Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Pinjaman Online Bunga Ringan

Butuh dana cepat dan bunga kecill? Simak artikel ini ya, karena akan membahas tentang pinjaman online bunga ringan untuk kamu yang sedang membutuhkan informasi secara lengkap.

Namun sebelum membahasnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa sih itu pinjaman online sebelum masuk ke penjelasana yang lebih dalam.

Pinjaman Online

Pinjaman online adalah jenis pinjaman yang cukup diajukan secara online melalui aplikasi ponsel, tanpa perlu tatap muka. Cara ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pengajuan kredit.

Saat ini pinjaman online sangat banyak di Indonesia, karena dengan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan menjadi daya tarik utama. Pengajuan kredit yang selama ini dikenal lama dan rumit, sekarang bisa dilakukan secara cepat, mudah, online dan tanpa tatap muka.

Bunga Pinjaman Online

Bunga adalah bagian yang cukup kritikal di pinjaman online. Penting untuk diperhatikan.

Bunga pinjaman online diatas bunga pinjaman di bank. Perlu menjadi perhatian calon peminjam sejak awal.

Bunga Maksimum

AFPI, asosiasi tempat berkumpulnya Fintech Lending di Indonesia, sudah mengeluarkan pedoman bahwa total biaya pinjaman, termasuk bunga, biaya provisi, maksimum adalah 0,8% per hari.

Jadi, maksimum sebulan dengan asumsi 30 hari, biaya pinjaman yang bisa Fintech bebankan ke peminjam adalah 24% sesuai pedoman AFPI.

Fintech yang melanggar akan kena sanksi dari AFPI berupa keanggotaan dicabut dan jika dicabut keanggotaan maka OJK juga akan mencabut surat terdaftar.

Menghadapi tingginya bunga pinjaman online, beberapa hal yang calon peminjam perlu pertimbangkan adalah:

  • Perbandingkan antara fintech karena tidak semua bunganya mahal, mentok di 0,8% per hari. Ada fintech yang memberikan bunga lebih rendah dari cap max bunga tersebut.
  • Bandingkan antara Fintech dengan menghitung berdasarkan suku bunga harian karena tenor di pinjaman online bisa berbeda – beda sekali satu dengan lainnya.
  • Jangan terpaku pada suku bunga yang dipublikasikan fintech untuk menghitung beban bunga sebenarnya. Banyak fintech membuat bunga tampak rendah, tapi sebenarnya tidak, karena adanya potongan biaya admin atau provisi. Jadi, meskipun bunga secara prosentase rendah, namun pada kenyataannya pencairan tidak sebesar plafon yang disetujui, dipotong biaya di muka.
  • Cara paling mudah menghitung total bunga yang harus ditanggung peminjam adalah membandingkan dana pencairan yang masuk ke rekening vs jumlah pelunasan, untuk bisa menghitung berapa biaya bunga secara akurat.
  • Jika memang ingin mengambil pinjaman online, karena berbagai pertimbangan, saran saya ambil yang tenor pendek.
  • Bisa lihat dari review bunga yang saya temui di fintech bahwa cicilan selama beberapa bulan membuat jumlah pembayaran bunga menjadi selangit. Bisa mendekati 100%
Terkait:  Pinjaman Online 12 Bulan

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah

Memilih aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah  sebenarnya susah-susah mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Berikut adalah cara memilih pinjaman online bunga rendah yang bisa kamu lakukan:

  • Pastikan Memilih Pinjaman Online Yang Terpercaya

Cara pertama yang dapat kamu lakukan dalam memilih pinjaman online bunga rendah adalah pastikan pinjaman online yang kamu pilih tersebut terpercaya. Terpercaya disini maksudnya adalah aman dan bukan pinjaman online illegal. kamu dapat memeriksa apakah pinjaman online tersebut terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. kamur dapat langsung mengunjungi website resmi OJK dan cek pinjaman online yang ingin kamu pilih ada dalam daftar OJK atau tidak.

  • Pastikan Pinjaman Online Memiliki Banyak kemudahan

Siapa sih yang mau memilih pinjaman online menyulitkan jika ada pinjaman online yang memberikan banyak kemudahan? Jadi, pastikan kamu memilih pinjaman online yang akan memberikan banyak kemudahan baik saat kamu mengajukan pinjaman ataupun saat kamu jatuh tempo pengembalian.

  • Pastikan Ada Berbagai Keuntungan

Selain memiliki banyak kemudahan, kamu juga harus memilih pinjaman online yang memiliki berbagai keuntungan. Biasanya setiap aplikasi pinjaman online memiliki fitur-fitur yang akan memberikan keuntungan ke penggunanya, seperti cashback untuk peminjam yang mampu membayar lebih cepat, serta undian berhadiah jutaan rupiah.

  • Ada Transparansi Biaya

Pinjaman online terpercaya pasti akan memberikan transparansi biaya, seperti berapa bunga yang dibebankan kepada peminjam dan ada atau tidak biaya admin yang harus dibayarkan peminjam. Jadi, bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online di aplikasi pinjaman online pastikan aplikasi tersebut transparansi terkait biaya-biaya yang dibebankan kepada peminjam. Jangan sampai kamu terjerat bunga yang tinggi karena salah memilih pinjaman online.

  • Website dan Aplikasi Aman
Terkait:  Pinjaman Online Bunga Rendah Bayar Bulanan

Cara kelima yang wajib kamu cek dan pastikan adalah aplikasi atau website pinjaman online tersebut aman. Untuk memastikannya, aplikasi yang aman telah terdaftar di Google Playstore atau Appstore dan memiliki review yang memuaskan dari pengguna. Untuk website, kamu dapat melihat dari tampilan website, dari URL, ataupun dapat langsung cek review-review di halaman pencarian Google.

Nah, setelah mengetahu pengertian pinjaman online beserta bunganya. Kini saatnya kamu mengetahu beberapa pinjaman online bunga ringan yang bisa dijadikan referensi.

Pinjaman Online Bunga Ringan

Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang
Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Investree

Pinjaman online bunga ringan kedua adalah Investree. Investree memiliki 2 produk pembiayaan, yakni pembiayaan tagihan dan pembiayaan penjual daring. Pembiayaan tagihan sendiri memiliki tingkat suku bunga antara 12%-20% per tahun atau minimal 1% per bulan.

Sedangkan untuk pembiayaan penjual daring, bunga pinjaman berkisar antara 0,9% per bulan hingga maksimal 24% per tahun. Perhitungan suku bunga dapat berbeda-beda tergantung dari hasil penilaian individu peminjam. Investree juga memiliki produk fasilitas untuk karyawan dengan suku bunga mulai dari 20%-50% per tahun dengan ditentukan dari hasil sistem credit scoring Investree.

Modalku

Di posisi ketiga ada Modalku yang menawarkan produk pinjaman P2P Lending bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah lokal. UKM mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Suku bunga pinjaman ini juga tergolong ringan, yakni hanya 12% per tahun.

Selain suku bunga, peminjam juga nantinya akan dikenakan biaya admin sebesar 3% dari uang pinjaman. Adapun mengenai plafond kredit, Modalku menyediakan plafond kredit mulai dari Rp 50 juta sampai maksimal Rp 2 milyar. Menariknya mengajukan pinjaman Modalku, kalian tidak memerlukan dokumen jaminan apapun.

Aktivaku

Aktivaku adalah pinjaman online dengan plafond kredit besar hingga maksimal Rp 2 milyar. Bunga dibebankan berkisar antara 14%-21% per tahun tergantung nilai kredit masing-masing peminjam. Tenor angsuran pinjaman Aktiva adalah 1 bulan hingga 2 tahun. Aktivaku memiliki beberapa produk, yakni sebagai berikut:

  • Credit Take Over untuk proses perpindahan fasilitas kredit.
  • Project Financing untuk membiayai kegiatan produktif yang menjadi sumber pembayaran dari Peminjam.
  • Mortgage atau kredit kepemilikan properti yang diberikan untuk membeli rumah tinggal melalui developer yang bekerjasama dengan Aktivaku.
  • Supply Chain Financing (SCF) yang diberikan kepada pihak-pihak dalam rantai pasokan pekerjaan yang berasal dari pemberi kerja.
Terkait:  Pinjaman Online Modal KTP

Jenius Flexi Cash

Aplikasi pinjaman online bunga ringan terakhir adalah Jenius Flexi Cash. Jenius merupakan produk dari BTPN dengan pinjaman mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 50 juta dengan suku bunga ringan hanya 1,75 %-2,25% per bulan. Tenor angsuran mulai dari 1 bulan hingga maksimal 36 bulan. Perlu diketahui juga bahwa pinjaman ini hanya diperuntukkan bagi para nasabah terpilih saja.

Kredit Pintar

Aplikasi ini menawarkan bunga yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pinjaman online yang lainnya. Bunga tersebut hanya 0,8 persen saja per harinya. Perhitungannya adalah kurang lebih seperti ini:

Untuk total pinjaman 600 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan pencairan dana sebesar 588 ribu rupiah. Jika tenor masa pinjaman yang Anda pilih adalah 14 hari maka pelunasan pinjaman sebesar 653,800 rupiah. Bunga totalnya adalah 11,19% dalam 14 hari atau 0,8 persen per harinya. Kredit Pintar merupakan penyedia pinjaman online bunga rendah 2021 yang telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK. Platform ini merupakan platform pinjaman online bunga rendah 2021.

Demikianlah informasi mengenai pinjaman online bunga rendah untuk kamu, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See you!

Similar Posts