Cara Nat Keramik

Cara Nat Keramik

Cara nat keramik yang bocor bisa dilakukan sendiri dengan cepat dan mudah, lho. Kamu tidak perlu menghubungi tukang berpengalaman untuk mengatasi masalah tersebut. Nat biasanya digunakan supaya kamu bisa mengatasi kebocoran pada keramik di rumah.

Apabila kamu membiarkannya tetap bocor, biasanya akan muncul masalah yang tidak boleh disepelekan. Selain itu, kamu tidak perlu habiskan uang banyak untuk memperbaiki kebocoran tersebut sehingga keramik dapat dirapatkan dengan sambungan keramik lainnya.

Secara umum fungsi nat keramik sangat penting, khususnya untuk keramik kamar mandi, dapur dan area-area yang selalu terkena air di rumah. Tak bisa dimungkiri fungsinya yang vital membuat nat keramik harus kuat dan tahan dalam jangka waktu yang panjang.

Siapa sangka keramik yang terlalu sering terkena air, serta menggunakan nat kurang berkualitas rentan menimbulkan kebocoran sampai area lainnya. Cara nat keramik bisa dilakukan dengan mudah dan kamu akan tahu titik mana saja yang menjadi pusat kebocorannya.

Cara Nat Keramik
Cara Nat Keramik

Apa Itu Nat?

Nat merupakan celah atau ruang kecil di antara bidang-bidang keramik yang terhubung satu sama lain. Namun, kamu pasti sempat bertanya mengapa celah di antara keramik tersebut tidak diisi dengan menggunakan semen biasa.

Secara umum bahwa semen mempunyai sifat yang cukup keras, sehingga dapat berisiko munculnya retak bahkan pecah terhadap keramik saat digunakan di rumah. Sifat ini berbeda dengan nat yang cenderung fleksibel, di mana bahan pengisiannya adalah mortar instan yang aman untuk keramik itu sendiri.

Terkait:  Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor dengan Ekstensi Chrome

Fungsi Nat

Nat mempunyai berbagai macam fungsi penting dalam menjaga kerapian keramik di rumahmu. Simak fungsi-fungsi nat yang wajib kamu tahu sebagai berikut:

  • Mencegah Rembesnya Air
    Nat mempunyai fungsi penting supaya bisa mencegah rembesnya air pada celah-celah keramik. Pasalnya, nat bisa bekerja sebagai waterproofing terutama pada area yang basah seperti dapur atau kamar mandi.
  • Menambah Estetika Keramik
    Pemakaian nat keramik bisa menambah estetika tersendiri. Kamu harus tahu kalau nat bukan sekadar hadir dalam warna dasar seperti putih atau abu-abu. Sebab, nat berisi mortar instan warna lain sudah tersedia sehingga dapat menyesuaikan dengan warna cat atau keramik.
  • Mencegah Serangga Masuk
    Nat juga bisa mengoptimalkan perekat keramik supaya bisa mencegah masuknya serangga ke rumahmu, lho. Jika tidak menggunakan nat, maka bisa menimbulkan celah-celah kecil sekitar keramik yang bakal digunakan sebagai alas rumah.

Teknik Pemasangan Nat Keramik

Pemasangan nat keramik tidak bisa dilakukan sembarangan, lho. Hal ini dikarenakan siapapun harus tahu teknik-tekniknya sebagai berikut:

  • Open Joint
    Teknik ini diterapkan untuk kamu yang akan memasang nat keramik berukuran lebih dari 3 mm. Secara umum teknik Open Joint bakal selalu diterapkan pada lantai dua supaya lantai keramik bisa tahan lebih lama dan tidak mudah memuai.
  • Closed Joint
    Berbeda dengan Open Joint, teknik Closed Joint justru diterapkan untuk pemasangan nat keramik berukuran kurang dari 3 mm. Umumnya cara nat keramik ini akan dilakukan pada dinding maupun lantai yang tingkat porositasnya cukup rendah.
  • Expansion Joint
    Pemasangan keramik dengan teknik Expansion Joint biasanya akan menyambungkan nat supaya bisa mencegah terjadinya pergeseran elemen maupun struktur yang mampu menimbulkan lantai menggelembung, sehingga tidak dapat diinjak oleh siapapun.

Penyebab Nat Keramik Bocor

Nat keramik bocor biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kualitas nat yang tidak terlalu bagus. Selain itu, pemakaian cairan pembersih dengan kandungan bahan kimia terlalu keras juga berdampak buruk pada nat keramik di rumah.

Terkait:  Cara Menabung di ATM

Kelembapan terlalu tinggi atau rendah sampai terkikisnya nat akibat benda-benda berbau tajam. Apabila masalah ini terjadi di rumah, segera tambal nat tersebut supaya bisa mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, sedangkan cara nat keramik perlu dilakukan demi mengatasi kendala tersebut.

Cara Nat Keramik

Barangkali kamu sedang mencari cara nat keramik agar tidak dapat bocor, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel ini dengan seksama. Kami telah merangkum informasi lengkapnya supaya kamu bisa mengatasi berbagai macam penyebab nat keramik bocor yang sudah disampaikan tadi.

Jika kamu lalai bahkan mengabaikan semua masalah tersebut, rembes sampai kerusakan pasti akan terjadi pada keramik di rumahmu. Kamu harus tanggap saat melihat hal-hal sepele yang menjadi pemicu kebocoran pada nat di sekitar permukaan keramiknya.

Langkah 1: Memeriksa Nat Keramik yang Bocor

Cara nat keramik yang pertama adalah memeriksa bagian yang bocor terlebih dulu. Kamu harus melihat dengan seksama area mana saja yang mengalami kebocoran atau rembes nat keramik. Kamu cukup melihat sela-sela nat, bila terdapat kikisan pada bagian tersebut maka dipastikan bocor.

Jika munculnya cacing kamar mandi melalui sela-sela juga bisa jadi nat keramik mengalami kebocoran yang harus segera ditangani. Apabila nat terkena air, biasanya air tersebut akan masuk ke dalam sela-sela nat dan langsung atasi saat itu juga.

Langkah 2: Membersihkan Nat Keramik sampai Kering

Apabila kamu sudah menemukan titik-titik yang bocor, segera bersihkan nat keramik sampai benar-benar kering. Lantai yang masih basah bakal menyulitkanmu ketika akan menambal nat keramik. Bagi bak kamar mandir, kuras dulu hingga habis dan keringkan dengan kain sampai mengering.

Gunanya supata kamu bisa melakukan penambalan bak dengan benar dan sempurna. Jika ingin lebih mudah, kamu harus menandai setiap titik keramik yang bocor menggunakan spidol sehingga dapat diatasi dengan cepat.

Terkait:  Cara Unreg Kartu Axis

Langkah 3: Membongkar Nat Keramik

Cara nat keramik selanjutnya untuk mengatasi kebocoran adalah membongkar nat keramik. Kami beritahu bahwa pembongkaran hanya dilakukan pada titik-titik yang mengalami kebocoran saja, jangan menyeluruh.

Kamu harus pastikan nat keramik tersebut dibersihkan dengan sempurna sehingga dapat memudahkanmu saat melakukan penambalan. Selain itu, kamu bisa memakai scrapers atau kape untuk mempercepat proses pembongkaran nat keramik yang dibeli di toko-toko bangunan terdekat.

Langkah 4: Menyiapkan Material Penambal Nat Keramik

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan penambal nat keramik yang bocor. Kamu harus menyiapkan semuanya dengan membelinya di toko bangunan terdekat. Kamu bisa menggunakan semen produksi Beruang Perkasa yang direkomendasikan untuk atasi nat keramik bocor.

Semen ini bukan hanya digunakan di tempat kering, melainkan area basah seperti kamar mandi, dapur sampai kolam renang rumah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk elemen tertentu selain keramik seperti granit, marmer, mozaik dan bebatuan alam lainnya.

Langkah 5: Menambal Nat Keramik Bocor

Cara nat keramik terakhir adalah menambal area-area yang bocor dengan benar. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut:

  • Walaupun tampak bersih, sebaiknya lakukan pembersihan ulang keramik di sela-selanya sekali lagi.
  • Bersihkan permukaan nat yang akan ditambal menggunakan kain sehingga bahan pengisi nat tidak dapat menguap.
  • Terapkan pengisi nat ke area yang bocor secara menyeluruh.
  • Gunakan alat bantu supaya bisa menekan nat sehingga lebih kuat dan dapat menempel dengan sempurna.
  • Tunggu beberapa saat sampai bahan pengisi nat keramik benar-benar telah kering.
  • Bersihkan menggunakan lap atau spons bila terkena permukaan lantai.
  • Apabila belum dirasa cukup, lakukan prosedur yang sama sampai nat keramik tidak menimbulkan celah kebocoran lagi.

Demikian tutorial cara nat keramik yang bocor beserta fungsi dan teknik pemasangannya dengan benar. Semoga bermanfaat!

Similar Posts