuk destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamu tidak perlu habiskan budget tinggi untuk bisa masuk ke sana, karena biaya masuk Candi Borobudur terbilang murah bagi turis domestik sampai sekarang.

Kamu bahkan tidak perlu membayar harga tiket masuk Candi Borobudur mencapai Rp.200 ribu supaya bisa melihat dan menikmati pemandangan alam indah sekaligus menakjubkan dari setiap sudutnya.

Terkait:  Biaya Administrasi Jenius

Kamu harus tahu kalau objek wisata tersebut menyimpan keindahan alam dengan sejarah yang perlu diikuti sebagai masyarakat Indonesia. Candi Borobudur bahkan menjadi salah satu saksi bisu berdirinya sebuah kerajaan besar di Indonesia pada masa lalu.

Selain itu, Candi Borobudur mempunyai struktur bangunan yang kokoh dan siapa saja bisa masuk ke sana. Kamu bahkan butuh waktu selama beberapa menit untuk bisa menginjakkan kaki sampai puncak Candi Borobudur.

Biaya Masuk Candi Borobudur, Sejarah dan Spot Terbaiknya

Barangkali kamu masih penasaran berapa biaya masuk Candi Borobudur antara wisatawan lokal dan mancanegara. Bukan rahasia umum perbedaan kontras antara keduanya akan terlihat jelas sejak kalian masuk ke dalam loket pemesanan tiket masuk ke sana.

Biasanya perbedaan harga tiket masuk tidak mencapai Rp.200 ribu per orangnya lho. Kamu bisa berkeliling sepuasnya sambil mengabadikan momen seru bersama keluarga dan pasangan di Candi Borobudur.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah dibangun sejak era Dinasti Sailendra pada tahun 780 s/d 840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan sebuah kerajaan yang berkuasa saat itu. Bangunan ini didirikan sebagai tempat pemujaan kepada Budah dan tempat ziarah.

Candi Borobudur berisi petunjuk supaya umat manusia bisa selalu menjauhkan diri dari nafsu duniawi dan mencapai pencerahan menuju Budha. Walaupun dibangun pada abad ke-8 Masehi, tetapi Candi Borobudur baru ditemukan oleh Sir Thoman Stanford Raffles pada abad ke-18, tepatnya tahun 1814 silam.

Kala itu, Candi Borobudur tertutup oleh tanaman dan semak belukar. Wilayahnya berhasil dibersihkan secara menyeluruh pada tahun 1835. Candi Borobudur dibangun dengan konsep Mandala, mencerminkan alam semesta menurut kepercayaan umat Budha.

Apabila dilihat dari udara, struktur bangunannya berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dengan titik pusat Candi Borobudur berbentuk lingkaran. Selain itu, area luarnya terbagi tiga zona yang merupakan alam dunia dengan penjelasannya seperti berikut :

  • Kamadhatu (Zona 1) : alam dunia yang terlihat dan sedang dirasakan manusia saat ini.
  • Rupadhatu (Zona 2) : alam peralihan, dimana umat manusia sudah dibebaskan dari urusan dunia.
  • Arupadhatu (Zona 3) : alam tertinggi, rumah Tuhan.
Terkait:  Biaya Ke Jogja

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Golongan Biaya
Tiket Anak Lokal (3-10 Tahun) Rp.25,000
Tiket Dewasa Lokal Rp.50,000
Guide Fee Rp.100,000
Tiket Rombongan (Min.20 Orang) Rp.25,000
Paket Terusan Borobudur dan Prambanan Anak-anak Rp.35,000
Paket Terusan Borobudur dan Prambanan Dewasa Rp.75,000
Paket Terusan Borobudur dan Ratu Boko Anak-anak Rp.35,000
Paket Terusan Borobudur dan Ratu Boko Dewasa Rp.75,000
Paket Turis Anak-anak Mancanegara (3-10 Tahun) Rp.210,000
Paket Turis Dewasa Mancanegara Rp.350,000

Wisatawan harus dipandu seorang guide yang mengantarkan rombongan maksimum sebanyak 20 orang, sedangkan plataran hanya bisa memasuki platarannya saja. Selain itu, Candi Borobudur sempat ditutup pada tanggal 29 Juni sampai 9 Agustus 2021.

Siapa saja bisa berkunjung ke sana setiap hari. Taman Wisata Candi Borobudur selalu dibuka sejak pagi sampai sore hari, yakni pkl.08:00 s/d 15:00 WIB (Senin tutup) dan jam istirahatnya mulai pkl.12:00 s/d 13:30 WIB.

Biasanya pengunjung tidak pernah diberikan akses liburan di sekitar area maupun plataran Candi Borobudur lebih dari pkl.18:00 WIB, kecuali area luar tersebut sambil menikmati keindahan malam langit objek wisatanya yang indah.

Spot Terbaik di Candi Borobudur

  • Taman Lumbini
    Taman Lumbini adalah taman asri dan hijau yang berada di sekitar Taman Wisata Candi Borobudur. Pengunjung bisa menemukannya dengan mudah, karena terlewat saat hendak menuju Candi Borobudur.

    Taman Lumbini punya luas sekitar 70×65 meter dengan rerumputan hijau dan rapi. Lokasi tersebut berlatar belakang Candi Borobudur yang begitu indah, sedangkan kegiatan wisatawan sering terjadi saat sore dan malam hari di sana.

  • Museum Candi Borobudur
    Candi Borobudur menawarkan objek wisata seru yang menghadirkan benda sejarah di Museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) di belakang tempat ini. Tak hanya itu, tempat ini bahkan dikenal sebagai Museum MURI karena menyimpan berbagai macam benda dengan catatan rekor dunia.

    Selain itu, kamu bisa datang ke Museum Borobudur di samping Museum Kapal Samudraraksa. Pengunjung bisa melihat sisi lain candi dari foto penggalian awal sampai relief di kaki Candi Borobudur.

  • Sunset di Candi Borobudur
    Candi Borobudur mempunyai 9 tingkat yang membuat bangunan tersebut sangat tinggi. Tak bisa dipungkiri penampakan tersebut dimanfaatkan banyak orang untuk bersua foto sambil mengabadikan momen matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).
  • Kereta Odong-odong
    Pengunjung bisa melihat sebuah kereta odong-odong supaya bisa masuk ke dalam Candi Borobudur dengan cepat, apalagi jarak antara gerbang masuk sampai ke lokasi terbilang cukup jauh.

    Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.7,500 untuk menumpangi kereta odong-odong tersebut. Kamu bisa berkeliling lokasi wisata dengan menawarkan pemandangan menyenangkan, termasuk melewati kandang gajah.

Terkait:  Biaya Admin BNI

Apakah kamu sudah puas dengan informasi mengenai biaya masuk Candi Borobudur di atas? Untuk reservasi dan informasi detail lainnya, kamu bisa menghubungi nomor telepon (0274) 496-402 (Call Center Candi Borobudur) atau email di alamat [email protected].

Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Borobudur via @borobudurpark. Pengunjung boleh datang langsung ke alamat lengkapnya di Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Related posts