Cara Mematikan Alarm Mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil

Alarm mobil berperan penting sebagai upaya untuk mengusir orang atau sesuatu yang berusaha membobol masuk. Akan tetapi, jika alarm mobil sedang error, maka bisa mengakibatkan orang-orang di sekitarnya menjadi terganggu. Bagi pemilik mobil yang alarmnya bunyi sendiri atau terus menyala tanpa kendali, berikut beberapa cara mematikan alarm mobil yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5 Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Sebelum lebih lanjut membahas lebih detail cara mematikan alarm mobil, sebenarnya apa saja yang menyebabkan alarm mobil bisa bunyi sendiri? Berikut informasi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya, antara lain:

Pintu mobil terbuka

Namanya juga manusia yang tidak luput dari lupa, saat keluar dari mobil terkadang lupa untuk kembali menutupnya dengan rapat. Hal tersebut dapat menyebabkan alarm berbunyi sendiri karena sensornya menangkap sinyal dari bagian pintu.

Untuk menangani masalah seperti ini, kamu bisa menggunakan fitur sensor lampu yang ada di mobil. Caranya adalah mengaktifkan lampu posisi door sehingga nantinya kamu bisa mengetahui bahwa pintu mobil telah tertutup rapat atau belum. Sebab, saat lampu menyala meskipun pintu terlihat telah ditutup berarti ada pintu yang belum tertutup rapat sepenuhnya.

Baterai central lock habis

Penyebab lain yang juga sering menimpa beberapa orang adalah karena baterai central lock yang habis sehingga menyebabkan alarm terus mengeluarkan bunyi.

Central lock (kunci sentral) berperan dalam mengunci seluruh pintu yang ada di mobil dari satu saklar. Umumnya, ketika baterai pada kunci sentral habis maka yang harus dilakukan adalah membuka pintu mobil secara manual. Pada saat kamu membuka mobil secara manual dapat menyebabkan alarm mengeluarkan bunyi sendiri.

Terkait:  Cara Merajut untuk Pemula

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mengganti baterai central lock jika merasa bahwa itu akan segera habis agar menghindari hal semacam ini. Sebab, suara alarm yang terus berbunyi cukup menyebabkan kebisingan.

Sensitivitas modul alarm

Selain dua penyebab sebelumnya, bunyi yang dikeluarkan alarm tanpa henti bisa jadi datang dari modul alarm itu sendiri. Modul alarm merupakan salah satu komponen yang ada di dalam alarm dimana fungsinya adalah menangkap getaran yang terdapat di sekitar mobil.

Adapun bentuk getaran yang ditangkap bisa dari suara, objek yang bergerak melintas di sekitar mobil, atau adanya getaran dari mobil lain. Jika tingkat sensitivitas modul alarm tinggi maka daya kepekaannya untuk menangkap suara maupun getaran juga semakin tinggi.

Alhasil, ada gerakan sedikit seperti hewan melintas atau suara pelan dapat ditangkapnya dan membuatnya berbunyi. Hal ini bisa diatasi dengan cara menurunkan tingkat sensitivitas modul alarm pada mobil kamu.

Ada komponen alarm yang rusak

Terdapat beberapa komponen dalam sistem alarm yang juga bisa menjadi penyebab berbunyi tanpa henti jika mengalami kerusakan. Kamu dapat mengecek sistem alarm untuk mendeteksi adanya komponen yang rusak atau tidak.

Ketika ada komponen yang mengalami kerusakan maka sistem alarm tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi, ketika ada komponen yang rusak, sebaiknya harus segera diganti dengan yang lebih baik.

Kerusakan pada sensor kap mesin

Penyebab alarm bunyi sendiri atau berbunyi terus bisa jadi karena sensor kap mesinnya rusak. Layaknya pintu mobil yang tidak ditutup rapat, adanya kerusakan pada sensor kap mesin juga menganggap bahwa kap mesin mobil masih dalam kondisi terbuka. Alarm mendeteksi kiriman sinyal dari sensor kap mesin mobil sehingga membuatnya berbunyi.

Terkait:  Cara Menghitung BEP

Hal tersebut bisa diatasi dengan cara kap mesin mobil dibuka lalu ditutup kembali. Langkah berikutnya, kamu tekan tombol kunci yang terdapat pada remote mobil. Akan tetapi jika gagal dengan cara ini, maka mau tidak mau harus mengganti sensornya.

Cara Mematikan Alarm Mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil
Cara Mematikan Alarm Mobil

Kamu tidak perlu panik saat alarm mobil tiba-tiba berbunyi sendiri atau mengeluarkan bunyi tanpa henti. Fungsi alarm dipasang pada mobil adalah untuk mendukung keamanan yang lebih optimal. Nantinya, alarm tersebut akan menginfokan bahwa ada sesuatu atau seseorang yang berusaha membuka mobil secara paksa.

Mobil yang dilengkapi alarm bisa mengeluarkan bunyi yang dapat disesuaikan dengan preferensi pemiliknya. Di samping itu, alarm mobil telah didukung dengan fitur sensitivitas yang berfungsi untuk pengamanan berlapis. Sebagai contoh, ketika muncul suatu getaran atau suara cukup keras, mungkin saja alarm akan segera mengeluarkan bunyi. Akan tetapi, bisa juga alarm tidak mengeluarkan bunyi meskipun ada getaran atau suara cukup keras.

Jika terjadi hal demikian, pastikan bahwa kamu tenang dan ikuti beberapa cara mematikan alarm berikut:

Menghidupkan Mobil Seperti Biasa

Ketika kondisi alarm mobil masih menyala atau berbunyi, kamu hidupkan mobil seperti biasanya supaya dapat segera mematikan fitur keamanan tersebut. Caranya adalah kamu buka pintu mobil secara manual menggunakan kunci mobil kemudian hidupkan mesin. 

Setelah mesin dinyalakan, alarm akan secara otomatis berhenti dikarenakan sensor mendeteksi bahwa mobil menyala menggunakan kunci original.

Pakai Kunci untuk Membuka Pintu Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alarm bisa berhenti berbunyi jika membuka pintu dengan menggunakan kunci original. Namun, banyak yang melakukan kesalahan, yakni memaksa untuk tetap menggunakan remote.

Jadi, kamu cukup menggunakan kunci saja ketika mengalami hal demikian. Masukkan kunci ke pintu dan putar ke arah untuk mengunci lalu putar kembali beberapa kali ke arah untuk membuka. Ketika mobil dalam keadaan terkunci dengan sempurna dan manual, sistem alarm akan mendapat sinyal agar menghentikan suaranya.

Terkait:  Cara Gadai BPKB Motor

Ubah ke Mode Silent 

Cara lain yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal ini adalah mengubah ke mode silent. Saat alarm mengeluarkan suara tanpa henti bisa juga karena sensitivitasnya yang tinggi sehingga bisa kamu atasi dengan mengubah ke mode silent pada tombol remote central lock.

Sebab, jika tidak kamu ubah ke ‘silent’ maka dapat menyebabkan suara bising yang lumayan mengganggu orang-orang yang berada di sekitar mobil.

Matikan Secara Manual dengan Kunci Mobil

Cara mematikan alarm mobil lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kunci kontak. Cara satu ini digadang-gadang yang paling bekerja dibandingkan cara-cara sebelumnya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan mobil dan langsung segera dimatikan. Selanjutnya, lepas dan masukkan kontak mobil ke dalam lubang starter, lalu kamu putar bolak-balik dari dari ACC ke ON hingga 10 kali. Pastikan bahwa ketika kamu memutar kunci tersebut harus cepat dan konsisten.

Bunyi alarm umumnya akan terdengar lebih cepat sebelum berhenti tidak mengeluarkan bunyi lagi. Selain itu, lampu yang awalnya berkedip juga akan redup dimana juga merupakan tanda bahwa alarm berhasil dimatikan.

Jika mencoba trik ini sebaiknya mobil segera kamu antar ke bengkel resmi supaya fungsi remot yang mati dapat kembali diaktifkan.

Melepas Sekring Alarm

Dalam sebuah alarm mobil terdapat sekring yang umumnya terletak di bagian bawah kabih atau tempat mesin. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai sekring alarm dari buku panduan. 

Jika ingin menggunakan cara ini, kamu membutuhkan tang dengan ujung runcing supaya sekring dapat terlepas. Setelah sekring alarm terlepas, maka suaranya tentu akan segera berhenti berbunyi.

Apakah kamu pernah mencoba salah satu dari 6 cara mematikan alarm mobil yang terus berbunyi ini?

Similar Posts