Home » Mengatasi » Penyebab Busi Mobil Hitam

Penyebab Busi Mobil Hitam

Penyebab busi mobil hitam pekat, kira-kira kenapa ya? Salah satu masalah yang dihadapi para pemilik kendaraan, tiba-tiba busi menghitam. Sudah dibersihkan, balik jadi hitam lagi.

Padahal, busi ini merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, terutama dalam sistem pembakaran pada mesin. Busi juga dapat Kalian jadikan indikator terkait dengan performa mesin lho.

Terutama, apakah mesin dalam keadaan sangat baik untuk digunakan berkendara dalam jarak dan jangka waktu tertentu?

Cara yang paling ampuh yaitu dengan memperhatikan warna yang ada di sekitar bagian kepala busi, di mana ada elektroda pada bagian ujungnya.

Dari situlah nantinya Kalian dapat mengetahui kondisi mesin sedang bekerja secara normal, mengalami overheat, atau malah membuat boros bahan bakar. Busi yang masih dalam keadaan baik akan bekerja secara normal, mobil terasa nyaman ketika digunakan berkendara.

Sebenarnya, busi yang menghitam ini adalah akibat murni dari proses pembakaran yang terjadi pada mesin. Seperti yang Kalian ketahui, letak ujung busi sendiri bersama klep berada di ruang pembakaran.

Dalam keadaan pembakaran normal, sekitar ujung busi akan berwarna cokelat keabu-abuan secara merata. Selain itu, tidak ada penumpukan kerak maupun deposit sisa dari hasil pembakaran pada bagian ujung busi.

Kerak pada busi yang berwarna hitam umumnya disebabkan terlalu banyak bahan bakar yang digunakan pada proses pembakaran dan oli yang bocor sehingga masuk ke ruang pembakaran. Kedua hal tersebut mengakibatkan pembakaran pada mobil menjadi tidak sempurna.

Tapi kenapa bisa demikian ya? Agar lebih jelas, mari dibahas satu per satu penyebab busi mobil hitam pekat dan cara mengatasinya!

Penyebab Busi Mobil Hitam

Penyebab Busi Mobil Hitam

Penyebab Busi Mobil Hitam | Freepik.com

Pada intinya, warna busi yang dihasilkan pada elektroda dapat menjadi salah satu cara untuk membaca kondisi mesin mobil yang Kalian miliki.

Kalian perlu waspada apabila menemukan busi dalam keadaan basah dan berwarna hitam pekat, karena dapat dipastikan terdapat suatu hal yang salah pada sistem pembakaran.

Jadi, beberapa alasan yang menyebabkan busi mobil menjadi hitam pekat di antaranya yaitu:

1. Bensin yang masuk ke mesin terlalu banyak

Hal pertama yang menjadi penyebab busi mobil hitam pekat adalah banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam karburator.

Kondisi banjir bensin ini pada mesin pembakaran mobil ini sangat jarang ditemukan pada sistem injeksi, kecuali ditemukan kerusakan untuk bagian sensor.

Dengan adanya campuran bahan bakar yang melimpah, tentu deposit yang dihasilkan menjadi lebih banyak di sekitar ruang pembakaran, termasuk elektroda busi.

Memang tidak akan mempengaruhi keadaan mesin secara langsung, tetapi menyebabkan penggunaan bensin pada mobil Kalian menjadi lebih boros.

Akan tetapi, apabila Kalian biarkan terus menerus, busi akan menjadi semakin basah. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan sistem pembakaran menjadi terganggu.

2. Filter udara kotor dan mampet

Sama halnya dengan banjir bensin pada bagian karburator, filter udara yang mampet juga akan mempengaruhi performa dan kinerja mesin secara langsung.

Filter yang berwarna hitam pekat, menandakan kondisi yang sangat kotor. Deposit yang mengendap tersebut membuat udara menjadi susah masuk ke intake.

Pada keadaan ini, mesin jadi kurang bertenaga dan bensin yang dibutuhkan dalam proses pembakaran lebih boros.

Secara otomatis, kendala tersebut menyebabkan karburator banjir bahan bakar. Tingkat vakum pada karburator semakin besar, karena intake udara yang terhalang kotoran.

Seperti pada kondisi di atas, banjirnya karburator mengakibatkan elektroda busi menjadi berwarna hitam pekat.

3. Kebocoran oli pada mesin pembakaran

Selanjutnya, penyebab busi mobil hitam pekat adalah adanya kebocoran oli ke dalam mesin pembakaran. Bagaimana oli dapat masuk ke sistem pengapian?

Ada beberapa hal yang mengakibatkan oli masuk melalui piston, di antaranya karena boring yang terlepas, seal klep mengalami kebocoran, piston yang sudah aus, maupun ring pada piston yang mulai melemah.

Oli akan masuk ke ruang pembakaran dan menyebabkan proses pengapian menjadi kurang sempurna. Oleh karenanya, busi akan berubah warna hitam pekat.

4. Kualitas dan tipe busi yang tidak sesuai mesin

Hal lain yang menjadi penyebab busi mobil menjadi hitam pekat yaitu kesalahan dalam menggunakan busi pada mobil. Mesin dengan performa tinggi, tentu saja membutuhkan busi yang berkualitas tinggi.

Selan itu, perlu Kalian ketahui bahwa mobil memiliki 2 (dua) tipe busi, busi dingin dan panas. Pemilihan busi yang tidak sesuai menyebabkan pembersihan keramik pada busi menjadi tidak optimal.

Dengan demikian, kerak yang seharusnya dapat terbuang ketika terjadi pembakaran malah menempel di kepala busi. Percikan api menjadi terganggu dan proses pembakaran kurang sempurna. Akibatnya, busi mobil jadi hitam pekat.

5. Ignition bermasalah jadi penyebab busi mobil hitam

Yang terakhir, ignition coil yang lemah dan ignition timing yang lambat juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan busi mobil menjadi hitam.

Lemahnya ignition coil dapat berpengaruh langsung pada besaran bunga api yang muncul pada busi saat melakukan proses pembakaran.

Ketika itu terjadi, pembakaran bahan bakar di saat yang tepat menjadi terganggu dan lebih lambat. Kemungkinan terburuk yang harus diketahui adalah banjir bahan bakar pada karburator. Akibatnya, busi mobil menjadi hitam pekat.

Pada mobil injeksi yang diproduksi sebelum 2012, Kalian pasti pernah mendengar istilah timing light. Alat tersebut berfungsi untuk melakukan pengaturan ignition timing secara manual. Ignition timing juga berpengaruh kepada kinerja mesin dan berlangsungnya proses pembakaran.

Ignition timing yang lambat dapat menyebabkan proses pembakaran menjadi kurang sempurna, sehingga menghasilkan banyak deposit terbuang. Sampah dari sisa pembuangan pembakaran tidak sempurna itulah yang membuat busi menjadi hitam pekat.

Cara Mengatasi Busi Mobil Menghitam secara Permanen

Setelah memahami penyebab yang mungkin terjadi pada busi menghitam, Kalian pasti penasaran dan berusaha mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Bingung bagaimana cara mengatasi busi hitam pekat secara permanen? Beberapa menyatakan bahwa yang pertama kali harus dilakukan adalah membersihkan busi menghitam dengan menggunakan amplas.

Baru diganti businya? Jangan lupa untuk tetap membersihkannya ya!

Lalu, cobalah untuk membersihkan filter. Siapa tahu, filter udara dalam keadaan kotor dan menghambat performa mobil. Ingat, jangan pernah menggunakan air untuk mencuci filter.

Performa filter akan berkurang ketika terkena air. Sudah? Lanjut ke bagian resetting sekrup untuk karburator.

Periksa satu per satu sekrup yang tertera pada karburator. Apabila masalah belum selesai, cobalah untuk melakukan overhoule pada karburator.