Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Cara membersihkan RAM HP Xiaomi adalah suatu hal yang bertujuan untuk memperluas kapasitas penyimpanan perangkat tersebut. Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone Android yang memiliki berbagai macam fitur dan layanan berkualitas.

Xiaomi bukan sekadar punya fitur terbaik, tapi memori internal atau RAM yang besar. Jadi, penggunanya bisa download sekaligus menyimpan berbagai macam aplikasi atau file apa saja di dalamnya. Kamu bisa mengakses dan membukanya kapan saja bahkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan.

Read More

Walaupun Xiaomi mempunyai RAM cukup besar, tapi justru banyak penggunanya masih mengeluh performa perangkatnya lemot dan selalu hang.

Jadi, kamu harus tahu cara membersihkan RAM HP Xiaomi karena proses pembersihannya sama dengan Android lainnya mulai dari Samsung, Oppo, dan sebagainya.

RAM tersebut tidak boleh dibiarkan sampai penuh, di mana dampaknya terlihat jelas terhadap kinerja ponselnya nanti. Kamu bisa menyisakan jarak paling tidak 10% s/d 20% dari jumlah memori internal keseluruhannya agar performanya tetap normal.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi
Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Bisakah RAM HP Xiaomi Ditambah?

RAM HP Xiaomi tidak jauh beda dengan semua smartphone mana pun. Kamu tidak bisa menambah atau menguranginya. Pasalnya, memori internal merupakan ruang penyimpanan permanen yang sudah disematkan oleh produsen perangkatnya dan tidak bisa diganti seperti PC.

Apa yang Membuat RAM HP Xiaomi Cepat Penuh?

Penyebabnya disebabkan oleh kelalaianmu sendiri sebagai pengguna perangkatnya. RAM cepat penuh biasanya diakibatkan oleh file cache atau sampah yang menumpuk, database WhatsApp tidak pernah dihapus, file tidak penting terlalu banyak, dan sebagainya.

Terkait:  Biaya Bersihin AC

Apa Saja Aplikasi yang Membuat RAM HP Xiaomi Cepat Habis?

Kamu tidak bisa download semua aplikasi ke HP Xiaomi. Hal ini dikarenakan memori internalnya bakal terkuras habis dan performa perangkat pun semakin lemot. Beberapa aplikasi yang membuat RAM cepat penuh antara lain Facebook, WhatsApp, LINE, Instagram, dan aplikasi serupa lainnya.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Barangkali kamu belum tahu kalau cara membersihkan RAM HP Xiaomi bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi ketiga. RAM adalah memori internal perangkat yang disematkan oleh setiap produsen smartphone sesuai dengan tipe ponselnya masing-masing.

Xiaomi sudah didukung kapasitas penyimpanan variatif mulai dari 2 GB sampai 256 GB. Namun, kamu tetap harus memperhatikan semua aplikasi dan data yang tersimpan, sehingga RAM dapat dibersihkan untuk membuat ruang memorinya tetap luas dan kinerjanya selalu kencang.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Hapus Cache

Siapapun mungkin sudah tahu kalau cache adalah data sampah yang tidak dianjurkan untuk tetap disimpan pada smartphone dalam jangka panjang.

Jika kamu tidak menghapusnya, maka bisa membuat HP Xiaomi lebih lemot dan cepat hang. File tersebut biasanya berasal dari penggunaan aplikasi atau website yang selalu digunakan setiap hari, kemudian tersimpan ke foldernya dan sudah terdapat pada perangkatnya.

Simak cara membersihkan RAM HP Xiaomi dengan menghapus cache di bawah ini:

  • Jika cache nya berasal dari browser, buka Google Chrome terlebih dulu.
  • Kemudian, tekan tombol titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Riwayat atau History.
  • Klik Bersihkan Data Browsing atau Clear Browsing Data.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai semua riwayat data pencarian akan langsung terhapus secara otomatis.
Terkait:  Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Bloatware

Blotware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang pada suatu smartphone. Beberapa ponsel pintar kecuali perangkat Android One dan Pixel sudah didukung oleh fitur tersebut.

Jika HP Xiaomi kamu tiba-tiba hang dan selalu lemot, kemungkinan besar disebabkan oleh keberadaan aplikasinya. Tak bisa dimungkiri kalau kamu harus langsung menghapusnya guna menjaga performa perangkat tetap kencang setiap hari.

Berikut cara membersihkan RAM HP Xiaomi melalui Bloatware di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Xiaomi.
  • Silakan tentukan aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses tersebut.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Update OS

Beberapa smartphone biasanya meluncurkan update sistem operasi (OS) secara berkala yang memuat tentang perbaikan bug.

Walaupun kamu bisa saja tidak melihat perbedaan yang signifikan, namun update OS bakal mengurangi kinerja perangkat yang lemot. Kalau HP Xiaomi kamu mempunyai RAM hampir habis, langkah ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Oleh karena itu, ikuti cara membersihkan RAM HP Xiaomi melalui update sistem operasi perangkatnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Setelan atau Setting melalui HP Xiaomi kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Kemudian, muncul keterangan mengenai sistem operasi perangkat apakah perlu diperbarui atau tidak.
  • Jika butuh perbaruan, ikuti instruksi selanjutnya sampai OS perangkatnya benar-benar sudah di update secara otomatis.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Pembersih MIUI

HP Xiaomi sudah dibekali fitur pembersih untuk menghapus semua data tidak penting yang tersimpan pada perangkat.

Jadi, kamu tidak selalu wajib download aplikasi cleaner untuk membersihkan semua data tersebut dari ponselnya. Pembersih MIUI sendiri mampu bekerja efektif memindai data atau file apa saja yang benar-benar tidak digunakan lagi pada perangkatnya, lho.

Terkait:  Cara Menghapus Cache di Xiaomi

Gunanya supaya kamu bisa menggunakan HP Xiaomi lebih nyaman tanpa lag dengan mengikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Keamanan atau Security terlebih dulu.
  • Pilih menu Pembersih atau Cleaner.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai aplikasinya memindai semua data atau file sampah yang menumpuk dan sudah tidak terpakai pada perangkatnya.
  • Kalau proses scanning sudah selesai, klik Bersihkan Sekarang atau Clean Now.
  • Terakhir, semua data dan file tidak penting akan terhapus secara otomatis.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Aplikasi

Jika kamu ingin memaksimalkan kinerja perangkat yang sedang digunakan, maka bisa download aplikasi ketiga bernama Files by Google melalui Play Store secara gratis.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus data cache yang menumpuk. Kami beritahu kalau aplikasi tersebut sudah terbukti aman dan tidak akan menyimpan data pribadimu.

Daripada penasaran, ikuti cara membersihkan RAM HP Xiaomi menggunakan aplikasi Files by Google berikut:

  • Download aplikasi Files by Google via Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi Files by Google.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, tekan tab Files untuk membersihkan sekaligus menghapus semua data cache yang tersimpan.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai semua file tersebut sudah terhapus secara otomatis.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Lewat Kartu Memori

Micro SD adalah kartu memori eksternal yang bisa digunakan kalau kamu benar-benar sudah tidak bisa memasang aplikasi atau menyimpan data lain ke HP Xiaomi. Perangkat tersebut dilengkapi slot memori eksternal sehingga kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Demikian panduan lengkap seputar cara membersihkan RAM HP Xiaomi semua tipe untuk meningkatkan kinerja perangkat dengan mudah. Jika ponselmu selalu lemot dan hang, sebaiknya ikuti tips-tips dari kami di atas untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts