Cara Mengecek HP Vivo

Cara Mengecek HP Vivo Asli atau Palsu, Begini Caranya

PindahLubang.com | Bagaimana cara mengecek HP Vivo yang benar? Vivo adalah salah satu brand smartphone terbaik yang belakangan ini semakin digunakan banyak orang. Smartphone ini memiliki fitur-fitur canggih dan keren untuk semua penggunanya.

Di Indonesia, Vivo sudah menjadi HP Android pilihan masyarakat karena harganya cukup bersahabat. Kamu bisa mendapatkan smartphone kekinian dengan merogoh kocek mulai dari Rp.2 jutaan saja, lho. Selain itu, spesifikasinya juga mumpuni dan daya baterainya lebih awet, jadi kamu bisa pakai ponselnya lebih lama.

Produk Vivo memang tidak bisa diabaikan oleh masyarakat yang sedang mencari smartphone mewah dengan harga kelas bawah. Walaupun demikian, kamu harus tahu cara mengecek HP Vivo secara keseluruhan supaya bisa tahu keaslian dan kualitasnya.

Secara umum smartphone tersebut tidak selalu diklaim sebagai produk bergaransi, apalagi kalau dibeli lewat orang lain. Jadi, sebaiknya periksa semuanya yang berkaitan dengan HP Vivo kamu agar ponselnya dapat digunakan lebih lama, kamu pun mampu berkomunikasi dan main media sosial lebih nyaman.

Cara Mengecek HP Vivo

Cara Mengecek HP Vivo
Cara Mengecek HP Vivo

Jika kamu mengira kalau cara mengecek HP Vivo adalah sesuatu yang sulit, sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. HP Vivo yang sedang kamu gunakan sekarang mampu diketahui semua detailnya mulai dari spesifikasi, tipe sampai hal-hal penting lainnya.

HP Vivo kamu memang punya dusbook atau kotak penjualan yang memuat beragam informasi di dalamnya. Akan tetapi, banyak orang masih belum puas dan ingin mengetahui lebih lanjut soal itu. Kami akan beritahu semua informasi tersebut melalui pembahasan artikel selanjutnya.

Terkait:  Cara Cek Speed IndiHome yang Akurat dan Cepat

Langkah 1: Cara Cek Nomor IMEI HP Vivo

Nomor IMEI merupakan data penting yang berguna untuk mengetahui keaslian smartphone kalian masing-masing. Jika HP Vivo diragukan identitasnya, maka bisa menggunakan nomor tersebut untuk memeriksa keresmiannya. Simak cara cek nomor IMEI HP Vivo yang benar dan mudah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Telepon atau Phone dari HP Vivo kamu.
  • Ketik *#06#.
  • Tekan Call/OK/Yes.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI melalui menu pop-up secara otomatis.
  • Klik Salin atau Copy untuk menyalin nomor IMEI tersebut.
  • Kalau IMEI sudah disalin, akses situs resmi Vivo via vivo.com melalui peramban browser.
  • Masukkan IMEI ke dalam kolom yang tersedia.
  • Klik Kirim atau Send.
  • Terakhir, muncul keterangan mengenai keaslian HP Vivo sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Langkah 2: Cara Cek Fisik HP Vivo

Beberapa HP mahal biasanya selalu menggunakan bahan material berkualitas tinggi, tak terkecuali Vivo. Smartphone ini mempunyai situs resmi yang selalu menampilkan informasi lengkap tentang harga, bahan material sampai tanggal rilis setiap tipe ponselnya.

HP Vivo biasanya menggunakan bahan material kaca dan sejenisnya untuk memastikan kalau perangkatnya benar-benar smartphone yang asli. Selain itu, perhatikan warnanya apakah tampak cerah atau kusam, periksa juga bobot perangkatnya apakah sama dengan keterangan pada dusbook atau justru lebih berat/ringan.

Sementara itu, periksa juga tombol fisik yang tampak pada bagian eksternal HP Vivo mulai dari tombol volume dan tombol power. Jika tampilannya rusak, bahkan tidak presisi maka bisa dipastikan kalau smartphone nya palsu atau bukan asli dari Vivo.

Langkah 3: Cara Cek Tipe HP Vivo

Jika kamu ingin tahu cara mengecek HP Vivo, sebaiknya ketahui tipe perangkatnya dulu. HP Vivo memang punya tampilan yang mirip satu sama lain. Meski begitu, semuanya punya perbedaan tersendiri untuk diketahui. Berikut cara cek tipe HP Vivo yang mudah dan praktis, di antaranya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kamu.
  • Pilih menu Tentang Perangkat atau About Phone.
  • Klik Model Number.
  • Terakhir, informasi mengenai model dan tipe HP Vivo akan langsung ditampilkan secara otomatis.
Terkait:  Cara Cek Mutasi BRI

Langkah 4: Cara Cek Layar HP Vivo

Kamu bukan sekadar tahu model dan tipe smartphone nya saja, di mana cara mengecek HP Vivo selanjutnya yang tidak kalah penting diperhatikan adalah dengan memeriksa layar ponselnya. Jika HP kamera kamu tampak buram dan getaran tidak berfungsi, masalah ini patut dicurigai.

Berikut cara cek layar HP Vivo yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pertama, buka menu Telepon atau Phone dari HP Vivo kamu.
  • Ketik *558#.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul laman Factory Test.
  • Klik Engineering Test.
  • Jika muncul beberapa menu pop-up otomatis, klik Touchscreen Test.
  • Terakhir, ikuti semua instruksi yang diberikan sampai proses pemeriksaan layar ponsel selesai.

Langkah 5: Cara Cek Harga HP Vivo

Cara mengecek HP Vivo selanjutnya adalah memperhatikan harga jualnya. Umumnya smartphone palsu pasti dibanderol dengan harga lebih murah agar pembeli dapat membelinya.

Maka dari itu, kamu patut curiga dan waspada kalau smartphone Vivo yang harga jualnya terlalu murah. Jangan sampai harganya terlalu rendah melampaui harga jual di pasaran.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membeli HP Vivo melalui official store atau marketplace terpercaya supaya bisa terhindar dari penipuan karena barang dibeli adalah smartphone palsu atau kw.

Langkah 6: Cara Cek Kesehatan Baterai HP Vivo

Cara mengecek HP Vivo berikutnya untuk mengetahui keaslian dan kualitasnya adalah dengan memeriksa kesehatan baterainya. Kamu berhak curiga karena sekarang hampir semua smartphone sudah mengusung konsep baterai tanam. Jika ingin tahu cara cek kesehatan baterai HP Vivo tipe tertentu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Telepon atau Phone dari HP Vivo kamu.
  • Ketik *#*#4636#*#*.
  • Tekan Call/OK/Yes.
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga muncul menu keterangan yang menampilkan data perangkatnya, salah satunya mengenai baterai ponselnya.
Terkait:  Cara Dapat Uang dari Snack Video

Langkah 7: Cara Cek Software HP Vivo

Software merupakan bagian penting pada semua smartphone. Maka dari itu, periksa OS HP Vivo kamu untuk memastikan kalau ponselnya adalah smartphone asli. Jika ingin mengetahuinya, ikuti cara cek software HP Vivo yang benar di bawah ini:

  • Buka Pengaturan atau Setting melalui HP Vivo kamu.
  • Pilih menu Pengaturan Lain atau Other Setting.
  • Klik Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Kemudian, muncul informasi lengkap tentang HP Vivo kamu.
  • Jika versi perangkatnya adalah OS Android terbaru, misalnya OS Android 8.0 Oreo atau di atasnya dan bisa diperbarui, dipastikan kalau smartphone nya adalah HP Vivo asli.
  • Kalau HP Vivo kamu masih dalam versi lawas dan OS tidak bisa diperbarui, perangkatnya kemungkinan besar adalah smartphone palsu dan bukan produk resmi dari brand Vivo.

Langkah 8: Cara Cek Garansi HP Vivo

Cara mengecek HP Vivo terakhir adalah dengan memeriksa masa garansinya. Biasanya Vivo akan memberikan garansi setidaknya satu tahun, sedangkan pihak produsen tidak pernah memberi perjanjian lisan kepada penjual gadget mereka.

Kalau HP Vivo yang kamu beli punya masa garansi lebih singkat, kemungkinan besar produknya adalah smartphone palsu. Maka dari itu, waspadai terhadap penjual yang menawarkan HP Vivo dengan harga murah namun memberikan masa garansi kurang dari setahun.

Demikian panduan tentang cara mengecek HP Vivo untuk mengetahui keaslian dan kualitas smartphone nya. Semoga membantu!

Similar Posts