Cara Melihat Tipe HP Vivo

Cara Melihat Tipe HP Vivo yang Cepat dan Mudah, Begini Caranya

PindahLubang.com | Vivo Indonesia memang tidak pernah berhenti meluncurkan beragam tipe smartphone baru, sedangkan banyak orang terkadang sulit membedakan setiap perangkatnya. Namun, kamu bisa melakukan cara melihat tipe HP Vivo untuk mengetahui perbedaan ponselnya masing-masing.

Vivo merupakan salah satu vendor smartphone terkemuka asal Negeri Tirai Bambu, Cina yang semakin populer di Indonesia. Eksistensinya bersama saudaranya, Oppo membuat Vivo tidak pernah sepi peminat berkat tipe-tipe smartphonenya yang menawarkan fitur canggih dan keren.

Vivo memang sering meluncurkan berbagai macam model smartphone, sayangnya banyak orang sulit membedakan setiap unitnya karena tampilannya hampir sama satu sama lain.

Oleh karena itu, kamu harus tahu cara melihat tipe HP Vivo dengan benar. Jika kamu berencana membeli smartphone Vivo baru, alangkah baiknya prosedur tersebut perlu diperhatikan.

Jadi, kamu bisa mendapatkan ponsel pintar buatan Vivo sesuai dengan model dan tipe yang diinginkan. Tak hanya itu, smartphone yang dibeli pun sama seperti budgetmu saat ini.

Cara Melihat Tipe HP Vivo

Cara Melihat Tipe HP Vivo
Cara Melihat Tipe HP Vivo

Perusahaan Vivo Indonesia semakin gencar memasarkan berbagai macam ponsel pintar untuk seluruh kalangan masyarakat saat ini. Tak bisa dimungkiri kalau semua produknya punya model dan warna hampir sama, sehingga keberadaannya dapat membingungkan banyak orang.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo U10

Walaupun demikian, cara melihat tipe HP Vivo bisa dicoba sehingga kamu menemukan smartphone yang sesuai dengan budget. Selain itu, kamu pun dapat memastikan kalau perangkatnya adalah HP Vivo asli di mana setiap tipe perangkatnya punya keunikannya masing-masing.

Langkah 1: Buka Menu Telepon

Cara melihat tipe HP Vivo pertama yang bisa dilakukan adalah membuka menu Telepon atau Phone dari smartphone kamu. Penggunanya bisa menggunakan layanan dial up untuk mengetahui semua detail tentang HP Vivo yang sedang dimiliki sekarang. Selain itu, pemeriksaan melalui panggilan telepon ini tidak dikenakan biaya atau pulsa alias gratis, lho.

Langkah 2: Ketik *06#

Jika kamu sudah masuk ke dalam menu telepon, cara melihat tipe HP Vivo selanjutnya adalah mengetik *#06#. Kode USSD ini biasanya digunakan untuk mengetahui model dan tipe smartphone semua merk secara lengkap, lho. Kemudian, kamu cukup tekan tombol Call atau OK yang warna hijau di bagian bawah untuk menuju tahap selanjutnya.

Langkah 3: Cek IMEI HP Vivo

Cara melihat tipe HP Vivo selanjutnya adalah menunggu untuk memeriksa nomor IMEI smartphone yang sedang kamu gunakan sekarang. Jika muncul menu pop-up secara otomatis, detail IMEI akan terlihat pada layar ponsel, tekan dan tahan untuk menyalinnya dengan menekan tombol Salin atau Copy.

Langkah 4: Buka Situs Resmi Vivo

Kalau IMEI sudah disalin, cara melihat tipe HP Vivo berikutnya yakni mengakses situs resmi vendor smartphone tersebut via www.vivo.com/id/support/IMEI melalui peramban browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya) yang biasa kamu gunakan. Website ini bisa dipakai untuk memeriksa tipe sampai keaslian HP Vivo kamu, lho.

Langkah 5: Ketahui Tipe HP Vivo

Masukkan IMEI yang sudah disalin tadi ke dalam kolom tersedia pada website tersebut. Kalau IMEI benar-benar sama dan terdeteksi, tekan tombol Kirim atau Send. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan tentang nama perangkat, model, tipe dan keaslian nomor IMEI HP Vivo yang sudah dicek sebelumnya.

Terkait:  Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus Lewat Internet, Aman!

Cara Melihat Tipe HP Vivo Lewat Pengaturan

Jika kamu tidak sempat mengetahui tipe smartphone Vivo dengan menggunakan IMEI, mungkin perlu mencoba cara melihat tipe HP Vivo melalui pengaturan perangkat seperti panduan di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Klik Model atau Model Number.
  • Tipe HP Vivo akan langsung ditampilkan pada menu tersebut secara otomatis.
  • Jika informasinya tidak muncul, pilih menu Software Information atau Informasi Perangkat Lunak untuk ketahui detailnya lebih lanjut.

Cara Lihat Tipe HP Vivo Lewat Dusbook

Dusbook atau kotak perangkat merupakan sebuah box untuk memuat semua komponen perangkat HP Vivo yang sedang kamu gunakan sekarang.

Kalau HP Vivo yang sedang digunakan adalah ponsel baru, maka bisa mengetahui tipe nya dengan memperhatikan bagian belakangnya. Di sana, kamu akan melihat semua informasinya mulai dari tipe sampai kapasitas penyimpanan RAM/ROM HP Vivo.

Cara Lihat Tipe HP Vivo Lewat Aplikasi CPU-Z

Pengguna HP Vivo juga bisa mengetahui informasi lengkap mengenai ponselnya mulai dari model sampai tipe dengan menggunakan aplikasi CPU-Z secara gratis. Jika kamu tidak tahu prosedurnya, simak cara lihat tipe HP Vivo yang benar di bawah ini:

  • Download aplikasi CPU-Z via Google Play Store secara gratis.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi CPU-Z.
  • Kalau aplikasi CPU-Z sudah terpasang dan terbuka, pilih menu Perangkat atau Device.
  • Informasi tentang model sampai tipe HP Vivo kamu akan langsung muncul secara otomatis.

Cara Lihat Tipe HP Vivo Lewat Aplikasi AIDA64

Untuk mengetahui tipe HP Vivo dengan aplikasi justru bukan sekadar mengandakan CPU-Z saja, tapi kamu juga bisa menggunakan aplikasi AIDA64 guna mengecek detail smartphone Vivo yang sedang digunakan. Berikut cara lihat tipe HP Vivo dengan aplikasi AIDA64 yang perlu kamu tahu, yakni:

  • Download aplikasi AIDA64 melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Pilih menu Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Jika aplikasinya baru saja dibuka, pilih menu System pada halaman utamanya.
  • Klik Model.
  • Terakhir, detail HP Vivo kamu secara keseluruhan akan ditampilkan secara otomatis.
Terkait:  Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Realme Semua Tipe, Mudah!

Cara Lihat Tipe HP Vivo yang Mati Total

Apakah kamu ingin tahu tipe HP Vivo yang mati total? Kondisi ini terkadang menyulitkanmu untuk mengetahui informasi perangkatnya secara detail. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena cara lihat tipe HP Vivo yang mati total bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Pertama, buka case belakang lokasi penyimpanan baterai HP Vivo.
  • Lepaskan baterai, kemudian periksa baterai perangkatnya. Umumnya ada tulisan mengenai model dan tipe HP Vivo.
  • Kemudian, keterangan mengenai nomor IMEI dan kode produksi pun bakal disematkan pada bagian tersebut.
  • Jika ingin memeriksa IMEI untuk mengetahui keaslian HP Vivo, maka bisa mengikuti panduan yang sudah kami sampaikan di atas.

Cara Lihat Tipe HP Vivo yang Terkunci

Kalau HP Vivo kamu terkunci, sedangkan kamu tidak sempat mengetahui tipe smartphone nya maka bisa mengikuti tutorial lengkapnya di bawah ini:

  • Pastikan HP Vivo mempunyai data baterai mencukupi, kalau sudah diperiksa tentu saja langsung matikan perangkatnya.
  • Kalau HP Vivo sudah dimatikan, tekan tombol Power dan Volume Up dalam waktu yang sama sampai masuk ke Fastboot Mode.
  • Jika muncul Recovery Mode, buka layar HP Vivo yang terkunci akibat lupa password dengan reset ulang perangkatnya.
  • Kemudian, tekan tombol Wipe Data untuk menghilangkan semua data pada perangkat tersebut.
  • Silakan tunggu beberapa saat HP Vivo melakukan restart secara otomatis.
  • Jika perangkat sudah melakukan restart, tipe HP Vivo bisa dicek melalui menu Pengaturan Pabrik atau Factory Setting.

Demikian pembahasan lengkap seputar cara melihat tipe HP Vivo dengan aplikasi dalam keadaan normal sampai mati total yang wajib kamu tahu. Semoga membantu!

Similar Posts