Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor dengan Ekstensi Chrome

Sudahkah tahu bagaimana cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor? Ketentuannya, membuat daftar siaran itu harus menyimpan nomor tujuan. Begitu pula sebaliknya, tujuan juga harus simpan nomormu di dalam buku telepon mereka. 

Tapi ternyata Kamu dapat melakukannya tanpa harus menyimpan nomor. Tentunya cara ini sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis. Di mana untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan tidak hanya sebatas orang-orang yang ada dalam kontaknya saja. 

Karena hal penting tersebut, di sini akan dijelaskan juga pengertian dan kelebihan membuat daftar siaran. Selain itu juga diterangkan secara lengkap bagaimana langkah-langkah untuk broadcast pesan WA tanpa perlu menyimpan nomor tujuan. Berikut ini penjelasannya:

Pengertian Broadcast WhatsApp

Simak dulu penjelasan ini sebelum membahas cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor. Broadcast adalah fitur yang dibuat oleh WhatsApp secara khusus agar semua penggunanya dapat mengirimkan pesan massal ke banyak kontak. Jadi, tidak perlu menyalin isi chat dan mengirim satu per satu. 

Fitur ini juga disebut dengan daftar siaran. Jadi, Kamu bisa memilih sendiri kontak yang akan dimasukkan ke dalam daftar siaran. Melalui daftar tersebut, Kamu membuat pesan siaran yang secara otomatis akan dikirimkan ke semua kontak hanya dengan satu kali klik.

Kamu tidak perlu lagi memilih kontak ulang jika sudah membuat daftar siaran. Tapi diperbolehkan mengedit dengan menambahkan atau menghapus kontak. Kamu juga dapat menghapus broadcast atau membuatnya lebih dari satu. 

Daftar siaran sering digunakan dalam dunia bisnis. Sebab dengan fitur ini dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk mengenalkan produk baru. Itulah kenapa broadcast diyakini sebagai salah satu media pemasaran yang menguntungkan, mengingat WhatsApp digunakan hampir semua orang. 

Terkait:  Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor
Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Aturannya, untuk membuat broadcast itu hanya bisa ke nomor-nomor yang ada dalam daftar kontak. Tapi ternyata ada cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor yang bisa Kamu jajal. Bahkan cara ini mudah dan gratis. 

Hanya saja metode yang diberikan ini dapat digunakan dengan WhatsApp Web yang Kamu akses lewat PC ataupun laptop. Karena nantinya memanfaatkan ekstensi Chrome agar dapat mengirimkan pesan massal tanpa harus simpan nomor. Jika ingin mencoba, simak tahapannya berikut ini:

1. Buka Aplikasi Google Chrome

Karena WhatsApp Web diakses lewat browser, maka Kamu harus membuka peramban yang ada dalam laptop ataupun PC. Pilih aplikasi Google Chrome yang sudah diinstal sebelumnya dalam perangkat. Kenapa memilih peramban tersebut? Sebab nantinya menggunakan ekstensi Chrome. 

Kalau Kamu sudah berada di halaman awal Google Chrome, jangan langsung membuka WhatsApp Web. Melainkan masuk dulu ke situs resmi Chrome Web Store. Di halaman itulah Kamu dapat mencari ekstensi yang digunakan untuk mengirimkan broadcast WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor. 

Ingatlah bahwa untuk menyambungkan perangkat ke jaringan internet yang stabil. Broadcast tidak akan berhasil kalau jaringan galat. Jadi, pastikan dulu bahwa WhatsApp Web diakses lewat sambungan WiFi dengan sinyal yang bagus. 

2. Cari dan Pasang Ekstensi Chrome Untuk Broadcast WhatsApp

Tahapan kedua dari cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor adalah mencari ekstensi. Sebenarnya ada banyak pilihan ekstensi Chrome untuk mengirimkan pesan siaran secara massal, tapi tidak harus menyimpan nomor. Kamu harus pilih yang aman dan tentunya gratis. 

Dua ekstensi Chrome yang direkomendasikan adalah WAMessages Sender dan WARocket Sender — WA Sender. Kedua ekstensi tersebut memiliki batasan jumlah pesan siaran yang dapat dikirim. Untuk WAMessenger Sender hanya ke 100 kontak, sedangkan yang kedua bisa sampai 200 kontak. 

Terkait:  Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Meski berbeda dalam jumlah broadcast, tapi secara umum fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Memburamkan pesan secara lokal. 
  • Menyorot pesan WA yang belum dibaca. 
  • Menambahkan string yang biasa digunakan ke kotak teks WhatsApp. 
  • Mengunduh laporan.
  • Mengirim pesan massal ke daftar nomor atau dari file CSV. 
  • Mengirimkan pesan yang sama ke banyak pelanggan tanpa perlu menyimpan nomornya ke buku telepon. 

Kamu bisa memilih salah satu ekstensi di atas dan mencarinya dari Chrome Web Store. Jika belum tahu, berikut ini cara mencari dan memasang ekstensi Chrome:

  • Lewat halaman Chrome Web Store, masukkan kata kunci ekstensi yang akan digunakan. 
  • Kemudian ketuk hasil yang ditampilkan. 
  • Klik tombol Tambahkan ke Chrome yang terdapat di samping nama ekstensi. 
  • Tunggu ekstensi ditambahkan dan Kamu bisa menjalankannya. 

3. Login ke WhatsApp Web

Kalau ekstensi Chrome sudah berhasil ditambahkan ke peramban, sekarang login dulu ke WhatsApp Web. Tenang saja, WA yang Kamu gunakan ini sama dengan yang terdapat di ponsel. Hanya saja diakses lewat PC atau laptop, sehingga memudahkan pekerjaanmu tanpa perlu bolak-balik cek HP. 

Untuk membuka WhatsApp Web Kamu harus menyiapkan juga aplikasi WA yang ada di HP. Memang, apa fungsinya? Lihat saja cara login seperti pada panduan berikut ini:

  • Pada peramban Google Chrome yang sudah terbuka, masukkan alamat https://web.whatsapp.com/.
  • Tekan tombol Enter dan Kamu akan diarahkan ke halaman login
  • Pada halaman tersebut ditampilkan kode QR yang harus dipindai. Jadi, buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP. 
  • Kemudikan ketuk ikon titik tiga yang ada kanan atas. 
  • Ketuk opsi Perangkat Tertaut. 
  • Tekan tombol Tautkan Perangkat dan arahkan HP ke layar laptop atau PC untuk memindai kode QR. 
  • Jika sudah, Kamu berhasil login ke WhatsApp Web. 
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Tidak Bisa Ditelpon dengan 8 Trik Ini

4. Buka dan Gunakan Ekstensi Chrome

Langkah paling penting dari cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor adalah menjalankan ekstensi yang sudah ditambahkan. Biasanya, ekstensi tersebut terdapat di bagian menu yang ada di kanan atas layar desktop. Klik ekstensi tersebut untuk menggunakannya dengan tetap membuka halaman WhatsApp Web. 

Ada beberapa konfigurasi yang perlu Kamu lakukan untuk membuat daftar siaran tanpa harus menyimpan nomor tujuan. Paling penting, lengkapi kolom-kolom berikut ini agar tidak keliru:

  • Masukkan nomor tujuan pada kolom secara manual dengan menyertakan kode negara, contohnya 62890123456. Karena ada banyak nomor, Kamu dapat memisahkannya dengan koma. 
  • Selain cara manual, Kamu juga bisa menyusun dulu nomor tujuan dalam file Excel. Nomor juga wajib diawali dengan kode negara. Kalau daftar nomor WA penerima sudah dibuat, unggah dengan menekan tombol Upload Excel. 
  • Berikutnya tulis pesan siaran yang akan dikirimkan ke semua kontak tersebut pada kolom yang disediakan.
  • Ternyata Kamu juga dapat membuat pesan broadcast dengan template. Klik tombol Add Template untuk menambahkannya. 
  • Selanjutnya kirimkan pesan dengan menekan tombol Send Message. 
  • Hentikan broadcast dengan memilih opsi Stop

Kelebihan Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Menggunakan cara di atas tentunya sangat menguntungkan, bukan? Kamu juga tidak perlu repot-repot menyimpan nomor, sehingga lebih banyak yang dijangkau. Kelebihan lainnya adalah:

  • Lebih hemat waktu karena cukup buat satu pesan. 
  • Sangat efektif sebagai cara promosi. 
  • Lebih efisien karena tidak perlu menulis chat satu per satu. 
  • Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. 
  • Gratis dan mudah. 

Itulah cara broadcast WhatsApp tanpa save nomor. Kamu dapat menggunakannya di WhatsApp Web dengan memakai ekstensi Chrome. Pilih salah satu ekstensi yang aman dan gratis. 

Similar Posts