Biaya Admin Kartu Kredit BCA

  • Whatsapp

Untuk sebagian orang, mungkin Biaya Admin Kartu Kredit BCA masih menjadi tanda tanya. Sehingga mencari referensi untuk memperoleh jawaban pasti berapa besaran tarif yang ditetapkan.

Seperti yang kita ketahui, Bank Central Asia (BCA) termasuk pada salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Pada beberapa fiturnya, BCA menawarkan beragam produk keuangan. Yakni sebagai solusi untuk membantu mengatur keuangan sekaligus mempermudah transaksi untuk penggunanya.

Dengan varian produk yang disediakan, BCA terus meningkatkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik serta tepat sasaran.

Termasuk juga dalam menawarkan solusi guna perencanaan keuangan pribadi ataupun bisnis. Layanan tersebut juga didukung dengan jaringan antar cabang, ATM yang luas, serta jaringan perbankan elektronik.

Ada beberapa keuntungan mempunyai kartu kredit BCA. Beberapa diantaranya mencakup : Suku bunga yang kompetitif, fasilitas dan keuntungan bepergian ke luar negeri,realtime payment online, pembayaran tagihan lebih leluasa, pengambilan uang tunai, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan dari sisi fitur, kartu kredit BCA mendukung program cicilan tetap bunga ringan, BCA autopay, Reward points, hospital 100% refundable, BCA onine PIN Activation, dan juga BCA E-Statement.

Biaya Admin Kartu Kredit BCA

Biaya Admin Kartu Kredit BCA

Penting untuk diketahui, ada begitu banyak jenis kartu kredit BCA. Akan tetapi, hanya dua jenis kartu yang sangat umum digunakan. Beberapa diantaranya ialah kartu kredit VISA dan MasterCard.

Meski pada dasarnya dua kartu kredit ini juga sering ditemukan pada bank lain. Namun kartu kredit BCA VISA ataupun MasterCard mempunyau keistimewaan tersendiri.

Kartu kredit BCA VISA terbagi dalam Reguler, Batman / Gold, dan Platinum. Sedangan untuk MasterCard BCA, terbagi tingkatan Reguler, MC2/Gold, Platinum, dan Matahari.

Terkait:  Biaya Kampus LSPR Jakarta

Kendati menyimpan beragam keunggulan, namun kamu juga harus paham dengan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilikinya. Selain itu, perhitungkan pula pendapatan bulanan ataupun tahunan sesuai kemampuan.

Sebagai contoh, beberapa macam biaya dan persentasi limit penarikan yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak daftar singkat berikut :

Daftar Biaya Kartu Kredit BCA

Sebelum kamu berpikir untuk memiliki kartu kredit BCA, ada baiknya jika memperhatikan beberapa besaran biaya yang harus diperhitungkan. Apa saja?

1. Biaya Tahunan

Tarif atau iuran tahunan termasuk pada sejumlah uang yang harus dimasukkan ke kartu kredit. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah menjadi anggota sebelum memperoleh penagihan.

Iuran tahunan sendiri terbagi atas biaya kartu utama berupa kartu kredit yang dipakai, serta biaya kartu tambahan yang disertkan pada kartu utama (sifatnya opsional).

Tidak berbeda dengan jenis kartu kredit pada umumnya, kartu kredit BCA juga mempunyai biaya tahunan yang tidak terpisahkan didalamnya.

Umumnya, biaya tahunan kartu kredit BCA VISA dan MasterCard tidaklah berbeda. Yakni berkisar Rp 125.000 untuk biaya kartu utama dan Rp 100.000,- untuk kartu tambahan.

Terkhusus untuk jenis kartu Reguler, biaya ini mulai berlaku sejak 15 Juli 2015. Sedangkan untuk pengecualian, yakni pada kartu Platinum. Biaya kartu utama sebesar Rp 450.000,- dan biaya kartu tambahan Rp 250.000,-/

2. Denda Keterlambatan

Sebagai pemegang dari kartu kredit, tanggung jawab tidak hanya terlepas pada bayar iuran saja. Akan tetapi juga wajib membayar denda jika pembayaran telat.

Denda keterlambatan pada kartu kredit BCA berlaku sama untuk semua jenis kartu. Yaitu sebesar 3% atau setidaknya maksimal Rp 150.000,-.

Sudah sepatutnya kamu juga lebih berhati-hati. Sebab semakin telat bayar, maka denda keterlambatan akan semakin membengkak.

Terkait:  Biaya Admin BCA Ke BNI

3. Tarif Ganti Kartu Hilang Atau Rusak

Poin ini menjadi sangat penting untuk kita agar tidak tergiur dengan kartu kredit yang daftar syaratnya ringan. Tidak terkecuali seperti bank BCA pun, bisa membebankan biaya ekstra untuk penggantian kartu kredit yang hilang atau rusak.

Sebagai contoh, jika kartu kredit Reguler VISA atau MasterCard hilang atau rusak, maka akan dibebankan biaya penggantian sebesar Rp 50.000,-.

Meski pada dasarnya ada kartu kredit BCA yang dibebaskan dri biaya ganti kartu, namun tetap saja persyaratan aplikasi tidak semudah kartu kredit yang dibebani biaya ganti kartu.

4. Denda Overlimit

Saat kita menggunakan kartu kredit melebihi batas atau limit yang sudah ditetapkan. Tentu ada besaran biaya yang menjadi pertanggungan untuk kamu bayar.

Dirangkum dari beberapa sumber, menyebut jika biaya overlimit merupakan biaya siluman. Sebab biaya ini ditetapkan saat saldo tidak cukup ketika bertransaksi.

Dengan kata lain, orang yang awam dalam hal ini akan mengira jika tarif tersebut sama dengan transaksi perbankan pada umumnya saat menggunakan kartu kredit.

Untuk biaya overlimit sendiri, yakni sebesar Rp 40.000,-, terkecuali BCA Platinum VISA atau MasterCard yang membebaskan biaya overlimit.

5. Penarikan Tunai

Biaya yang juga tidak lepas dari penggunaan kartu kredit ialah penarikan tunai. Umumnya, penarikan tunai terjadi saat seseorang hendak berbelanja.

Sejumlah kartu kredit juga berlaku untuk mesin EDC di luar negeri. Oleh karena itu, penarikan tunai juga bisa dilakukan pada beberapa mesin EDC tersebut.

Jika memang penarikan tunai tidak disertai dengan tarif, maka keuntungan hanya akan diperoleh pihak pembeli atau pemegang kartu saja.

Sedangkan pada kenyataannya, bank sebagai penyedia jasa keungan. Juga membutuhkan manfaat finansial dari kartu kredit yang diterbitkan.

Pada kartu kredit BCA apapun, tarif untuk tiap penarikan ialah sebesar 4% atau maksimal Rp 40.000,- dengan mempertimbangkan limit kartu.

Terkait:  Biaya Dak Hebel

6. Permintaan Copy Faktur, Biaya Cetak, Dan Pengiriman Tagihan

Dua poin ini kami jadikan satu sebab sama-sama berperan sebagai tagihan dan bersifat pengiriman dengan melibatkan dokumen kertas.

Ada waktu dimana seseorang memerlukan copy faktur untuk melihat tagihan serta merencanakan anggaran keuangan pada bulan atau tahun berikutnya.

Beberapa jenis kartu kredit BCA menerapkan biaya permintaan copy faktur, yakni sebesar Rp 30.000,-. Sedangkan untuk mencetak dan mengirimkan tagihan, biaya yang dibebankan sebesar Rp 10.000,-

Fasilitas Kartu Kredit BCA

Masih terkait dengan Biaya Admin Kartu Kredit BCA. Terlepas dari beban biaya yang harus dibayar. Nyatanya kartu kredit ini juga mempunyai beragam fasilitas yang perlu kamu ketahui. Beberapa diantaranya ialah :

  • Program Cicilan Tetap Bunga Ringan : Kamu bisa mengubah transaksi menjadi cicilan BCA, yakni dengan bunga kompetitif serta dengan jangka waktu panjang hingga 2 tahun.
  • BCA Autopay : Kamu bisa membayar tagihan setiap bulan secara rutin menggunakan sistem autodebet. Sehingga lebih efisien, raktis dan tepat waktu.
  • BCA Reward Points : Kamu bisa memperoleh poin reward rupiah pada setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit BCA. Selanjutnya, kamu bisa menukarkan reward dengan sejumlah barang yang dibutuhkan pada semua tempat berbelanja dengan tanda Reward BCA.
  • Hospital 100% Refundable : Kamu akan memperoleh perlindungan kesehatan dari BCA Life, khususnya bagi pemegang kartu kredit BCA dengan tambahan manfaat pengembalian premi hingga 200% apabila meninggal dunia.
  • BCA Online PIN Activation : Aktivasi pin bisa dilakukan dengan mudah secara online untuk kartu kredit BCA.
  • BCA E-Statment : Kamu bisa menghemat waktu dengan layanan tagihan kartu kredit BCA yang dikirim secara online melalui email setiap bulannya.

Terlepas dari beberapa fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo yang diterapkan pada kartu kredit Bank BCA.

Related posts