Cara Menghilangkan Noda di Baju

Cara Menghilangkan Noda di Baju

Secara umum noda pada pakaian adalah sesuatu yang mengganggu penampilan, lho. Maka dari itu, kamu harus tahu cara menghilangkan noda di baju sehingga pakaian yang sedang dikenakan dapat bersih seperti baru.

Sayangnya, banyak orang masih belum tahu soal itu dan bajunya meninggalkan noda membandel yang menempel, bahkan susah dibersihkan. Jangan heran orang lain enggan mengenakan pakaian tersebut akibat terdapat noda yang menempel, sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Noda membandel seperti teh, kopi, minyak, lumpur sampai darah sudah menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi semua orang. Apabila kamu sering mengenakan baju berwarna putih, noda adalah musuh besar yang perlu dihindari.

Namun, jangan khawatir sebab cara menghilangkan noda di baju sangat efektif dan mudah, lho. Kamu bahkan bisa menggunakan berbagai macam bahan alami yang berada di rumah. Meski begitu, perawatannya lebih ekstra dan kamu perlu menyesuaikan pilihan bahan tersebut dengan kebutuhan.

Cara Menghilangkan Noda di Baju
Cara Menghilangkan Noda di Baju

Cara Menghilangkan Noda di Baju

Secara umum bahwa seseorang akan selalu memaksimalkan penampilan setiap hari dengan mengenakan baju berwarna putih. Namun, penggunaan baju berwarna juga bisa membuat penampilan lebih bersih dan rapi.

Siapa sangka bila kamu bisa saja mengalami momen terkena sesuatu yang meninggalkan noda di baju. Maka dari itu, kamu harus tahu cara menghilangkan noda di baju putih dan berwarna dengan benar. Gunanya agar kamu dapat memakainya lagi dan tidak takut terkena noda apapun saat beraktivitas setiap hari.

Terkait:  Cara Gadai di Pegadaian

Langkah 1: Lemon

Cara menghilangkan noda di baju putih dan berwarna bisa dengan menggunakan lemon. Buah ini sudah menjadi salah satu pilihan dengan kadar asam yang tinggi. Cita rasa tersebut bukan hanya digunakan sebagai bahan utama minuman, namun juga menghilangkan noda pada pakaian.

Campur air lemon dengan air hangat, kemudian aduk rata dan rendam baju paling tidak selama 1 jam. Jika sudah direndam, maka kamu bisa membilasnya sampai tiga kali dan keringkan di bawah sinar matahari langsung.

Langkah 2: Asam Cuka Dapur

Apabila kamu mempunyai pakaian putih dengan noda membandel, gunakan asam cuka dapur untuk membasmi noda-noda tersebut. Sifat asam nya mampu menetralisir kotoran yang menempel pada pakaianmu.

Rendam pakaian putih atau berwarna selama satu jam dengan campuran setengah cangkir cuka untuk mendapatkan warna baju seperti baru. Kucek dan bilas dengan air bersih supaya bisa memperoleh hasil maksimal dengan menggunakan deterjen, keringkan di bawah sinar matahari.

Langkah 3: Cairan Pencuci Piring

Cairan pencuci piring biasanya digunakan untuk membersihkan seluruh peralatan rumah tangga, sehingga dapat bebas minyak dan kotoran membandel. Namun, tahukah kamu? Cairan pencuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda menempel di baju, lho.

Caranya dengan mengoleskan sabun nya ke bagian yang terdapat noda, kemudian gosok menggunakan sikat gigi bekas dan bilas sampai benar-benar bersih. Kamu bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari untuk dipakai lagi.

Langkah 4: Aspirin

Umumnya bahwa pakaian putih akan menguning akibat dua faktor, yakni faktor usia atau pemakaian deodoran berlebih. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan aspirin, sedangkan sifat asam pada produknya mampu menghilangkan noda secara alami.

Terkait:  Cara Packing Bubble Wrap

Selain itu, warna dan serat kain pun tidak akan rusak meski digunakan berulang kali, lho. Kamu bisa merendam pakaian ke dalam air hangat dengan campuran aspiring selama 2 jam. Jika sudah direndam, bilas sampai bersih dan keringkan di bawah sinar matahari.

Langkah 5: Garam

Jangan panik bila baju kesayangan terkena noda wine. Sebab, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan garam, lho. Gunakan garam secukupnya dengan menaburnya ke atas noda wine yang membandel.

Gosok secara perlahan dan diamkan beberapa saat sampai zat garam bekerja maksimal untuk menghilangkan noda tersebut. Silakan balikkan baju nya dan gosok lagi dengan lembut sebelum disiram dengan air panas. Cuci baju tersebut dengan detergen dan bilas sampai bersih sebelum dikeringkan.

Langkah 6: Teh Cuka

Apakah kamu tidak sengaja menumpahkan kopi ke baju saat pagi hari? Jangan panik, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan teh cuka. Caranya dengan mencampurkan teh cuka secukupnya dengan dua gelas air hangat.

Basahi titik baju yang terkena noda bekas kopi sampai benar-benar larut secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat dan gosok perlahan untuk memastikan zat asam pada teh cuka bekerja optimal. Jika sudah, cuci dengan air bersih dan detergen agar nodanya dapat terangkat sempurna.

Langkah 7: Aseton

Jika kamu selalu menggunakan cat kuku, biasanya kamu akan selalu memakai aseton untuk hilangkan bekas cat kuku tersebut. Meski begitu, aseton bukan hanya digunakan untuk membersihkan cat kuku melainkan juga menghilangkan noda membandel pada pakaian putih dan berwarna.

Caranya dengan menuangkan aseton ke bagian terkena noda di baju. Kemudian, diamkan selama 20-30 menit sebelum dicuci dengan air dan detergen. Bilas sampai benar-benar bersih dan keringkan di bawah paparan sinar matahari langsung.

Terkait:  Cara Hemat Uang

Langkah 8: Alkohol

Secara umum bahwa cara menghilangkan luntur di baju putih atau berwarna juga bisa diatasi dengan alkohol. Selain itu, noda membandel seperti bekas spidol maupun tinta bocor pun dapat ditangani menggunakan alkohol.

Caranya dengan mengoleskan alkohol ke bagian bekas noda tersebut, kemudian kucek dengan menggunakan detergen. Lakukan sebanyak 2-3 kali sampai nodanya benar-benar hilang, bilas dengan air hingga bersih untuk dikeringkan di bawah sinar matahari dan dipakai lagi.

Langkah 9: Penyedap Makanan

Siapa sangka bila penyedap makanan yang digunakan untuk menambah cita rasa hidangan justru bisa membasmi noda membandel di baju. Bumbu dapur ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan alami menghilangkan noda bercak pada pakaian putih atau berwarna.

Caranya dengan mencampurkan penyedap makanan dengan detergen, kemudian rendam baju terkena noda tersebut paling tidak selama 30 menit. Jika telah direndam, cuci dengan air dan sabun seperti biasa sambil dibilas menggunakan air bersih, berikutnya keringkan di bawah sinar matahari untuk digunakan kembali.

Langkah 10: Baking Soda

Cara menghilangkan noda di baju dengan baking soda juga patut dicoba, lho. Secara umum baking soda hampir sering digunakan sebagai bahan dasar membuat berbagai macam olahan kue. Selain itu, baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran masker untuk membasmi jerawat.

Jika kamu memakainya untuk membasmi noda membandel di baju, maka bisa melarutkannya ke air hangat dan detergen selama 15-20 menit. Apabila sudah selesai, kucek pakaian seperti biasa dan bilas sampai bersih kemudian keringkan di bawah sinar matahari langsung supaya bisa dipakai lagi.

Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan noda di baju putih dan berwarna yang efektif. Kamu bisa menggunakan salah satu bahan alami di atas, sehingga noda membandel dapat hilang dengan cepat dan mudah. Selain itu, pastikan kamu mencegah noda apapun tidak menempel di baju saat beraktivitas setiap hari.

Similar Posts