Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung

Cara menyembunyikan file di hp Samsung sangatlah mudah. Mungkin bagi kamu yang ingin menyembunyikan file sepert foto, video, atau dokumen masih belum tahu bagaimana cara menyembunyikan file tersebut.

Khusus bagi kamu pengguna ponsel merek Samsung, caranya sangat mudah,  karena Samsung sendiri sudah memiliki fitur pendukung untuk menyembunyikan file. Kamu tinggal mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Bagi sebagian orang mungkin memiliki privasi atau file snsitif tersendiri mengenai isi dari ponselnya. Maka dari itu, beberapa dari mereka memillih untuk menyembunyikan file tersebut agar tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Meskipun mereka sudah mengunci ponsel mereka, tapi akan lebih aman lagi jika file privasi tersebut disembunyikan dan hanya pemiliklah yang mengetahui cara membukanya.

Berikut, ada empat cara menyembunyikan file di hp Samsung. Silakan simak beberapa cara di  bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung

Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung
Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung

Agar privasi di hpmu lebih terjaga, maka amankan file tersebut atau kamu juga bisa menyembunyikannya dengan menggunakan fitur atau aplikasi yang ada di hp Samsungmu.

Berikut ada empat cara menyembunyikan file di hp samsung yang bisa kamu pilih untuk menyembunyikan file di hp mu. Pilihlah cara yang menurutmu paling mudah dan juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Menyembunyikan File Menggunakan Fitur Folder Aman

Samsung telah menyediakan fitur folder aman atau Secure Folder, di mana para penggunanya bisa menyembunyikan ffile beruupa dokumen, aplikasi, dan file media berupa foto dan video.

Berikut cara menggunakan fitur Folder Aman di ponsel Samsungmu.

  • Buka mene Settings, pilih Biometrics and Securty, plih Folder Aman
  • Setelah membukanya, kamu diharuskan untuk login akun Samsungmu
  • Setelah itu, pilih mode penguncian. Pilihah sesuai yang kamu inginkan baik menggunakan PIN, pola, password,  atau fingerprint
  • Aturlah otomatisasi penguncian “folder aman” ke opsi “each time I leave an app”. Maka Folder Aman otmatis akan terkunci apabila kamu keluar dari fitur Folder Aman
  • Kemudian pilihlah aplikasi atau file media seperti foto dan video yang ingin kamu  sembunyikan
  • Lalu, klik titik tiga di pojok  kanan bawah layar dan muncul beberapa opsi, pilihlah “Move to Secure Folder/Pindah Folder Aman”
  • File, aplikasi, foto dan video pun berhasil disembunyikn di Folder Aman
Terkait:  Cara Mengganti Sandi IG yang Lupa

Jika kamu sudah selesai menyembunyikan foldermu, lalu kamu perlu mengetahui cara membukanya Folder Aman. Caranya adalah kamu tinggal membuka aplikasi Folder Aman dan kamu akan diminta memasukkan kode kunci yang sebelumnya sudah kamu pilih, baik itu PIN, password, pola, atau fingerprint.

Menyembunyikan File Menggunakan Aplikasi File Manager

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan file di hp Samsung adalah dengan menggunakan aplikais File Manager. Kamu tidak  perlu mendownloadnya, karena aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Samsung.

Pada aplikasi ini, kamu bisa menyembunyikan file berupa dokumen, foto, dan juga video. Folder berisi data-data tersebut nantinya tidak akan muncul di menu File Saya.

Berikut cara menyembunyikan file tersebut menggunakan aplikasi File Manager.

  • Buka aplikasi File Manager di hpmu
  • Pilihlah folder yang ingin kamu sembunyikan, bisa berupa dokumen, foto, dan juga video
  • Simpan file yang sudah kamu pilih dalam satu folder, boleh juga disimpan sesuai kategorinya
  • Ubahlah nama folder tersebut dengn klik menu Opsi
  • Klik Rename dan tambahkan tanda titik (.) di depan nama file tersebut. Misal kamu ingin mengubah nama file tersebut menjadi (Foto Rahasia) maka tambakan tanda titik di depan nama tersebut menjadi (.Foto Rahasia)
  • Filemu pun sudah berhasil disembunyikan

Kamu pun sudah berhasil menyembunyikan file di hp Samsung pada aplikasi File Manager. Cara membukanya kembali adalah dengan membuka menu Pengaturan di File Saya untuk menampilkan file yang tersembunyi. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi File Manager
  • Klik ikon titik tiga di sudut kanan atas
  • Pilih Pengaturan/Setelan
  • Klik Tampilkan File yang Tersembunyi, pilih non-aktifkan fitur Hidden file dan geser toggle aktivasi di sampingnya
  • Folder yang sebelumnya kamu sembunyikan kembali muncul
Terkait:  Cara Menyembuyikan Aplikasi

Itulah cara menyembunyikan file melalui aplikasi File Manager.

Menyembunyikan File Menggunakan Google Foto

Cara selanjutnya adalah cara khusus untuk menyembunyikan foto dan video, yaitu melalui Google Foto. Biasanya aplikasi ini sudah otomatis terpasang jika kita menggunakan hp baru atau semacam aplikasi bawaan.

Google Foto ini ternyata juga memiliki fitur foto dan video yang terkunci. Sehingga jika kamu ingin menyembunyikan foto atau video bisa melalui  Googe Foto. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Google Foto di hpmu
  • Kemudian pilih opsi Galeri di  bagian sudut kiri bawah dan pilih opsi Utilitas
  • Masuk ke opsi Siapkan Folder Terkunci dan pilih Siapkan
  • Kembali ke menu Galeri dan pilihlah foto dan video yang akan disembunyikan
  • Lalu klik ikon titi tiga di sudut kanan atas
  • Pilih Pindahkan ke Folder Terkunci
  • Selesai

Foto dan video yang sudah disembunyikan  telah berpindah dari galeri utama ke Folder Tersembunyi.  Namun, kamu perlu mengetahui jika kamu meng-uninstall aplikasi Google Foto dari hpmu, makan semua file yang masih disembunyikan akan hilang.

Jadi, jika kamu ingin uninstall aplikasi Google Foto, sebaiknya foto dan video yang berada di Folder Tersembunyi  tersebut dipindahkan dari foder tersembunyi dan kembali disimpan seperti  foto dan video lainnya  yang bisa diihat oleh siapapun.

Menyembunyikan File Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya jika kamu ingin menyembunyikan file di hp Samsung adalah dengan mengunduh aplikasi lain di Playstore.  Cara ini  bisa kamu gunakan jika kamu belum berhasil menyembunyikan file melalui fitur bawaan Samsung.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan file di hpmu khususnya adalah file berupa foto yaitu, 1Gallery,  Keep Safe Photo Fault, Calculator (Photo  Fault), Gallery Lock (Hide Pictures), dan lain sebagainya.

Terkait:  Harga Samsung Galaxy A71 Terbaru

Untuk masalah keamanan jika kamu menggunakan aplikasi-aplikasi untuk menyembunyikan file tersebut, biasanya aplikasi tersebut juga menggunakan kunci yang hanya bisa diakses oleh pemilik hp.

Bahkan, ada beberapa aplikasi yang memberikan proteksi lebih. Namun, kamu harus menggunakan aplikasi tersebut yang versi premiun. Namun, mimin lebih menyarankan menggunakan fitur bawaan Samsung agar lebih aman.

Untuk cara menggunakan aplikasinya berbeda-beda tergantung aplikasi yang kamu gunakan. Kurang lebih caranya sama seperti cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jangan lupa untuk membuat kunci folder yang berbeda dengan cara membuka hpmu agar lebih aman dan orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menyembunyikan file di hp samsung mu. Jika ingin menyembunyikan dokumen dan juga foto atau video, maka gunakanlah aplikasi bawaan dari Samsungnya yaitu menggunakan Folder Aman dan File Manager.

Namun,  jika kamu hanya ingin menyembunyikan foto atau video maka kamu bisa menggunakan Google Foto atau Aplikasi lain yang bisa kamu unduh di Playstore.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke pengguna Samsung lainnya.

Related posts