Cara Membersihkan RAM HP Samsung

RAM mempunyai peran penting dalam suatu smartphone. Jika RAM tidak punya kapasitas mumpuni, maka kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel pintarmu dengan baik. Jadi, alangkah baiknya kamu ketahui cara membersihkan RAM HP Samsung yang benar.

Seperti kamu tahu kalau suatu smartphone akan bekerja maksimal kalau didukung memori internal alias RAM dengan kapasitas besar. Tak bisa dimungkiri kalau sekarang banyak HP Samsung sudah dibekali ruang penyimpanan sampai puluhan, bahkan ratusan GB.

Read More

Kalau HP Samsung kamu sudah mempunyai RAM cukup besar, tapi tetap saja lemot bahkan kurang respon terhadap perintahmu maka bisa cek cara membersihkan RAM HP Samsung. Kamu mungkin tidak menyadari kalau memori internalnya penuh karena dirimu sendiri.

Siapa sangka kalau pemakaian aplikasi terlalu banyak atau fitur-fitur bawaan lain pun berdampak terhadap RAM yang semakin menipis. Oleh karena itu, kamu juga perlu tahu manfaatnya demi memaksimalkan kinerja memori internal HP Samsung yang sedang digunakan sekarang.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung
Cara Membersihkan RAM HP Samsung

Manfaat RAM

RAM bukan sekadar bekerja sebagai memori internal suatu smartphone, lho. Bagian ini memiliki berbagai macam manfaat penting lainnya yang wajib kamu tahu sebagai berikut:

  • Mengurangi Waktu Pembersihan RAM
    Kamu memang harus meningkatkan performa smartphone setiap hari, sehingga dapat merespon segala keinginan yang dilakukan melalui perangkat tersebut. Jika tidak pernah dibersihkan, HP akan lemot dan hang.

    Kalau HP Samsung kamu punya kapasitas RAM cukup besar, tentu saja jangan terlalu sering membersihkan sampah yang tersimpan di dalamnya.

    Pemilik smartphone Samsung yang memorinya banyak cukup melakukannya paling tidak 3-5 kali sehari, berbanding terbalik dengan mereka yang punya HP Samsung dengan RAM kecil.

  • Multitasking
    Kalau HP Samsung smartphone kamu punya kapasitas RAM cukup besar, biasanya beberapa aplikasi bisa dibuka dalam waktu yang sama. Jika smartphone punya memori internal semakin besar, dipastikan bahwa kegiatan multitasking bukan suatu hal yang bermasalah lagi.

    HP Samsung dengan dukungan RAM mencapai ratusan GB tentu saja mendukung aktivitasmu untuk membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Jadi, kamu mampu menyelesaikan pekerjaan apapun dengan cepat dan mudah.

  • Mengakses Aplikasi dan Game Berat
    Jika kamu menggunakan HP Samsung dengan RAM cukup besar, biasanya aplikasi dan game berat mampu diakses lebih cepat dan mudah. Belakangan ini sebagian besar developer games online semakin sering meluncurkan aplikasi tersebut dengan kapasitas memori cukup banyak.

    Kalau HP Samsung kamu memiliki ruang penyimpanan internal lebih besar, aplikasi atau game online berat apapun pasti bisa dibuka lebih mudah. Jadi, kamu dapat memainkannya tanpa khawatir lemot bahkan hang.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung

Jika membahas tentang Samsung, kamu pasti sudah tahu kalau vendor smartphone Android asal Korea Selatan ini selalu meluncurkan berbagai macam model dan tipe ponsel pintar berkualitas. Tak hanya itu, kapasitas RAM nya pun terbilang lebih besar dibandingkan merk Android mana pun.

Walaupun demikian, banyak penggunanya tidak tahu kalau cara membersihkan RAM HP Samsung bisa dengan atau tanpa aplikasi seperti HP Android mana pun mulai dari Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lainnya yang memori internalnya perlu dikelola secara berkala.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung dengan Device Care

Device Care merupakan fitur bawaan pada HP Samsung yang berguna untuk menunjang sistem perawatan perangkat tersebut. Tak hanya itu, layanannya juga bisa memudahkanmu dalam melihat sekaligus menambah kapasitas penyimpanan internal dari smartphone ini, lho.

HP Samsung dengan RAM cukup besar pun bisa semakin kencang kalau data dan sampahnya dibersihkan dengan fitur tersebut.

Simak cara membersihkan RAM HP Samsung dengan Device Care yang benar di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Perawatan Perangkat atau Device Care.
  • Kemudian, kalau tombol tersebut sudah ditekan maka kamu bisa melihat berbagai macam menu atau opsi yang tersedia.
  • Klik Memori atau Memory.
  • Pilih menu Hapus Sekarang atau Delete Now.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan kalau proses pembersihan RAM sudah selesai.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung dengan Manajemen Aplikasi

Jika kamu belum paham menggunakan Device Care, mungkin perlu cek cara membersihkan RAM HP Samsung melalui manajemen aplikasi. Fitur ini merupakan salah satu layanan di mana kamu bisa tahu aplikasi bawaan atau unduhan apa saja yang sudah terpasang pada perangkat tersebut.

Sementara itu, kamu sendiri akan tahu daftar aplikasi yang benar-benar jarang bahkan sudah tidak digunakan lagi agar dapat di uninstall. Berikut langkah-langkah sederhana untuk kamu ketahui, di antaranya:

  • Pertama, buka menu Setelan atau Setting via HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi atau Applications Management. Akan tetapi, opsinya bisa saja berbeda sesuai dengan model atau tipe HP Samsung yang kamu miliki.
  • Cari salah satu atau beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.
  • Jika aplikasinya sudah dipilih, klik Hapus Memori atau Clear Memory.
  • Pilih menu Paksa Berhenti atau Force Stop supaya bisa mencegah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang.
  • Terakhir, segera cek jumlah RAM HP Samsung dan kapasitasnya akan langsung bertambah secara otomatis.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung dengan Hapus Cache

Cache alias file sampah merupakan hasil penggunaan aplikasi atau website dari suatu smartphone. Jika kamu baru saja menggunakan salah satu dari mereka, file tersebut akan langsung tersimpan ke dalam perangkat secara otomatis.

Kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja karena kalau file cache menumpuk terlalu banyak, biasanya ponsel pun akan hang dan lemot. Jadi, kamu bisa mencoba cara membersihkan RAM HP Samsung dengan hapus cache secara keseluruhan sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pembersih atau Cleaner dari HP Samsung kamu.
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai fitur bawaan ini memindai semua file cache yang tersimpan pada perangkatnya.
  • Jika proses scanning sudah selesai, muncul detail kapasitas memori yang bisa dibersihkan.
  • Klik Bersihkan Sekarang atau Clean Now.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai proses pembersihan RAM nya selesai.

Cara Membersihkan RAM HP Samsung dengan Menonaktifkan Animasi

Kalau HP Samsung kamu menggunakan animasi, tentu saja penggunaannya tidak boleh dilakukan jangka panjang. Hal ini dikarenakan fitur tersebut akan membutuhkan RAM cukup besar. Cara membersihkan RAM HP Samsung selanjutnya adalah dengan menonaktifkan animasi dan transisi sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan atau Setting via HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Tekan Build Number.
  • Berikutnya, muncul keterangan Selamat! Kamu sekarang menjadi Pengembang atau Congratulations! You are now a Developer.
  • Buka Pengaturan lagi.
  • Pilih menu Pengembang atau Developer.
  • Perhatikan Windows Animation Scale, Transition Scale, dan Animator Duration Scale.
  • Silakan tekan salah satu tombol yang diinginkan.
  • Klik Matikan Animasi atau Animation Off.
  • Terakhir, ikuti perintah selanjutnya sampai animasi dan transisi berhasil dinonaktifkan.

Demikian informasi lengkap tentang cara membersihkan RAM HP Samsung tanpa aplikasi agar tidak hang dan lemot yang wajib kamu coba. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Hapus Cache di HP Samsung

Related posts