Home » Cara Kerja » Cara Kerja di Australia

Cara Kerja di Australia

Bagaimana cara kerja di Australia? Ya, Australia merupakan target bagi para pencari kerja yang ada di seluruh dunia, mengingat negara ini mempunyai pasar yang sangat kuat, lingkungan yang menunjang dan standar hidup tinggi.

Selain itu, melamar pekerjaan di Australia tentu saja memberikan pengalaman yang menarik agar Kamu mendapatkan pekerjaan yang layak di negeri Kanguru tersebut.

Mendapatkan Visa Kerja di Australia

Cara kerja di Australia sendiri tentu sebelumnya harus mendapatkan visa kerja terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui untuk mendapatkan visa kerja ini, diantaranya :

1. Membaca Visa Kerja yang Disponsori Oleh Perusahaan

Jika Kamu ingin memperoleh pekerjaan sebelum pendaftaran visa selesai, sebaiknya pilih visa kerja yang telah disponsori perusahaan.

Apabila Kamu mempunyai kompetensi yang berhubungan atau relevan, maka calon perusahaanmu akan langsung mensponsorimu.

2. Mendapatkan Visa Berdasarkan Poin

Agar Kamu mendapatkan visa kerja ini, Kamu harus melewati serangkaian tes penentu kualitas dan keterampilanmu sebagai kandidat pekerja. Hal ini merupakan kategori dari visa kerja kedua.

3. Melengkapi EOI (Expression of Interest) Lewat Skill Select

EOI sebenarnya bukan untuk pendaftaran visa, melainkan sebuah cara demi menarik perhatian institusi pemerintah dan perusahaan yang mungkin bisa mensponsori visa kerjamu.

Jika Kamu mempunyai kualitas dan keterampilan menarik, maka bukan tak mungkin mereka akan langsung menominasikanmu untuk memperoleh visa yang tepat.

  • Dalam hal ini, Kamu harus melengkapi Expression of Interest Agar bisa mendaftarkan visa.
  • EOI lengkap sebenarnya tidak diwajibkan, namun tersedia bagi para pendaftar yang disponsori oleh perusahaan.
  • Kamu bisa buka laman skill select.

4. Memenuhi Tes Kesehatan dan Mahir Berbahasa

Sebelum Kamu melengkapi pendaftaran, kunjungi dokter untuk memperoleh hasil pemeriksaan rekam medis secara lengkap.

Selain itu, Kamu juga wajib mendemonstrasikan keahlian berbahasa Inggris lewat serangkaian tes tertentu.

Cari kursus Bahasa Ingris di areamu. Lalu pergilah ke rumah sakit atau klinik untuk memberikan permohonan rekomendasi dokter.

Kemudian beritahukan dokter dan gurumu bahwa Kamu sedang mempersiapkan diri mendaftarkan visa kerja Australia.

5. Pertimbangkan Kualifikasimu

Silahkan buka dan baca web Australian Skills recogniton Information guna mencari tahu tentang kualifikasi diri apakah harus dikonfirmasi kembali oleh perusahaan tertentu.

Tergantung dari tempat pendidikan dan profesi, Kamu mungkin wajib mengikuti pendidikan tambahan atau kursus.

Ini bisa menjadi cara untuk membuktikan skill dan keterampilanmu yang nantinya bermanfaat, baik di negaramu maupun di Australia.

6. Maksimalkan Kesempatan Untuk Mendapatkan Visa

Tentu lebih sulit rasanya untuk mendapatkan visa apabila Kamu kurang memenuhi kualifikasi tenaga kerja migran terampil.

Oleh karenanya, fokuslah untuk menunjukkan jika dirimu ialah kandidat yang berpotensi. Dapatkan kualitfikasi pengalaman kerja atau profesional sebelum Kamu mendaftar.

Jika Kamu belum lancar berbahasa Inggris, sebaiknya pertimbangkan mengikuti les atau kursus bahasa di jasa yang terpercaya.

7. Masukkan Pendaftaran Visa

Jika Kamu memerlukan visa kerja di negara Australia, maka ini merupakan prioritasmu. Perusahaan biasanya akan bertanya mengenai status imigrasimu. Mempunyai visa merupakan persyaratan utama dari sebagian besar penyedia lowongan pekerjaan.

Cara Kerja di Australia

Cara Kerja di Australia

Cara Kerja di Australia | Img: https://www.youtube.com/watch?v=aYG7Wcno6j0

Cara kerja di Australia selanjutnya, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah panduan di bawah ini :

1. Pilih Industri

Jika Kamu belum memilih perusahaan atau industri, sebaiknya pilih industri degan bijak. Biasanya industri utama yang ada di Australia, seperti pertambangan, pertanian, manufaktur dan wisata.

Layanan keuangan, pertambangan, telekomunikasi, dan wisata ialah pertumbuhan industri terbesar belakangan ini. Ini artinya industri tersebut menyediakan kesempatan sekaligus keamanan kerja.

2. Cari Lowongan Pekerjaan Secara Konsisten

Biasanya ada jutaan lowongan pekerjaan yang diumumkan secara onlline. Kamu bisa memilih situs pencari kerja umum atau situs web yang telah didukung oleh pemerintah.

Lalu, jika Kamu memperoleh informasi lebih banyak, maka akan lebih banyak pula peluang yang bisa Kamu manfaatkan, berkonsentrasilah pada pekerjaan, industri maupun wilayah presferensimu.

Selanjutnya gunakan preferensi ini untuk menyaring beberapa informasi. Sehingga Kamu bisa mendapatkan lowongan pekerjaan yang potensial secepatnya.

  • Silahkan periksa lowongan kerja yang tertera di koran-koran Australia. Kamu bisa memilih koran-kora populer, seperti Sydney Morning Herald, The West Australian, The Courier-Mail, dan The Age.
  • Untuk menerima informasi lowongan pekerjaan di perusahaan tertentu, silahkan baca rekrutmen di web perusahaan.

3. Upgrade CV yang Sesuai

Sebaiknya pakai gaya negara Australia ketika menulis CV atau resume. CV yang Kamu buat tentu tidak jauh berbeda dari resume lainnya yang ada di negara lain, namun ada beberapa hal yang membedakannya.

Biasanya CV Australia dibuat lebih panjang dibandingkan resume di negara Amerika. Oleh karenanya, Kamu memiliki lebih banyak ruang untuk menyebutkan kemampuan dan pengalamanmu.

  • Meskipun CV Australia biasanya lebih panjang, namun CV tersebut biasanya menyoroti beberapa informasi penting pada halaman pertama. Pakai kategori seperti “Key Skills”“Career Summary”, “Key Affiliation” dan “Key Qualification”.
  • Lalu cari pola atau contoh CV beserta surat pengantar Australia secara online. Namun ingat, jangan terkesan menjiplak begitu saja format CV dari internet, namun gunakan CV tersebut sebagai referensimu supaya CV yang Kamu buat lebih sesuai dan tentu saja tetap mencerminkan kepribadianmu yang unik.

4. Luangkan Waktu Membuat Surat Pengantar Sesuai Pekerjaan yang Dilamar

Surat pengantar bersifat general dan biasanya tak akan begitu menarik perhatian para pemberi kerja. Untuk itu, berusahalah tetap menyesuaikan surat tersebut dengan pekerjaan atau profesi yang Kamu inginkan/lamar.

Tekankan jika Kamu sudah memperoleh izin bekerja di negara Australia. Selain itu, jangan lupa sertakan nomor telepon dan alamat di Australia pada resume yang Kamu buat.

5. Manfaatkan Program Dukungan Liburan Kerja

Kerja di Australia Up to 3 Years

Img: https://youtu.be/8AqO9zfthLQ

Jika Kamu mencari lebih banyak dukungan dalam perjalanan, maka program dukungan liburan kerja bisa Kamu pilih.

Penyedia layanan program kerja, baik itu Alliance Abroad, Work n Holiday, dan The Global Work & Travel Co, menawarkan jaminan peluang pekerjaan bagi para working holiday marker sampai waktu tinggal mereka di Austalia.

Adapun program ini biasanya meliputi proses penjembutan ke bandara, membantumu menyesuaikan diri di negara tujuan, dan melakukan aktivitas sosial.

Selain itu, mereka juga bisa membantumu mendapatkan tempat tinggal, kemudian memberikan kursus/pelatihan hingga membantumu membuka akun rekening bank serta mendapatkan TFN/tax file number alias nomor wajib pajak.

Jika Kamu berhasil, pengalaman ini juga bisa melengkapi resume yang Kamu buat untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

Itulah beberapa tahapan cara kerja di Australia yang bisa Kamu pertimbangkan. Namun sebelumnya, cari tahu terlebih dahulu mengenai biaya hidup di Austalia dan perhitungkan keuanganmu sebelum menegosiasikan upah atau gaji.

Bersabarlah mencari pekerjaan dan pastikan melamar pekerjaan sedini mungkin. Biasanya rata-rata orang memiliki waktu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai sekitar 8 minggu, tapi semuanya tergantung dari niat, konsistensi, dan bagaimana Kamu bisa menunjukkan kemampuan diri bahwa Kamu layak bekerja di perusahaan tersebut!