Home » Biaya » Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Secara umum biaya ganti air radiator mobil cukup murah. Di sisi lain fungsi dan keberadaan komponen ini juga begitu penting untuk kendaraan roda empat. Apabila tidak dirawat dengan baik, tidak mungkin mobil kesayanganmu bakal menemukan berbagai macam masalah eksternal dan internal.

Walaupun perawatannya mudah hanya dengan menguras air radiator secara berkala untuk menjaga kualutasnya, namun kamu pasti tidak tahu kapan waktu yang paling tepat melakukannya.

Hal ini dikarenakan penggantian air radiator tidak bisa dilakukan sembarangan dan komponen tersebut sangat berkaitan dengan suhu pada mobil kalian. Dengan penambahan air radiator pada mesin mobil membuat suhu kendaraan tidak bakal terlalu panas alias overheat.

Jangan sampai kamu menggantinya secara mandiri karena prosesnya pemasangan sampat pelepasan komponen harus dilakukan tenaga ahli di beberapa bengkel terdekat di wilayah kalian masing-masing.

Kendati demikian, kalian bisa mengganti aii radiator mobil sendiri di bawah pengawasan ahli dari bengkel. Jangan lupa gunakan salah satu merek air radiator coolant untuk memastikan suhu mesin mobil tetap dingin meski dikemudikan berulang kali.

Apabila kamu belum tahu beberapa merek cairannya, kamu bisa tanyakan kepada pihak bengkel sambil ganti air radiatornya. Biasanya harganya tidak terlalu mahal bahkan ditaksir kurang dari Rp.200 ribu untuk merek keseluruhan.

Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima dan tidak overheat kalian panaskan terus menerus, gunakan merek air radiator coolant berkualitas yang bisa ditanyakan langsung kepada pihak bengkel berpengalaman.

Kamu harus tahu kalau radiator pada mobil adalah komponen pokok untuk mendukung kelancaran sistem kerja mesin kendaraannya. Tugas utamanya adalah mendinginkan suhu mesin guna mendapat temperature yang cocok demi memaksimalkan kinerja mesin supaya lebih optimal.

Untuk memaksimalkan kinerja radiator mobil supaya tahan lebih lama, lakukanlah perawatan secara rutin dengan mengganti air radiator setiap 20,000 km atau kondisi airnya sudah benar-benar keruh dan kotor.

Biasanya kalian bisa melihat kondisi air radiator melalui lubang di bagian atas komponen tersebut. Bahkan, siapapun bahkan kamu sendiri yang punya kendaraan roda empat bisa mengganti langsung air radiator sendiri tanpa repot-repot datang ke bengkel.

Biaya Ganti Air Radiator Mobil, Berapa Kisaran Harganya?

Kalian pasti bakal berpikir berapa biaya ganti air radiator mobil dengan service nya begitu tahu komponennya bermasalah. Rasa was-was pasti terlintas di dalam pikira kalian yang ingin melakukan perawatan sekaligus perbaikan secara berkala.

Bagaimana tidak, seandainya timbul kerusakan besar maka service radiator mobil bakal menghabiskan uang cukup banyak. Berikut merupakan beberapa gejala yang bikin radiator mobil harus diganti dan harga penggantian air barunya, antara lain :

Melebihi Jarak Tempuh Maksimal

Biasanya air radiator mobil harus diganti karena sudah melebihi batas jarak tempuh maksimal. Jarak tersebut tentu saja ditentukan pihak pabrik merek kendaraan masing-masing dan kamu bisa tahu batas maksimumnya di buku manual pemilik kendaraan di bagian perawatan berkala.

Umumnya sebuah merek mobil harus segera mengganti air radiatornya jika telah melebihi batas jarak tempuh maksimum sekitar 80,000 km. Angka ini tergolong tinggi untuk beberapa mobil berukuran kecil.

Warna Air Radiator Keruh dan Pudar

Apabila kondisi air radiator mobil sudah pudar dan keruh, segera ganti sekarang juga. Hal ini dikarenakan warna yang terlalu mencolok pada komponen itu disebabkan mengandung zat kimia yang berfungsi memaksimalkan kerja radiator.

Warna air juga mengidentifikasi kapan cairan radiator harus diganti. Apabila saat pemeriksaan kondisinya sudah keruh dan pudar, kamu bisa menggantinya meski jarak tempuh belum mencapai batas maksimum yang dianjurkan pihak pabrik.

Air Radiator Selalu Berkurang

Faktor berikutnya yang membuat kalian harus mengganti air radiator mobil adalah kondisinya rentan berkurang dengan cepat. Biasanya pengurangan ini terjadi tanpa disadari bahkana tidak ada tanda cairan radiator harus diganti secara berkala.

Masalah ini pun timbul karena pencampuran dengan air mineral biasa yang dinilai mampu menjadi pengganti air radiator mobil. Padahal, asumsi ini salah dan tidak direkomendasikan untuk membuat kondisi radiator mobil tetap prima.

Timbul Gejala Overheat

Apabila mesin mobil menunjukkan tanda overheat meski gejalanya cukup ringan, kamu berhak mengganti cairan radiator. Langkah ini merupakan siasat terakhir yang bisa dilakukan sebagai acuan saat air radiator mobil harus dikuras bahkan diganti.

Overheat pada mesin kendaraan bermobil bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan secara berkala pada air radiator nya. Kondisi ini terjadi lantaran air radiator kehilangan kemampuan menyerap panas pada mesin, sedangkan penggantian cairannya adalah solusi cepat dan mudah.

Berapa Biaya Ganti Air Radiator Mobil?

Bukan rahasia umum kalau biaya ganti air radiator mobil memang murah. Akan tetapi, semua itu tergantung merek produk yang bakal kalian gunakan. Harganya juga beragam mulai dari Rp.75,000 hingga Rp.150,000. Harga ini merupakan rincian standar dan biasanya digunakan beberapa merek kendaraan roda empat.

Apakah ada yang lebih murah? Bisa saja ada, tetapi perhatikan pula kualitasnya. Ada yang lebih mahal, kan? Ada, andainya budgetmu cukup dan tidak salah kalian beli untuk menjaga kualitas mesin radiator mobilnya.

Daftar Harga Merek Air Radiator Mobil

Nama ProdukHarga
Pro-VRp.72,500
CarerraRp.72,500
RadCoolRp.88,000
MasterRp.97,000
PrestoneRp.132,000
BullstoneRp.150,000

Biaya Service Radiator Mobil

Beberapa biaya service radiator mobil yang masih ditetapkan sampai sekarang adalah ongkos melepas radiatornya yang harus dilakukan bila komponen tersebut menimbulkan suara bising. Umumnya kamu harus merogoh kocek sebesar Rp.200 ribu s/d Rp.250 ribu untuk mengatasi masalah ini.

Kemudian, ongkos pemeriksaan radiator juga tidak kalah penting diperhatikan karena kendala apapun seperti pengurangan cairan sampai muncul suara bising dilakukan dengan pemeriksaan komponennya, sedangkan harganya sekitar Rp.100 ribu.

Jangan lupa memperhatikan harga service radiator mobil yang diminta beberapa bengkel terpercaya dan seandainya kamu mendatangi bengkel resmi, harga yang ditaksir berkisar antara Rp.250,000 s/d Rp.400,000 sesuai tingkat keparahan kerusakan radiatornya.

Terakhir, biaya pengurasan radiator yang cenderung menghabiskan biaya sebesar Rp.30,000. Jika kalian mengambil semua service nya, maka bisa siapkan budget maksimum sebesar Rp.800,000 saja.

Cara Merawat Radiator Mobil

Kamu bisa melakukan perawatan berkala untuk menjaga radiator mobil tetap prima dan berfungsi dengan baik. Kamu bisa mengecek air radiator secara rutin demi memastikan komponennya masih bagus dan tidak perlu diganti.

Jangan sampai kamu membawa mobil kesayangan dalam kondisi radiator sudah bocor. Silakan buka tutup radiatornya dan pastikan airnya berkuang atau tidak. Apabila berkurang, segera tambahkan air coolant sesuai daftar harga merek yang kami sebutkan di atas.

Demikian informasi mengenai biaya ganti air radiator mobil yang harus kamu perhatikan untuk menjaga komponen tersebut tetap prima. Jangan pernah menggunakan air biasa dalam memaksimalkan kinerja radiator mobil karena berisiko rusak dan rentan mengalami kebocoran.

pabila kamu ingin tahu soal informasi menarik lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ termasuk soal informasi terbaru ini.