Biaya Buat PT

  • Whatsapp

Biasanya masyarakat awam bakal menganggap PT sebagai sebuah kegiatan usaha berlandaskan hukum. Namun, tahukah kamu? Asumsi ini tidak salah, tetapi sebagian besar masyarakat yang sudah lama berkecimpung pada sektor bisnis pasti paham atas keberadaan PT.

Tak hanya itu, biaya buat PT masih menjadi misteri sampai sekarang karena banyak orang menganggap pembuatan badan hukum tersebut harus merogoh kocek cukup dalam oleh pemiliknya.

Read More

Secara umum PT (Perseroan Terbatas) merupakan sebuah badan hukum yang bertugas dalam menjalankan sebuah usaha dengan modal dari saham beberapa orang. Di samping itu, pemilik PT juga memiliki beberapa persen saham dari modal yang berhak digunakan untuk menjalankan usaha tersebut.

Kamu harus tahu bahwa sebagian besar saham nya juga berhak diperjualbelikan kepada konsumen, sedangkan pemilik tidak harus membubarkan perusahaan untuk mengganti saham tersebut.

Pemilik bisa mengganti saham yang sudah dijual dengan mengurusnya kepada ahli hukum berwenang. Di sisi lain ternyata sebagian besar saham tersebut tidak perlu dimiliki satu orang, sedangkan kalian bisa mempunyai beberapa saham bila memiliki modal banyak.

Untuk mengurus kepemilikannya, maka kamu bisa memasang nama kalian sendiri. Oleh karena itu, saham nya tidak bisa diganggu bahkan diatur orang lain sehingga kamu dapat tahu berapa keuntungan yang bakal didapatkan.

Biaya Buat PT

Biaya Buat PT
Biaya Buat PT

Banyak orang akan bertanya soal siapa saja yang berhak mendirikan PT. Tak bisa dipungkiri PT bisa didirikan siapa saja minimal dua orang. Selain itu, PT juga berhak didirikan oleh badan hukum selama mempunyai mopdal usaha maupun jenis usaha yang mampu dikembangkan.

Terkait:  Biaya Admin BNI Ke BRI

Apabila kamu sudah dan sedang menjalankan sebuah bisnis, maka kamu bisa mengurus pembuatan PT. Seandainya kalian belum mengurusnya dari sekarang, usaha yang sedang kamu kembangkan enggan dipercaya publik bahkan mayoritas calon konsumen akan menilai usahamu ilegal.

Kami tegaskan pendirian PT bisa melibatkan beberapa organisasi yang sudah berlandaskan hukum. Oleh sebab itu, sebuah usaha bakal dianggap resmi dan terpercaya agar konsumen dapat mempercayai sekaligus menggunakan produk hasil bisnismu jangka panjang.

Kalian harus memastikan pembuatan PT dilakukan secara efektif dan signifikan. Hal ini dikarenakan badan usaha yang harus dijalankan pasti membutuhkan rekan kerjasama dalam mengembangkan jaringannya.

Biaya Buat PT, Perbedaan Harganya Dulu dan Kini

Seiring berjalan waktu ternyata mengurus PT semakin mudah, sedangkan biayanya juga berubah. Beberapa orang mengklaim anggaran mengurus PT semakin murah tanpa melewati proses lama dan rumit.

Wajar saja para pelaku usaha merasa tergiur untuk segera mengurus usaha yang sedang dikembangkan agar dapat diresmikan. Apabila kamu ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai pengurusan PT, simaklah pembahasan ringkas yang sudah dirangkum sebagai berikut :

Daftar Organisasi Pengurus PT

Kami beritahukah bahwa struktur organisasi PT terdiri dari tiga bagian seperti pemegang saham, direksi serta dewan komisaris. Kamu juga harus tahu setiap organisasi memiliki peran dan tugas penting seperti berikut :

Pemegang Saham

Biasanya pemegang saham akan selalu mengadakan rapat pada momen tertentu, yakni Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang melibatkan pemegang saham secara keseluruhan.

Mereka berhak memberi pendapat dalam memajukan perusahaan, sedangkan pembahasan yang disampaikan pada rapat adalah evaluasi kinerja maupun kebijakan perusahaan. Seandainya pemegang saham tidak hadir, maka bisa diwakilkan kepada pemegang saham lain.

Direksi

Direksi adalah organisasi yang berperan dalam mengembangkan dan menjalankan perusahaan. Biasanya pemegang saham bakal melimpahkan wewenangnya pada direksi dalam mengelola perusahaan.

Terkait:  Biaya Admin Gopay Ke Bank

Apabila perusahaan mengalami kerugian lebih dari 50%, direksi patut melaporkannya kepada setiap pemegang saham maupun pihak ketiga agar dapat dirapatkan. Rapat antara pemegang saham dan direksi sudah pasti membahas soal pencegahan kerugian di kemudian hari.

Komisaris

Komisaris memiliki tugas sebagai pengawas dalam organisasi perusahaan. Komisaris harus mengawasi kinerja seluruh jajaran direksi perusahaan, serta memeriksa pembukuan hingga mengeluarkan direksi.

Dalam RUPS bahwa komisaris mempunyai wewenang dalam memberhentikan direksi pasca memperoleh persetujuan dari setiap pemegang saham. Selain itu, komisaris juga berwenang menegur bahkan memberi petunjuk soal pengembangan bisnis terhadap direksi.

Syarat Mengurus Pembuatan PT

  • Nama PT.
  • Data Identitas Diri
    • Nama PT (tiga kata).
    • Fotokopi KTP.
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
    • Email dan Telepon Pendiri PT.
    • Keterangan Struktur Kepengurusan Perusahaan.
  • Lokasi dan Kedudukan PT.
    • Keterangan Lokasi PT Lokal.
    • Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
    • Bukti Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
    • Foto Gedung, Ruangan dan Logo Perusahaan.
    • Fotokopi Bukti Kepemilikan / Pemakaian Lokasi Usaha.

Bagaimana Proses Membuat PT?

Langkah awal adalah menentukan partner serta pemilik modal. Berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 bahwa sebuah PT harus mempunyai modal dasar paling sedikit adalah Rp.50 juta, serta ditempatkan minimal 25%.

Selain itu, tentukan domisili PT lantaran setiap pemilik harus mengurus domisili sesuai wilayahnya masing-masing. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka kamu bisa menghubungi pihak kelurahan supaya bisa turun tangan dalam pengurusan domisilinya.

Kamu juga perlu menghubungi notaris maupun konsultan pendirian PT yang bertugas memeriksa nama, penentuan kegiatan usaha, menganalisa modal sampai melihat susunan pengurus perusahaan.

Di samping itu, kamu juga perlu mengajukan NPWP PT yang belakangan ini boleh dilakukan secara online via https://www.ereg.pajak.go.id/daftar/. Selain itu, pemilik PT harus mengajukan Nomor Induk Perusahaan (NIB) melalui website berikut https:///www.oss.go.id/oss/.

Terkait:  Biaya Admin BCA Ke Mandiri

Jangan lupa melakukan pengajuan izin usaha berdasarkan izin usaha perusahaan dalam bentuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Terakhir, kamu wajib membuat rekening bank atas nama PT. Tujuannya supaya pemilik perusahaan bisa mengelola dan menganalisa keuangan milik PT yang sedang dikembangkan.

Biaya Buat PT Dulu dan Sekarang

  • Biaya : Rp.6,5 juta s/d Rp.8 juta (dulu) dan Rp.2 juta (sekarang).
  • Izin : 5 (dulu) dan 3 (sekarang).
  • Waktu : 47 hari (dulu) dan 10 hari (sekarang).
  • Prosedur : 13 (dulu) dan 7 (sekarang).

Pembuatan PT dulu harus mempunyai lima izin berbeda mulai dari Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Akta Pendirian, Izin Gangguan dan Izin Tempat Usaha. Di sisi lain pengurusan PT sekarang cukup tiga izin saja mulai dari SIUP, TDP terbit bersamaan dan Akta Pendirian.

Manfaat Mendirikan PT

Pembuatan PT memberikan manfaat bagi pemiliknya lantaran berguna sebagai pemisah antara modal usaha dengan kekayaan pribadi, pengelolaan perusahaan diatur berdasarkan Undang-undang (UU), bersifat bonafide, lebih tertib dalam mengambil keputusan lewat RUPS dan kepemilikan modal berbentuk saham,.

Manfaat tersebut membuat PT dapat dialihkan bahkan dijual. Wajar saja pembuatan PT semakin digandrungi para pelaku usaha yang ingin menikmati semua keuntungan tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai biaya buat PT beserta perbandingan pengurusannya dulu dan sekarang. Tak bisa dipungkiri harga pembuatan PT semakin murah tanpa menghabiskan waktu terlalu lama.

Oleh karena itu, kalian hanya perlu mempunyai modal minimal sebesar Rp.50 juta untuk mengembangkan dan lebih mengesahkan usaha yang dijalani saat ini. Bisa saja usaha yang kamu rintis semakin dikenal banyak orang dan mereknya pun tidak bisa diklaim perusahaan mana pun.

Related posts