Cara Mengisi Freon AC Mobil

AC mobil menjadi salah satu komponen penting yang menentukan kenyamanan saat berkendara. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memeriksa kapasitas freon tetap terjaga. Apabila freon nya habis, alangkah baiknya kamu mencari tahu cara mengisi freon AC mobil sendiri agar komponennya dapat bekerja maksimal.

AC mobil biasanya akan bermasalah bahkan rusak bila freon tidak bisa diganti secara berkala. Bahkan, komponen ini tidak pernah menghasilkan udara dingin dan sejuk sehingga dapat menimbulkan rasa kurang nyaman akibat freon nya jarang diisi.

Read More

AC mempunyai peran vital dalam menjaga suhu udara suatu kabin mobil sehingga dapat tetap dingin dan sejuk. Umumnya bahwa ruangan kabin selalu tertutup rapat saat mobil sedang dipakai. Tak hanya itu, AC juga berguna untuk mengatur sirkulasi sekaligus kelembaban udara di dalam mobil.

Jangan heran kalau pemakaian AC mobil akan selalu dibutuhkan saat berkendara. Jika AC mobil ingin tetap bekerja maksimal, sebaiknya kamu tahu cara mengisi freon AC mobil sendiri yang sama seperti pengisian freon AC rumah tangga.

Cara Mengisi Freon AC Mobil
Cara Mengisi Freon AC Mobil

Peralatan yang Diperlukan untuk Isi Freon AC Mobil

Tak sedikit orang bertanya mengapa AC mobil tidak menghasilkan udara dingin dan sejuk, salah satunya adalah freon AC mobil yang menipis bahkan habis. Freon AC habis juga bisa diakibatkan beberapa faktor, seperti pemakaian berlebihan atau kebocoran pada bagian pipa yang tersambung dengan AC.

Freon AC mobil adalah fluida yang bekerja sebagai refrigerant atau senyawa berupa cairan yang menyerap udara panas di dalam mobil, serta mengolahnya menjadi gas dingin supaya bisa membuat suhu udara pada kabin semakin dingin dan sejuk.

Terkait:  Cara Mengisi Saldo ShopeePay di Indomaret

Cara mengisi freon AC mobil sendiri sebenarnya mudah, lho. Kamu harus melakukan persiapan dengan menggunakan peralatan yang dibutuhkan seperti manifold gauge. Alat ini merupakan barang penting yang biasa dipakai untuk memperbaiki AC atau lemari es sebagai pembaca rendah atau tingginya tekanan pada AC dan kulkas.

Alat ini memudahkanmu dalam melihat besaran tekanan freon, apakah manifold gauge menampilkan angka yang rendah atau tinggi, di mana angka 150-250 psl terbilang sangat tinggi, sedangkan kurang dari 50 psl pun sebaliknya.

Apa yang Disiapkan untuk Isi Freon AC Mobil?

Jangan sekadar menyiapkan alat dan bahan saja, sedangkan cara mengisi freon AC mobil sendiri juga membutuhkan persiapan matang supaya kamu bisa melakukannya dengan sempurna seperti berikut, di antaranya:

  • Mengosongkan Sistem AC Mobil
    Jika kamu ingin mengganti freon AC mobil sendiri, pastikan bahwa sistem AC mobil benar-benar sudah kosong. Apabila freon AC sebelumnya belum kosong dan diisi dengan freon AC yang baru, maka bisa menimbulkan masalah terhadap AC mobil.

    Kamu harus mengosongkan freon AC lama sampai habis, lalu diganti dengan yang baru. Kemudian, kamu cari tahu besaran tekanan pada freon terlebih dulu dengan alat manifold gauge. Jika sudah diketahui, kosongkan freon AC lama dengan benar.

  • Membersihkan Sistem AC Mobil
    Apabila sistem AC mobil benar-benar sudah kosong, maka kamu bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner. Gunanya untuk memastikan, menghisap dan menghilangkan semua sisa uap air yang mungkin berada di dalam sistem AC mobil.

    Jika tidak dihilangkan, uap air bakal bercampur dengan udara dan mempercepat proses pembekuan pada freon AC mobil. Risiko penggumpalan es rentan terjadi bahkan merusak sistem pendingin mobil. Kamu cukup membersihkannya selama 15 menit sampai indikator manifold gauge menunjukkan angka 20 psi atau 758,4 mmHg.

  • Melakukan Pelumasan di Kompresor AC
    Langkah terakhir adalah memberi pelumas pada kompresor AC. Jangan melewatkan tahap ini sebelum mengganti freon AC mobil dengan yang baru untuk mengurangi risiko kerusakan terhadap bagian tersebut. Caranya adalah menuangkan oil pelumas sampai 10 cc ke dalam kompresor AC mobil dengan gelas ukur.

    Berikutnya, masukkan selang manifold gauge yang tersambung dengan vakum pada gelas ukur. Kamu bisa langsung membuka kran dengan tekanan rendah secara perlahan sampai oli pelumas masuk ke dalam sistem kompresor AC dengan sempurna.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Secara umum cara mengisi freon AC mobil sendiri sangat mudah, lho. Apabila kamu sudah melakukan persiapan yang disebutkan tadi, maka kamu bisa langsung mengganti freon AC lama dengan yang baru. Kendati demikian, kamu harus memastikan bahwa jenis freon yang akan digunakan benar-benar sesuai dengan jenis mobil nya.

Bagi mobil yang diproduksi tahun 1990-an ke atas biasanya memakai jenis freon R134 yang lebih ramah lingkungan. Jangan pernah menggunakan jenis freon R12 atau R22, di mana keduanya cenderung digunakan untuk AC rumah.

Cara Mengisi Freon AC Mobil di Saluran Tekanan Tinggi

Apabila kamu baru belajar cara mengisi freon AC mobil sendiri, maka bisa mengikuti panduan ini. Tak sedikit orang sering melakukannya sendiri di mana selama proses pengisian freon, kompresor tidak akan bekerja menahan zat pendingin yang cair. Pengisiannya juga bisa membuat katup serta bagian lain pada kompresor tidak akan bekerja terlalu ekstra. Berikut merupakan cara mengisi freon AC mobil di saluran tekanan tinggi, di antaranya:

  • Silakan naikkan dulu tekanan freon dengan memanaskan freon pada alat pengisian khusus (charging station).
  • Kemudian, pastikan bahwa kondisi mesin mobil dan AC sudah mati (turn off).
  • Pastikan alat manifold gauge telah terpasang dengan kran bertekanan rendah tertutup, serta kran bertekanan tinggi yang terbuka.
  • Berikutnya, balikkan tabung freon dulu supaya kamu bisa mengisi freon ke dalam sistem kompresor AC berbentuk cair dengan sempurna.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga proses pengisian freon AC mobil berhasil dan pendingin kabin bisa digunakan ketika berkendara.

Cara Mengisi Freon AC Mobil di Saluran Tekanan Rendah

Secara umum ara mengisi freon AC Mobil di saluran tekanan rendah tidak berbeda dengan tutorial sebelumnya. Penasaran? Berikut merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Nyalakan mesin mobil pada putaran 2000 hingga 3000 RPM, serta hidupkan AC mobil dengan suhu tertinggi.
  • Kemudian, lakukan pengisian freon pada suction (saluran hisap) S / L yang berada pada kompresor AC.
  • Silakan pasang manifold gauge, buka kran tabung freon dan tutup rapat kran bertekanan tinggi.
  • Jika sudah, buka kran bertekanan rendah secara perlahan supaya freon bisa masuk ke dalam kompresor AC dalam bentuk gas.
  • Berikutnya, jangan sampai memasang tabung freon terbalik, bila terbalik akan menimbulkan freon berbentuk cair saat masuk ke dalam kompresor AC. Kondisi ini mengakibatkan kompresor semakin cepat rusak.
  • Lihat besar tekanan freon AC mobil kamu, pastikan indikator bertekanan rendah manifold gauge berada pada kisaran 1,5 s/d 2 bar (21-29 psi), sedangkan indikator bertekanan tinggi berada pada angka 14,5 s/d 15 bar (220 – 231 psi) di mana freon sudah mengisi penuh kompresor AC mobil.
  • Jika pengisian freon bertekanan rendah telah selesai, periksa lagi sampai benar-benar tidak terjadi kebocoran di saluran AC dengan memakai alat khusus, yakni AC Leak Detector.
  • Terakhir, cara mengisi freon AC mobil sudah berhasil dilakukan.

Demikian pembahasan tentang cara mengisi freon AC mobil sendiri yang benar dan mudah. Semoga bermanfaat!.

Rate this post

Related posts