Home » Indosat » Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Kamu harus tahu bahwa cara menonaktifkan kartu Indosat sama seperti mendaftarkannya saat kalian membeli pertama kali.

Tak bisa dipungkiri bahwa siapa saja yang memakai provider seluler seperti Indosat pasti punya alasan tertentu untuk mematikannya.

Selain itu, Indosat termasuk salah satu kartu ponsel yang masih eksis sampai sekarang dimana jumlah penggunanya terbilang banyak daripada merek SIM card lain yang beredar luas di pasaran saat ini.

Untuk menonaktifkan kartu Indosat sebenarnya tidak sulit, kalian harus mengikuti dan menyimak ulasan ini sampai akhir karena kami akan membantu kamu dalam menjaga keamanan dengan mematikan SIM card tersebut.

Kami juga bakal memberi tahu alasan apa saja yang paling sering diutarakan para pengguna Indosat sehingga mereka bahkan kamu sendiri harus menonaktifkannya dan mungkin mengganti kartu ponsel dengan provider baru.

Sebelum itu, kita juga harus tahu bahwa fungsi utama sebuah ponsel adalah untuk bisa mendukung kebutuhan tentang komunikasi di masyarakat.

Jika dulu hanya bisa menggunakan surat, sekarang sudah bisa menggunakan ponsel untuk memberi kabar dengan kerabat atau teman yang jauh dalam waktu yang sangat singkat. Namun, hal itu hanya bisa berjalan lancar jika ada dukungan dari kartu SIM.

Antara ponsel dengan kartu SIM adalah dua benda yang tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan. Orang bertukar nomor kartu SIM untuk bisa saling memberi kabar. Selain untuk berkomunikasi, dengan adanya kartu SIM kamu juga bisa bebas berselancar di dunia internet.

Dengan berkembangnya teknologi, semua ponsel canggih sudah dihadirkan dengan adanya fitur dual SIM. Ponsel-ponsel tersebut menerapkan fitur ini supaya konsumen merasa lebih betah lagi menggunakan ponsel tersebut.

Sebelum membahas tentang cara menonaktifkan kartu indosat, maka akan disampaikan beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Peraturan Pemerintah terkait Kartu SIM

Meskipun ponselmu merupakan tipe dual SIM atau triple SIM, tetap saja kamu akan dibatasi maksimal penggunaan kartu SIM. Adanya peraturan baru dari pemerintah, membuatmu harus mentaati peraturan tersebut. Peraturan tersebut yaitu para pengguna kartu SIM harus meregistrasi nomor kartu tersebut.

Dengan adanya peraturan ini, pastinya sangat bisa melindungi data milikmu dan juga bisa mengawasi atau memonitor aktivitas pengguna kartu. Masalah pembatasan penggunaan kartu SIM, karena pemerintah hanya memperbolehkan masyarakat meregistrasi maksimal tiga kartu SIM saja. Peraturan tersebut berlaku untuk semua jenis kartu SIM, termasuk salah satunya Indosat.

Tapi kamu tenang saja, kamu tetap bisa menggonta ganti kartu SIM mu dengan cara menonaktifkannya atau di unreg. Ini cocok buat kamu yang ingin memiliki kartu SIM lebih dari tiga. Lalu, bagaimana cara menonaktifkan kartu Indosat? Nanti akan saya jelaskan kok, stay terus ya di artikel ini.

Dengan menonaktifkan kartu Indosat, kamu bisa menggunakan dan mendaftarkan kartu Indosat yang lainnya. Tidak hanya Indosat saja yang bisa menonaktifkan kartu SIM, melainkan semua operator seluler juga memiliki fitur unreg yang sudah terlanjur kamu daftarkan.

Pentingnya Ada Peraturan Baru Terkait Kartu SIM

Sebelum adanya peraturan ini, para pengguna kartu SIM sering terjadi penipuan. Atau mereka sering juga menerima tawaran-tawaran aneh dan berita-berita yang tidak ada kebenarannya. Dengan begitu pengguna ponsel di Indonesia merasa tidak nyaman. Karena itulah pemerintah menetapkan peraturan tersebut. Kamu meregistrasi kartu SIM mu dengan mencantumkan data nomor NIK dan nomor KK mu.

Jika kamu perlu mengganti-ganti kartu kuota yang setiap bulan harus diganti, kamu tidak perlu khawatir. Seperti yang sudah saya katakan tadi, kamu bisa dengan mudah melakukan unreg atau menonaktifkan kartu SIM tersebut. Lalu Bagaimana dengan kartu Indosat? Apakah cara menonaktifkan kartu Indosat cukup mudah? Yuk langsung saja kalian simak baik-baik.

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Menonaktifkan Kartu Indosat | Freepik.com

Kartu Indosat kalian bisa dinonaktifkan dengan cepat dan mudah. Pengguna Indosat dapat mematikan kartu ponselnya dengan menghubungi customer service maupun mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada nomor operator terkait.

Kalian pasti bisa memahami dan menyelesaikan semua prosedurnya untuk menghapus semua data panggilan maupun pesan kepada kontak yang masih tersedia. Langkah mudah dan tepat yang bisa dilakukan adalah :

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat via SMS

  • Buka menu Message atau Pesan dari smartphone kalian.
  • Kirim pesan dengan format UNPAIR#Nomor Kartu Keluarga.
  • Masukkan nomor penerima yaitu 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga operator seluler menonaktifkan kartu Indosat kamu.

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat via Customer Service

Apabila kalian masih kurang yakin terhadap langkah di atas, maka kamu bisa datang langsung ke gerai resmi Indosat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gerai Indosat selalu menerima keluhan maupun pertanyaan dari semua pelanggan sekaligus pengguna setianya.

Kamu bisa bertanya langsung mengenai penghapusan nomor ponsel untuk dinonaktifkan jangka panjang. Petugas bakal membantu kalian dalam menonaktifkan SIM card tersebut.

Mengapa Kartu Indosat Dinonaktifkan Penggunanya?

Tak menutup kemungkinan bahwa terbesit dalam benak kalian soal faktor-faktor yang membuat pengguna Indosat menonaktifkan SIM card mereka.

Hal ini dikarenakan nomor KTP atau nomor KK yang sudah didaftarkan rupanya terlampir pada tiga nomor Indosat berbeda, sedangkan kondisi ini telah mencapai batas maksimal.

Kamu bahkan tidak diizinkan memakai nomor KTP serta nomor KK serupa bila membeli kartu Indosat baru dan harus menggunakan punya orang lain.

Kalian perlu menggarisbawahi bahwa nyaris semua operator seluler mana saja mulai memberlakukan proses registrasi memakai nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga.

Selain itu, mayoritas provider seluler apapun sudah menyediakan layanan menonaktifkan SIM card yang boleh dilakukan kapan saja dan dimana saja oleh para penggunanya.

Kamu bisa mengikuti cara menonaktifkan kartu Indosat di atas untuk mematikannya bila sudah mengalami kondisi yang kami sebutkan sebelumnya, terutama bila nomornya selalu diintai orang tidak bertanggung jawab.