Cara Belajar Efektif di Rumah

Cara Belajar Efektif di Rumah

Belakangan ini orang-orang seperti para pelajar sedang membatasi kegiatannya di sekolah, sedangkan mereka harus belajar dari rumah. Namun, bagaimana cara belajar efektif di rumah? Secara umum sebagian besar dari mereka akan menganggap bahwa kondisi tersebut sama sekali tidak signifikan.

Seperti kamu tahu bahwa kegiatan pembelajaran di sekolah cenderung lebih efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan kamu dan pelajar lainnya akan diawasi dan dibimbing langsung oleh guru, dibandingkan pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan media elektronik.

Apabila dipandang melalui sudut akademis, siapapun sebenarnya bisa mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah. Kamu juga bisa memahami dan menangkan berbagai macam ilmu pembelajaran tanpa datang ke sekolah setiap hari.

Kamu tidak ingin mengambil risiko seperti terkena penyakit atau virus yang sedang booming saat ini, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa belajar dari rumah dengan memastikan sistem yang diterapkan benar-benar tepat. Kamu hanya perlu niat dan tidak pernah melewatkan satu jam mata pelajaran yang sudah ditetapkan setiap guru.

Cara Belajar Efektif di Rumah

Cara Belajar Efektif di Rumah
Cara Belajar Efektif di Rumah

Pemerintah Indonesia sedang menerapkan kebijakan segala aktivitas masyarakat dilakukan dari rumah masing-masing, termasuk sekolah. Tujuannya supaya siapapun bisa physical distancing atau menjaga jarak fisik demi mencegah penularan penyakit dan virus berbahaya.

Meski begitu, keputusan tersebut menuai pro dan kontra dari seluruh kalangan masyarakat. Tak sedikit dari mereka menganggap sistem pendidikan yang dilakukan dari rumah tidak efektif, bahkan anak-anak cenderung bebas bermain dan jam belajar menjadi tidak signifikan.

Terkait:  Cara Kerja Flow Switch

Kami beritahu bahwa semua anak sekolah sebetulnya tidak perlu takut selama belajar dari rumah masing-masing, asalkan cara belajar efektif di rumah yang diterapkan baik dan benar.

Selain itu, para orang tua harus ambil peran dalam menunjang sistem pembelajaran anak supaya bisa tetap menerima ilmu-ilmu berguna dari setiap guru walaupun jarak jauh. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah direkomendasikan guru terkait, serta mengikuti sistem pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan berdasarkan bidang studi masing-masing.

Cara Belajar Efektif di Rumah yang Harus Kamu Tahu

Barangkali kamu butuh informasi tentang cara belajar efektif di rumah supaya bisa mengikuti jadwal pembelajaran sesuai kebijakan yang berlaku. Kamu tidak perlu bosan selama jarang bertemu guru dan teman-teman, karena kegiatannya bisa melalui video call pada momen tertentu.

Kamu harus tahu bahwa belajar dari rumah akan memberikan pengalaman seru dan tidak terlupakan. Kondisi ini akan semakin seru selama kamu menggunakan media pembelajaran yang tepat bahkan direkomendasikan guru sekolah masing-masing.

Tentukan Waktu Belajar

Langkah awal yang harus dilakukan pertama kali adalah tentukan waktu belajar di rumah. Jangan pernah menggabungkan semua mata pelajaran sekaligus. Pasalnya, kamu tidak akan fokus dan semua ilmu pembelajaran yang diajarkan atau diberikan akan buyar begitu saja.

Kamu bisa mengatur jam-jam belajar seperti pkl.10:00 WIB (Bahasa Indonesia), pkl.11:30 (Bahasa Inggris), pkl.13:00 WIB (Matematika) dan pkl.14:30 WIB (IPA). Kami pastikan kamu akan fokus dan bisa menangkap semua ilmu yang sudah diberikan setiap guru.

Siapkan Meja Belajar yang Rapi

Kamu pasti akan terganggu bila belajar di tempat kotor dan tidak rapi, bukan? Maka dari itu, siapkan meja belajar yang bersih dan rapi supaya bisa menunjang kegiatan pembelajaran di rumah. Kamu bisa menggunakan meja kecil atau besar sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Terkait:  Cara Bom Like FB

Kamu juga bisa berkreasi dengan bebas untuk meningkatkan rasa semangat belajar, seperti menambah dekorasi atau hiasan di atas meja belajar. Kamu bahkan bisa menyimpan tanaman atau akuarium kecil untuk memberi rasa segar dan sejuk.

Gunakan Metode Belajar yang Tepat

Kami beritahu bahwa setiap orang mempunyai metode belajar supaya bisa menangkap ilmu-ilmu yang diajarkan dengan cepat. Apabila kamu tidak bisa belajar di tempat ramai, kamu bisa belajar di kamar sendirian sambil diiringi musik dengan genre yang halus seperti pop atau melody.

Kamu juga bisa meningkatkan fokus saat belajar dengan mematikan lampu kamar dan media elektronik di sekitar seperti TV dan gadget. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar sambil memakan cemilan agar fokus dapat terjaga sehingga perut tetap terisi.

Pilih Media Belajar yang Benar

Kamu harus menggunakan media belajar yang benar dan tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi belajar sampai video call melalui gadget. Kamu juga bisa mengunduhnya melalui smartphone dari Google Play Store atau App Store secara gratis.

Tak hanya itu, pemakaiannya juga cepat dan mudah sehingga kamu dapat menangkap berbagai macam informasi seputar ilmu pembelajaran yang hampir sama dengan ajaran dari setiap guru mata pelajaran.

Belajar dengan Teman

Apabila kamu mengalami kendala saat belajar, bahkan merasa tidak nyaman belajar sendiri maka bisa mengundang teman sekelas untuk belajar bersama. Kamu bisa menggunakan aplikasi video call seperti Skype sampai Zoom yang diunduh melalui gadget.

Kamu bahkan dapat mengundang sampai puluhan orang untuk belajar dan berdiskusi tentang materi yang harus dipecahkan sehingga mendapat nilai terbaik. Kami pastikan kamu tidak akan bosan bahkan merasa senang belajar bersama teman sekelas lainnya setiap hari.

Terkait:  Cara Kerja Diffuser

Buat Deadline

Jangan pernah mengabaikan deadline saat belajar dari rumah. Pasalnya, siapapun harus mempunyai target waktu atas sesuatu yang mereka kerjakan. Maka dari itu, kamu harus membuat deadline atas sistem pembelajaran selama di rumah.

Deadline berguna supaya jadwal belajar bisa lebih terstruktur dan memberikan hasil memuaskan. Kamu mungkin bisa menargetkan tugas Bahasa Indonesia harus selesai dalam kurun waktu 60 menit yang terdiri dari 20 soal, sehingga kamu dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Minum Air Putih Teratur

Tak bisa dipungkiri siapapun yang mengikuti sistem pembelajaran dari rumah pasti akan duduk dalam waktu lebih lama. Oleh karena itu, kamu harus sering minum air putih untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh.

Jangan pernah menyepelekan khasiat air putih yang mana kandungan mineral di dalamnya berguna menjaga tubuhmu tetap segar dan sehat. Selain itu, kamu bisa meminumnya sekitar 15 menit sebelum dan sesudah belajar. Namun, kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan masing-masing, sehingga tubuh dapat terhidrasi dan tidak cepat lelah bahkan kurang fokus.

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Jangan memaksakan dirimu untuk tetap mengikuti jadwal belajar, apalagi kalau tubuh mulai terasa tidak nyaman bahkan menimbulkan gejala sakit. Kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat paling tidak selama 30-60 menit.

Tujuannya supaya kamu bisa menjaga kesehatan tubuh tetap bugar, serta fokus dalam mengikuti semua agenda belajar di rumah. Selain itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk istirahat atau tidur dalam waktu singkat. Jangan pernah lupa menjaga pandangan dengan menurunkan kontras layar gadget sehingga terhindar dari kerusakan mata dan hal-hal tidak diinginkan.

Similar Posts