Nomor Referensi Token Listrik Internet Banking BRI

  • Whatsapp

Sebagai nasabah dari BRI yang menggunakan layanan internet banking pasti pernah melihat istilah nomor refensi nasabah. Lalu apa itu nomor referensi token listrik internet banking BRI? Sebelum kita membahasnya akan lebih baik jika mengetahui apa itu internet banking.

Apa Itu Internet Banking?

Internet banking sendiri adalah salah satu layanan dari bank BRI yang diberikan kepada nasabahnya untuk memudahkan transaksi perbankan tanpa haru mengunjung ATM atau bank.

Read More

Melalui internet banking ini kamu bisa melakukan beberapa hal seperti mengecek saldo, membeli token listrik PLN maupun untuk aktivitas pembayaran lainnya.

Lalu apa bedanya internet banking BRI dengan BRImo?

BRI internet banking telah diluncurkan pada tahun penghujung 2014. Fasilitas internet banking yang dihadirkan oleh bank BRI cukup unik. Berbeda dari bank-bank lainnya yang biasa menyediakan token berupa perangkat tambahan secara fisik, namun BRI menyediakan mTOKEN. Jadi akses penerimaan kode token untuk menyelesaikan transaksi internet banking adalah melalui SMS ke nomor handphone terdaftar.

Internet Banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat diakses melalui website IB BRI. Jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi BRI atau yang biasa disebut dengan BRImo pada smartphone kamu. Atau biasanya orang-orang melakukan transaksi internet banking melalui SMS namun sebelum itu kamu harus mendaftkar user-ID dan password melalui mesin ATM BRI. Lalu, datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi mTOKEN yang akan digunakan sebagai fasilitas keamanan berlapis ketika bertransaksi.

Terkait:  Cara Beli Token Listrik

Sedangakan BRI Mobile atau yang sering kita sebut BRImo adalah bagian dari e-banking. Namun berbeda dengan internet banking. Fasilitas mobile banking dapat diakses melalui aplikasi yang diinstall pada gawai dan juga SMS. Mobile banking terdiri atas m-banking dan juga SMS banking. Fitur yang kamu peroleh dari BRI mobile sendiri hampir sama dengan internet banking BRI. Di aplikasi tersebut kamu bisa mengecek saldo, cek mutasi, isi ulang dan pembayaran tagihan apapun meulai dari pulsa hingga membayar tagihan token listrik.

Nah jadi sudah paham ya mengenai perbedaan dari internet banking dan juga BRImo. Namun jika kamu ingin mengetahui lebih detail kamu bisa cek di artikel sebelumnya Nomor Referensi Token Listrik Brimo

Nomor Referensi Token Listrik Internet Banking BRI

Nomor Referensi Token Listrik Internet Banking BRI
Nomor Referensi Token Listrik Internet Banking BRI

Apabila transaksi beli pulsa atau token listrik berhasil, tanpa mencetak token, kamu tidak akan mendapat token listrik. Sebab jika token belum keluar atau belum dicetak dan mencteak token listrik membutuhkan dua syarat yaotu ID pelanggan dan juga nomor referensi pembayaran.

ID pelanggan adalah nomor identitas masing-masing pelanggan yang digunakan saat pembelian, biasanya tertera di meteran listrik yang ada rumah kamu. Sementara nomor referensi pembayaran atau transaksi adalah nomor transaksi pembelian token yang telah berhasil lewat melalui internet banking BRI. Semisal kamu lupa nomor referensi pembayaran tersebut, kamu bisa cek riwayat pembayaran atau mutasi di BRI. Internet bangking BRI merupakan laynan e banking dari BRI bagi para nasabah BRI yang ingin mengaktifkannya. Internet banking bisa dijadikan salah satu alat pembayaran alternatif untuk membeli token listrik secara online tanpa keluar rumah.

Cara Membeli Token Listrik Melalui Internet Banking BRI

Bagi sebagian orang yang telah memasang listrik prabayar, token listrik sudah menjadi kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi. Terkadang jika token habis tidak memandang waktu, bisa malam hari, subuh, atau pas kita lagi enjoy nonton tv sama keluarga. Untuk itu disarankan lebih baik punya alternatif pembelian yang cepat tanpa harus keluar rumah. Salah satunya yaiu beli token listrik melalui internet banking BRI. Adapun cara lengkap dari melakukan pembelian sampai pada cetak token listrik, ikuti langkah-langlahnya dibawah ini ya:

Terkait:  Cara Aktivasi Internet Banking BRI
  • Langkah pertama, kamu bisa buka halan resmi melalui link https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  • Masukan user ID dan password banking BRI dengan benar, jangan sampai salah karena jika salah lebih dari 3 kali maka bisa terblokir
  • Pilih menu pembelian kemudian pilih sub menu voucher listrik
  • Setelah itu kamu bisa lanhut ke sumber dana dan temukan dari rekening
  • Masukan IDPEL (ID pelanggan PLN), klik kirim. Jika lupa kamu bisa lihat meteran PLN di rumahmu. Biasanya tertera dengan jelas dibah tombol input
  • Kemudian kamu bisa isi nominal pembelian token listrik sesuati dengan kebutuhan, bisa 20 rb, 50, rb, 100 4b, 200 rb, 500 rb dan seterusnnya
  • Setelah itu tekan OK, maka nanti akan muncul halaman konfirmasi detail pembayaran token listrik, jika benar kamu bisa klik konfirmasi
  • Masukan pasword internet banking BRI
  • Selanjutnya, klik M token BRI
  • Kode M token akan dikirim lewat sms ke nomor mu yang terdaftar. Kode M token berupa kode digit yang setiap kali transaksi
  • Masukan 5 digit kode konfirmasi ke kolom Mtoken dibawah password
  • Jika sudah, tinggal klik tombol kirim
  • Nanti akan muncul detail pembelian token yang telah berhasil. Catat dengan benar nomor referensi pembeliannya
  • Selesai.

Cara Cetak Token Listrik Internet Banking BRI

Setelah transaksi pembayaran token listrik telah berhasil, selanjutnya kamu bisa klik submenu Cetak Token Listrik di internet banking BRI. Kamu bisa masukan nomor ID pelanggan dan Nomor Referensi Transaksi atay pembelian. Klik kirim, maka nanti akan muncul kode token  listrik yang nantinya di masukan ke meteran listrik pulsa. Masukan token listrik dengan benar sesuai kode token yang tertera.

Selain internet banking BRI, layanan BRI juga telah menyediakan yang lebih mudah yaitu aplikasi BRImo. Di BRImo ini merupakan BRI mobile terbaru yang berbasis aplikasi, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa di BRImo kamu bisa membeli pulsa, membeli inernet dan juga membeli token listrik di BRImo. Namun jika kamu beli atau bayar tagihan di aplikasi ini, kamu bisa mencetak token secara mudah dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi BRImo
  • Pilih menu bayar dan beli, pilih saja tab pembelian
  • Pilih cetak token PLN
  • Kemudian kamu bisa isi ID pelanggan dan juga nomor referensi pembelian (jika lupa, kamu bisa cek di mutasi rekening di BRImo) klik lanjut
  • Nanti akan muncul detail pebayaran token listri, dari token, nama, ID pelanggan dan nominal beserta tanggal pembelian
  • Jangan lupa untuk screenshoot atau catat nomor tokennya agar mudah saat memasukan ke meteran listrik.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa Ke Bank

Tips Mendapatkan Promo Saat Beli Pulsa Listrik

Gais kamu bisa loh mendapatkan promo sata beli token listrik dengan cara membeli token listrik melalui Tokopedia, Shopee, dan e-commers lainnya. Karena di aplikasi tersebut sering kali mengadakan promo setiap bulannya ada yang cashback ada juga yang diskon. Meskipun tidak terlalu besar, namun jika uang seret kan lumayan ya hehe. Selamat mencoba ya.

Demikian informasi mengenai nomor referensi token listrik internet banking BRI beserta cara beli dan juga cetak token listrik melalui internet banking BRI. Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Related posts