Biaya Buat Lapangan Futsal

Biaya Buat Lapangan Futsal

Belakangan ini banyak orang semakin tertarik berbisnis pada sektor olahraga, termasuk futsal. Tak bisa dipungkiri biaya buat lapangan futsal terbilang menarik dan membuat siapa saja penasaran untuk mengetahuinya.

Bagaimana tidak, anggaran pembangunan lapangan futsal bisa kami sebut tidak membutuhkan biaya sedikit. Hal ini dikarenakan objek tersebut harus memakan anggaran tinggi bahkan mencapai angka ratusan juta sesuai desain dan kualitasnya.

Secara umum lapangan futsal mempunyai berbagai macam desain dan konsep berbeda, sedangkan setiap tampilannya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, setiap penggunanya seperti kalian tidak mungkin menemukan kenyamanan terus menerus selama bertanding di atas lapangannya.

Di sisi lain penggunaan lapangan futsal terus menerus harus diimbangi dengan perawatan secara berkala agar permukaannya tidak dapat licin bahkan rusak. Tak sedikit orang masih minim pengetahuan soal perawatan lapangan futsal.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka, bahkan kamu sendiri hanya sekadar menggunakannya untuk bertanding tanpa memperhatikan kebersihannya. Tak menutup kemungkinan lapangan futsal kotor yang jarang dibersihkan bakal menurunkan kualitas, sedangkan permukaannya semakin rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Lapangan futsal sebenarnya mampu dibuat dan dibersihkan selama kamu mengandalkan pekerja profesional yang ahli di bidangnya. Mereka bukan hanya tahu estimasi biaya dan waktu pengerjaannya, tetapi tahu apa saja yang harus kalian lakukan saat lapangan futsal sudah dibangun.

Banyak orang ternyata belum tahu sistem perawatan yang baik dan benar agar tempatnya dapat digunakan jangka panjang. Kamu bukan sekadar membersihkannya menggunakan sapu atau kain pel, tetapi ada hal penting lainnya yang perlu dilakukan.

Kami juga bukan hanya menjelaskan soal sistem perawatan dengan durasinya saja, namun juga estimasi biaya pembuatan lapangan futsal dengan lengkap dan rinci. Meski begitu, kamu bisa mengandalkannya sebagai bayangan bila suatu saat nanti ingin membuatnya. Sebab, setiap wilayah pasti memiliki harga bahan material dan upah pekerja berbeda.

Biaya Buat Lapangan Futsal, Berapa Anggaran Setiap Desainnya?

Biaya Buat Lapangan Futsal
Biaya Buat Lapangan Futsal

Untuk membangun sebuah lapangan futsal memang membutuhkan biaya besar, tetapi semua bergantung pada ukuran yang bakal kalian gunakan. Maka dari itu, pastikan budget yang kalian siapkan sesuai dengan ukuran maupun konsep pilihan.

Terkait:  Cara Menggunakan Kinemaster

Di samping itu kalian harus memastikan desain yang bakal diterapkan mampu memberi rasa nyaman siapa saja selama bertanding di atas lapangan futsal. Berikut merupakan informasi soal biaya pembangunan dan pilihan desain lapangannya, yakni :

Lapangan Futsal Rumput Sintesis

Bukan rahasia umum bahwa desain rumput sintesis menjadi salah satu konsep andalan yang paling banyak digunakan. Bagaimana tidak, kalian bakal merasa aman dan nyaman saat bertanding lantaran bahan dasarnya sangat empuk.

Di sisi lain penguasaan bola semakin maksimal lantaran lajunya tidak akan terlalu cepat. Akan tetapi, lapangan futsal rumput sintesis ternyata hanya bisa diterapkan pada dalam ruangan, serta berisiko menimbulkan memar bila kamu terjatuh.

Lapangan Futsal Taraflex

Apakah kamu pernah mendengar lapangan futsal berdesain taraflex? Pada dasarnya, tampilannya cukup sederhana namun memberi rasa nyaman dan kesat saat digunakan. Hal ini dikarenakan bahan materialnya adalah plastik dengan tingkat kerataan yang sangat baik.

Kalian tidak akan mengalami risiko terjatuh lantaran permukaannya anti slip. Meski begitu, risiko kecelakaan kecil saat bertanding mungkin saja terjadi karena bisa saja terdapat beberapa bagian yang lepas lantaran permukaannya tidak rata.

Lapangan Futsal Vinyl

Siapa saja yang pernah bertanding futsal pasti tidak asing dengan desain vinyl. Pasalnya, bahan materialnya adalah karet yang permukaannya sangat lembut. Selain itu, bola yang dikuasai mampu bergelinding dengan lancar karena tingkat kerataannya cukup baik.

Apabila kamu terjatuh, maka kamu bisa melihat permukaan kulit tidak akan memar dengan daya cengkram sangat baik. Namun, kalian yang sering melakukan rush bisa saja mengalami cedera pinggul bila bertanding di lapangan ini.

Lapangan Futsal Parquette

Walaupun tidak familiar di Indonesia, namun lapangan futsal ini sangat populer di Amerika dan Eropa. Bagi kalian yang belum tahu desain parquette rupanya tampilannya sangat kesat lantaran permukaannya cukup mengkilat. Di samping itu, lapangan ini mempunyai tingkat kerataan sangat baik.

Terkait:  Biaya Hidup di Singapura

Akan tetapi, permukaannya sangat keras karena berbahan dasar kayu dan cepat rusak bila cuaca dan tingkat kelembapan tidak sesuai, serta berisiko bagi penjaga gawang bila kayunya rusak.

Berapa Ukuran Ideal Lapangan Futsal?

Banyak orang penasaran soal ukuran ideal lapangan futsal. Kendati demikian, ukurannya tidak berbeda dengan ukuran gawang lapangan sepak bola. Kamu harus tahu ukuran jarak antara kedua tiang gawang berkisar 2-3 meter yang diukur melalui bagian dalam tiang.

Selain itu, jarak tiang palangnya adalah 2 meter, serta diukur dari tiang horizontal dalam sampai permukaan lantai. Disarankan ketebalan tiang gawang adalah 8-9 cm (diameter) dengan kedalaman mencapai 120 cm (bawah) dan 90 cm (atas).

Contoh RAB Lapangan Futsal Rumput Sintesis

  • Rumput Sintesis 414M = Rp.92,000,000.
  • Gawang Futsal = Rp.5,000,000.
  • Jaring Futsal Keliling = Rp.20,000,000.
  • Biaya Pemasangan = Rp.5,000,000

Jumlah Keseluruhan = Rp.122,000,000.

Contoh RAB Lapangan Futsal Vinyl

  • Lantai Vinyl 450M = Rp.150,350,000.
  • Biaya Pemasangan = Rp.3,500,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.153,850,000.

Contoh RAB Lapangan Futsal Interlock

  • Interlock 25×15 = Rp.75,000,000.
  • Gawang Futsal = Rp.5,000,000.
  • Jaring Futsal Keliling = Rp.20,000,000.
  • Biaya Pemasangan = Rp.3,750,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.103,750,000.

Bagaimana Cara Merawat Lapangan Futsal?

Kalian tidak perlu repot dalam merawat lapangan futsal. Segalanya bergantung pada desainnya masing-masing. Kalian bisa menggunakan vacuum cleaner untuk lapangan futsal berkonsep vinyl dan lainnya yang berbahan dasar karet atau plastik, sehingga permukaannya tidak dapat berdebu.

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan sapu untuk membersihkan lapangan futsal berbahan dasar rumput sintesis supaya tampilannya tetap bersih dan bisa digunakan bertanding. Biasanya desain vinyl maupun tafalex paling mudah dibersihkan karena permukaannya kesat, serta tidak harus menggunakan alat bantu lainnya.

Jangan pernah menggunakan bahan kimia tertentu yang berisiko terhadap rusaknya permukaan lantai, terutama berbahan dasar karet dan plastik. Hal ini dikarenakan cairan pembersih dengan kandungan bahan kimia berbahaya bisa mengikis serat kayu bahkan membuat permukaannya tidak rata bahkan rusak.

Terkait:  Cara Perpanjang STNK Online

Mengapa Buat Lapangan Futsal Menguntungkan?

Bagi sebagian orang yang gemar berbisnis mungkin membuat lapangan futsal adalah suatu peluang menguntungkan. Bagaimana tidak, kamu bisa menyewanya kepada siapapun yang gemar berolahraga dengan tarif tertentu.

Harganya harus seimbang dengan bahan material dan estimasi waktu maupun biaya pengerjaannya. Kami informasikan bahwa lapangan futsal biasanya bisa dibuat sekitar satu atau dua minggu sesuai ukuran dan bahan baku yang kalian gunakan.

Demikian informasi tentang biaya buat lapangan futsal beserta contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai desainnya masing-masing. Estimasi waktu pengerjaannya hanya butuh durasi satu minggu dengan budget kurang dari Rp.150 juta untuk satu unit lapangan futsal seperti salah satu desain di atas.

Kami tegaskan perawatan tempatnya harus dilakukan secara berkala minimal seminggu sekali. Pastikan permukaan lantainya selalu dibersihkan agar siapapun dapat bertanding dengan aman tanpa risiko terjatuh. Gunakan sepatu khusus bertanding futsal agar permukaan lantai dapat terjaga kerataan dan kebersihannya dari goresan.

Similar Posts