Cara Bekerja di Luar Negeri

Cara Bekerja di Luar Negeri

Apakah kamu sedang berencana untuk kerja di luar negeri? Apabila benar, kamu harus tahu cara bekerja di luar negeri supaya bisa berkarir dan mencapai kesuksesan di negeri orang lain. Kami beritahu bahwa semua orang bisa bekerja di luar negeri, sedangkan prosedurnya cepat dan mudah.

Kamu hanya perlu memanfaatkan internet atau platform informasi lowongan kerja di luar negeri, sehingga dapat mengasah diri untuk bertolak ke negara tujuan. Apabila kamu ingin bekerja di luar negeri tapi tidak menetap di negara tujuan, kamu termasuk golongan ekspatriat.

Ekspatriat merupakan seseorang yang sedang bekerja atau berkarir di luar negeri dalam waktu tertentu alias sementara, namun tidak menetap di negara tersebut. Kamu harus mempunyai surat izin tinggal sementara yang diterbitkan pihak imigrasi.

Di samping itu, visa yang dikeluarkan oleh negara merupakan visa khusus yang berbeda dengan TKI maupun TKW. Kini, siapa saja bisa berkarir di luar negeri dengan mudah. Apabila dibandingkan dengan masa lalu, kamu sekarang mampu bertolak ke negara tujuan dengan prosedur yang sangat sederhana.

Cara Bekerja di Luar Negeri

Cara Bekerja di Luar Negeri
Cara Bekerja di Luar Negeri

Beberapa orang tidak tahu bagaimana cara bekerja di luar negeri agar mereka dapat menetap dalam waktu tertentu untuk mencari uang demi keluarga tercinta. Secara umum kamu tidak selalu berpacu terhadap penggunaan internet untuk menemukan pekerjaan yang sesuai di luar negeri.

Kamu bisa mengikuti program kerja sambil liburan, yang mana kegiatan piknik dilakukan sambil mencari lowongan kerja sesuai di negara tujuan. Kamu bisa mencarinya sambil rekreasi supaya bisa menghabiskan waktu tanpa sia-sia.

Terkait:  Cara Kerja Dropshipper Shopee

Apabila kamu ingin bekerja di negara orang lain lebih aman dan nyaman, maka kamu bisa mencari tahu melalui perusahaan yang menyalurkan beberapa orang untuk berangkat ke negara-negara tertentu.

Kami beritahu bahwa metode ini aman dan resmi dimana perusahaan adalah penyalur terpercaya selama kamu bekerja di luar negeri. Namun, kamu juga bisa mengikuti program magang untuk mengikuti pelatihan bahkan pekerjaan tertentu sehingga kamu dapat melanjutkannya lagi bila dibutuhkan perusahaan di negara tujuan.

Cara Bekerja di Luar Negeri, Daftar Negara yang Direkomendasikan

Barangkali kamu tidak tahu cara bekerja di luar negeri, kamu bisa menyimak artikel ini untuk tahu semua jawabannya. Kamu harus memastikan diri sudah siap finansial dan mental sehingga dapat berkarir dalam waktu yang lama di negara tujuan.

Kami beritahu bahwa semua orang punya peluang yang sama untuk bekerja di negeri orang lain supaya bisa mewujudkan impiannya di masa depan. Tak hanya itu, prosedur kerja di luar negeri sekarang lebih cepat dan mudah agar kamu dapat berangkat sesuai waktu yang ditentukan.

Lakukan Penelitian

Kesalahan yang sering dilakukan semua orang saat niat bekerja ke luar negeri adalah tidak pernah melakukan penelitian atau riset. Pasalnya, riset berguna untuk mengetahui apa saja panduan yang perlu disiapkan saat kamu berencana merintis karir di luar negeri.

Kamu juga harus menganalisa dan meneliti negara mana saja yang dianjurkan sebagai tempat tujuan bekerja dalam waktu lama, seperti Malaysia, Singapura, Belanda, Polandia, Jerman serta Austria yang mayoritas membuka lowongan pekerjaan untuk para pekerja asing.

Optimis dan Percaya Diri

Jangan pernah menyerah saat berusaha merintis karir di luar negeri. Kamu harus tetap optimis dan percaya diri yang merupakan nilai tambah saat pencarian kerja sedang berlangsung, Apabila kamu mencari kerja di negara orang lain, pastikan kamu bisa menyesuaikan diri dengan metode yang benar.

Terkait:  Cara Beli Saham

Kamu harus percaya bahwa negara tujuan akan menjadi destinasi terakhir sebagai gerbang karir di masa depan. Kamu harus tetap percaya diri dan tidak putus asa untuk mewujudkan mimpi sebagai orang sukses berkat bekerja di luar negeri.

Pahami dan Kuasai Bahasa Asing

Bahasa Inggris merupakan modal utama siapa saja yang ingin bekerja di luar negeri. Pasalnya, kamu tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan rekan kerja selama di negara tujuan. Kamu harus melatih dan memahami Bahasa Inggris yang mayoritas digunakan seluruh penduduk dunia.

Apabila kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar, kesempatan bekerja di luar negeri sangat besar. Tak hanya itu, bila kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa asing selain bahasa Inggris, kamu akan dianggap spesial dan komunikasi akan lebih mudah.

Daftar untuk Mendapat Izin Kerja dan Visa

Kamu harus mendaftarkan izin kerja atau visa supaya bisa berangkat ke negara tujuan. Meski begitu, kamu harus memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku sehingga langsung bekerja di luar negeri dan dapat melamar dengan cepat.

Secara umum kedutaan besar negara tujuan akan menghadirkan informasi soal cara mendapat visa. Kamu tidak perlu repot mengurusnya karena kebijakannya mudah dan bisa dipenuhi calon pekerja asing dari Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan segalanya secara materi dan non materi untuk mendapatkannya.

Manfaatkan Jaringan Kerja

Siapa saja pasti berpikir bahwa bekerja di luar negeri adalah hal mustahil didapatkan. Namun, kamu sebenarnya bisa mewujudkan impian tersebut dengan memanfaatkan jaringan kerja melalui kontak telepon atau akun sosial media yang dimiliki.

Kamu bisa bertanya kepada mereka mengenai lowongan kerja di luar negeri yang sedang dibuka saat ini. Tak menutup kemungkinan salah satu rekan kerjamu juga sedang bekerja di negara tujuannya. Kamu bisa bertanya mengenai ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti jejaknya di kemudian hari.

Terkait:  Cara Kerja Admin Gudang

Buat Resume Terbaik

Resume merupakan tolak ukur sebuah perusahaan dalam merekrut calon karyawannya. Siapa saja yang berniat merintis karir di luar negeri tidak bisa membuat resume alias CV sembarangan. Pasalnya, kamu harus membuat resume terbaik sehingga dapat dilirik perusahaan luar negeri di negara tujuan.

Kamu wajib menyusun daftar riwayat hidup yang aktual dan tepat, sehingga saat melamar kerja nanti dapat melewati prosesnya dengan lancar. Perusahaan tujuan juga bisa mempertimbangkanmu sebagai calon karyawan yang berhak diterima bekerja.

Siapkan Diri untuk Interview

Apabila semua tahapan sudah dilakukan dan kamu dinyatakan lolos, maka kamu bisa menyiapkan diri untuk interview dengan perusahaan asing tersebut. Kamu biasanya akan melakukan wawancara kerja melalui telepon atau aplikasi video call seperti Skype.

Kamu harus menyiapkan semuanya secara maksimal, sehingga dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu berhak bergabung dengan perusahaan mereka. Jika kamu berhasil melewati tahap interview, kamu bisa langsung diundang ke negara tujuan dan mulai beradaptasi sekaligus bertemu rekan-rekan kerja di sana.

Daftar Gaji dan Negara yang Nyaman untuk Bekerja

  • Hong Kong = HK$ 10,382 (Rp.19 juta/bulan).
  • Korea Selatan = KRW 2,4 juta (Rp.31 juta/bulan).
  • Singapura = SG$ 1,302 (Rp.14 juta/bulan).
  • Finlandia = 2,009 EUR (Rp.34 juta/bulan).
  • Inggris = Pounds 1,200 (Rp.22 juta/bulan).
  • Amerika Serikat = US$ 449 (Rp.6,3 juta/bulan).
  • Swiss = CHF 5,082 (Rp.73 juta/bulan).

Apabila kamu sudah tahu cara bekerja di luar negeri yang sudah disampaikan di atas, kamu harus menyiapkan diri sebagai calon karyawan yang berhak merintis karir di negara tujuan. Kami beritahu bahwa daftar gaji di atas merupakan nilai minimum yang menyesuaikan dengan kebijakan dan jenis pekerjaan di setiap negara terkait.

Similar Posts