Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah jaringan internet yang terus berubah saat sedang digunakan? Untuk kamu pengguna smartphone Vivo, berikut ini artikel yang menjelaskan beberapa cara kunci jaringan 4G Vivo. Cekidot..

Jaringan internet tercepat saat ini dan sudah tersedia hampir di seluruh daerah di Indonesia adalah jaringan 4G. Salah satu masalah yang seringkali dirasakan oleh pengguna jaringan ini adalah jaringan yang tidak stabil dan naik turun. Kamu sebagai pengguna smartphone Vivo tentu harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Cara ampuh agar jaringan 4G tetap stay adalah dengan menguncinya.

Nah, kira-kira apa saja sih keunggulan jaringan internet 4G? Berikut ulasannya.

Pengertian dan Keunggulan Jaringan 4G

Istilah 4G merujuk pada jaringan seluler generasi ke-4, yaitu penerus dari generasi sebelumnya yaitu 3G. Penggunaan kata 4G selalu disandingkan dengan singkatan LTE, atau Long Term Evolution. LTE adalah teknologi basis standar yang menunjukkan bahwa kamu sedang berada di jaringan 4G. Jika di bar layar ponsel kamu tertulis LTE, itu artinya ponsel kamu sedang dalam kondisi menangkap jaringan internet 4G.

Meskipun saat ini jaringan 5G sudah tersedia di Indonesia, namun ketersediaannya masih sangat terbatas. Lain halnya dengan jaringan 4G yang sudah tersedia di berbagai tempat. Keunggulan dari jaringan 4G adalah akses internet yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G. Kecepatan internet untuk mengunduh atau download data mencapai 100 Mbps, sedangkan untuk upload mencapai 75 Mbps. Kecepatan internet tersebut memungkinkan kamu untuk streaming dengan lancar, bermain online game bebas jeda, hingga menonton film dengan kualitas HD.

Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G Samsung

Jaringan 4G yang cepat juga dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Terutama bagi pekerja yang tidak bisa lepas dengan internet seperti pebisnis, ojek online, YouTuber, dan lain sebagainya. Semua membutuhkan jaringan internet yang lancar jaya agar komunikasi dapat berjalan dengan baik tanpa tertinggal satu info apapun.

Meskipun banyak keunggulan yang ditawarkan oleh jaringan 4G, ternyata ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jaringan 4G. Apa sajakah itu?

Kekurangan Jaringan 4G

Berikut ini beberapa kekurangan jaringan 4G pada smartphone yang sering dirasakan oleh penggunanya.

Kekurangan pertama yaitu boros kuota. Saat kita sedang melakukan streaming video, sistem akan otomatis melakukan buffering. Buffering adalah proses download video yang sedang dilihat. Karena menggunakan jaringan 4G, maka proses buffering terjadi sangat cepat. Misalnya kita tidak tertarik menonton suatu video dan hanya menonton selama 2 menit saja, setelah itu beralih ke video lainnya. Sedangkan proses download/buffering sudah mencapai 10 menit. Maka ini berarti kita sudah menyia-nyiakan kuota untuk men-download video yang tidak ditonton sampai menit ke 10.

Kekurangan lainnya yaitu jangkauan jaringan 4G yang belum tersedia di seluruh daerah di Indonesia. Pengadaan jaringan 4G membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pembangunan fasilitas yang dibutuhkan untuk menyediakan jaringan 4G diutamakan ke daerah-daerah yang mayoritas penduduknya membutuhkan internet. Hal ini pula yang menyebabkan pengguna smartphone kesulitan mendapatkan akses jaringan 4G di daerah pelosok. Meski begitu, permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi dengan kerja sama antara 2 operator berbeda. Misalnya XL dan Axis. XL telah bekerja sama dengan Axis sejak April 2014. Kerja sama ini tentu akan meringankan biaya operasional pembuatan fasilitas jaringan 4G karena tiap operator akan iuran untuk fasilitas yang sama.

Kekurangan terakhir dari penggunaan jaringan 4G adalah dibutuhkan perangkat khusus untuk menangkap jaringan 4G. Pengguna ponsel jadul yang belum memiliki fitur penangkap jaringan 4G tidak bisa menikmati layanan akses cepat internet dari jaringan 4G. Namun, untuk kamu yang tidak ingin mengganti ponsel, kamu bisa mencoba menggunakan modem yang sudah support 4G.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G

Nah, itu dia beberapa keunggulan dan kekurangan dari penggunaan jaringan 4G. Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna smartphone Vivo agar bisa mengunci jaringan 4G di ponsel? Simak uraiannya berikut ini.

Syarat Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Vivo

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna sebelum menerapkan cara mengunci jaringan 4G di ponsel Vivo, yaitu sebagai berikut:

Jenis dan Kondisi Ponsel

Tidak semua jenis ponsel mendukung jaringan 4G. Meskipun smartphone keluaran terbaru saat ini sudah dipastikan dapat mengakses jaringan 4G dengan baik, namun smartphone jadul hanya bisa mengakses jaringan 3G. Jika begini, maka kamu perlu mengganti jenis ponsel terbaru yang mendukung akses jaringan 4G. Selain jenis ponsel, kondisi ponsel juga perlu diperhatikan. Pasalnya, penggunaan jaringan 4G sangat menguras baterai. Alasan ini jugalah yang menjadikan smartphone keluaran terbaru memiliki baterai yang tahan lama.

Jenis SIM Card

Jenis dan kondisi ponsel sudah mendukung penggunaan jaringan 4G, tapi internet tidak dalam status 4G? Mungkin ada yang salah dengan jenis SIM Card yang digunakan. Beberapa pengguna lama SIM Card pastilah sering menghadapi masalah ini. Sebab sebelum muncul jaringan 4G, seluruh SIM Card hanya di-setting hingga penggunaan jaringan 3G saja. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat bisa menggunakan jaringan 4G. Cara pertama adalah dengan mengganti kartu yang digunakan dengan yang baru. Kekurangan dari cara ini adalah kamu harus melakukan registrasi ulang kembali dan nomor SIM Card sudah pasti berubah.

Cara kedua adalah dengan meng-upgrade SIM Card yang kamu miliki. Cukup datangi gerai operator kartu SIM terkait, kemudian mintalah kepada petugas disana untuk melakukan upgrade kartu kamu ke 4G.

Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Kondisi Jaringan

Supaya jaringan 4G dapat diakses, tentu kamu harus berada pada daerah yang memiliki jaringan 4G. Ponsel yang sudah di-setting ­untuk menangkap jaringan 4G tidak dapat digunakan jika tidak berada di daerah dengan jaringan 4G. Jadi, pastikan untuk tetap berada di wilayah pro 4G.

Ketersediaan Kuota

Setelah seluruh syarat diatas terpenuhi, maka syarat terakhir yaitu ketersediaan kuota internet. Jika kamu tidak berada di lingkungan yang dapat mengakses wifi, maka ketersediaan kuota internet terutama jenis 4G adalah suatu keharusan untuk bisa mengakses jaringan 4G.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo
Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo via Kode Rahasia

  • Nyalakan ponsel Vivo milik kamu.
  • Masuk ke menu panggilan dan buka papan tombol panggilan atau dial pad.
  • Ketikkan kode *#*#4838#*#* dan tekan OK atau panggil.
  • Selanjutnya akan muncul halaman menguji.
  • Pilih Informasi Telepon.
  • Kemudian ubah setel jaringan menjadi LTE Only.
  • Ponsel Vivo siap digunakan untuk akses jaringan 4G.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo via Menu Setting

  • Nyalakan ponsel dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk mengakses jaringan 4G.
  • Pilih Setelan Kartu SIM.
  • Pilih Mode Jaringan.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa jenis jaringan yang bisa diakses oleh ponsel Vivo milikmu. Pilih 4G.
  • Selesai dan ponsel Vivo ter-setting menggunakan jaringan 4G.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo via Aplikasi Bantu

Cara terakhir agar bisa mengakses jaringan 4G adalah dengan menggunakan aplikasi bantu. Aplikasi ini harus di download terlebih dahulu di Google Play Store atau di App Store. 3 aplikasi yang direkomendasikan untuk kamu yaitu 4G LTE Switch, Force LTE only, dan Setting database editor. Untuk penggunaan masing-masing aplikasi tidak jauh berbeda.

  • Download aplikasi bantu, kemudian install. Kamu bisa download disini.
  • Buka aplikasi dan pilih fitur penguncian khusus untuk jaringan 4G LTE.
  • Aktifkan fitur tersebut.
  • Jaringan 4G sudah terkunci.

Sekian informasi cara kunci jaringan 4G Vivo yang bisa kamu ikuti. Jangan takut untuk mencoba karena banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Share artikel ini jika dirasa bisa membantu orang lain dan sampa jumpa. Bye bye..

Similar Posts