Cara Update Play Store

Cara Update Play Store

Mau tau bagaimana cara update play store dengan mudah dan praktis? Tenang, karena pada kesempatan kali ini akan membahasnya secara detail dan tentunya mudah di ikuti. So, simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Play Store ?

Play store merupakan sebuah toko resmi untuk mendownload aplikasi, games, film, musik, buku dan yang lainnya. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna Android dan sduah digunakan di seluruh dunia dengan total unduhan terbanyak. Sedangkan untuk iOS jika ingin mendonwload sebuah aplikasi, games, film, dan yang lainnya melalui AppStore.

Nah jika kamu pengguna android maka kamu bisa langsung mengunduh konten secara langsung dengan menggunakan Google Play Store. Playstore sendiri merupakan sebuah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh perusahaan Google. Untuk itu tak heran apabila ada yang menyebutnya dengan Google Play Store.

Cara selalu mengupdate google play store itu sangat penting bagi semua pengguna Android ya teman-teman, karena dengan kamu melakukan pembaharuan maka akn membantumu untuk bisa mengakses fitur terbaru dan tentu meningkatkan kemanan. Lalu bagaimana cara update play store? Berikut penjelasannya.

Cara Update Play Store

Cara Update Play Store
Cara Update Play Store

Google play store dapat memperbaruinya secara otomatis, namun terkadang di beberapa merk handphone masih belum bisa sehingga kamu perlu melakukan pembaruan secara manual. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu ikuti.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa Telkomsel ke Axis Update Desember 2023

Cara Update Play Store Melalui Pengaturan 

Apabila play store dapat dibuka atau di jalankan maka kamu juga bisa mencoba untuk melihat pembaruan yang tersedia melalui menu di pengaturan play store, dengan cara di bawah ini:

  • Pertama kamu bisa buka aplikasi Play Store di handphone kamu, lalu kamu bisa klik panel menu di sudut kiri atas dan klik Setelan.
  • Selanjutnya pada halaman Pengaturan kamu bisa scroll ke bawah hingga menemukan Versi Play Store.
  • Apabila pembaruan tersedia maka play store akan memulai memperbarui secara otomatis. 
  • Jika play store telah berhasil terupdate maka kamu akan bisa melihat notifikasi yang menyatakan bahwa “Versi Play Store sudah paling terbaru”
  • Selesai.

Cara Update Play Store Dengan Menghapus Data

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meprbarui play store secara otomatis ialah dengan menghapus data. Karena ketika kamu menghapus data maka google secara otomatis akan memerika pembaruan terkini. Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan membuka menu Pengaturan di perangkat Android kamu.
  • Kemudian pada halaman Pengaturan kamu bisa cari menu Aplikasi atau Manager Aplikasi, hal ini tergantung dari jenis HP yang digunakan.
  • Setelah itu pada menu aplikasi kamu bisa pilih Semua.
  • Selanjutnya kamu bisa Scroll ke bawah hingga menemukan menu Aplikasi Google Play Store dan Klik Saja.
  • Nah nanti di Info aplikasi Google Play Store kamu bisa klik Penyimpanan, di layar penyimpanan tersebut kamu bisa tekan Hapus Data.
  • Selanjutnya kamu bisa Restart atau Muat ulang HP kamu dan tunggu hingga Play Store melakukan updatean secara otomatis.
  • Selesai.

Cara Update Play Store Menggunakan File APK

Jadi file APK sendiri merupakan salah satu file aplikasi yang bisa di install secara offline dan dapat dimodifikasi serta bisa dibagikan keteman sesama pengguna Android. Nah dengan file ini kamu dapat mengupdate Aplikasi Google Play Store dengan catatan bahwa file Apk kamu juga sudah berada di versi terbaru.

Terkait:  Biaya Transfer dari Mandiri ke BCA

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama kamu harus menunduh Google Play Store format Apk. Carilah Aplikasi tersebut yang sudah pada versi terbaru saat ini, atau kamu bisa melalui link disini
  • Setelah kamu berhasil mengunduh, segera saja install di Smartphone Android kamu. nanti Google Play Store akan berubah sesuai dengan Apk yang sudah kamu unduh secara otomatis
  • Dengan cara tersebut, nanti kamu tidak akan pusing apabila loading Play Store kamu lama saat update berlangsung
  • Selesai, mudah bukan?

Update Langsung di Aplikasi Google Play Store

Jika dirasa cara diatas masih terlalu rumit, kamu dapat menggunakan cara ini yaitu melalui aplikasinya secara langsung dan kamu tidak perlu untuk mendownload aplikasi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langlahnya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka aplikasi Google Play Store yang ada di Android kamu
  • Kemudian kamu bisa pilih Setting di bagian kiri atas dan klik menu Settings tersebut
  • Setelah itu kamu dianjurkan untuk Scroll ke bagian paling bawah hingga menemukan Play Store Version dan klik menu tersebut
  • Apabila terdaat versi terbaru, nanti akan muncul layar baru untuk meminta izin download dan kamu bisa klik Install versi terbaru
  • Selesai, sangat mudah bukan?

Manfaat Mengupdate Play Store

Diketahui bahwa fungsi dari google play store itu sendiri adalah sebagai toko aplikasi resmu untuk seluruh pengguna yang menggunakan operasi Android, dengan google play kamu dapat menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan oleh Android SDK (Software Development Kit) yang sudah diterbitkan oleh Google.

Selain sebagai toko aplikasi, google play store sendiri memiliki fungsi untuk dapat menemukan musik, film, buku, bahkan acara televisi. Didalam aplikasi yang tersedia terdapat aplikasi yang gratis maupun berbayar, itu semua berdasarkan apa yang kamu butuhkan karena jumlah aplikasinya santalah banyak dan beragam.

Terkait:  Cara Kunci Chat WhatsApp Update Januari 2024

Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Di Buka?

Google play store juga bisa mengalami masalah loh, seperti halna tidak bisa dibuka atau di jalankan. Biasanya permasalahan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal meskipun kamu sudah melakukan update versi terbaru, nah untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mencoba beberapa tips sebagai berikut:

Mengatur Ulang Tanggal dan waktu

Pastikan bahwa tanggal dan waktu di pengaturan di buat secara otomatis, caranya cukup mudah yaitu kamu tinggal masuk ke menu Setelan untuk mengatur ulang tanggal dan waktu tersebut.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Selain mengatur ulang tanggal dan waktu, kamu juga bisa mencoba dengan mengaktifkan mode pesawat. terkadang salah satu terjadinya plau store tidak bisa dibuka karena adanya suatu konektivitas yang terhambat.

Nah untuk itu para pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa saat hingga dapat memperbaiki masalah yang ada.

Memuat Ulang Perangkat

Kamu juga bisa mencoba dengan memulai ulang perangkat, karena terkadang permasalahan dapat diselesaikan dengan cara yang sangat mudah. Para pengguna dapat memperbaiki Play Store cukup hanya dengan Me-restart saja.

Sangat disarankan apabila kamu melakukan penginstallan maupun penghapusan aplikasi untuk memuat ulang perangkat, dengan begitu sistem akan dapat menyesuaikan perangkat sepenuhnya terhadap perubahan tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai cara update play store dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya, see u!

Similar Posts