Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Kunci pintu yang macet dan tidak bisa dibuka tentu saja membuatmu merasa kesal. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan beritahu cara membuka kunci pintu yang macet dengan mudah dan praktis.

Jika kamu sedang terburu-buru untuk masuk ke dalam rumah, tapi pintunya tidak bisa terbuka biasanya akan membuang tenaga dan waktu. Akan tetapi, kondisi tersebut mampu diatasi kalau kamu bisa mengikuti tips dan trik dari kami untuk mengatasi problematika tersebut hanya dalam sekejap saja.

Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet
Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Kunci pintu sudah menjadi salah satu alat pelindung di setiap rumah. Jadi, setiap pemiliknya harus teliti ketika memasangnya agar tidak tertukar dan dapat dibuka secara normal. Sayangnya, banyak orang kerap kali mengalami kondisi di mana kunci pintu rumahnya sulit terbuka karena macet.

Jika kamu sering menghadapi situasi tersebut, sebaiknya temukan jawabannya melalui panduan cara membuka kunci pintu yang macet di mana semuanya akan kami jabarkan lewat pembahasan artikel selanjutnya.

Langkah 1: Menggunakan Kunci Ketok

Secara umum cara membuka kunci pintu yang macet bisa dilakukan dengan mudah. Orang-orang biasanya selalu menggunakan kunci ketok kalau sedang menghadapi masalah tersebut.

Mereka sering memanfaatkannya guna mencegah kendala ini terjadi. Walaupun demikian, kamu harus tahu sistem penggunaannya terlebih dulu.

Siapa sangka kalau teknik tersebut bisa merusak pintu kalau kualitas pintu rumahmu tidak bagus. Kunci ketok sendiri merupakan kunci yang mampu masuk melalui lubang mana saja, namun berbeda dengan kunci duplikat.

Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Langkah 2: Menggunakan Oli

Cara membuka kunci pintu yang macet berikutnya adalah menggunakan oli. Biasanya kunci pintu rumah yang sulit dibuka disebabkan oleh karat yang terdapat di dalam lubang kuncinya.

Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan oli untuk mengatasi masalah tersebut. Jika kamu sulit mendapatkannya, maka bisa menggunakan cairan pembersih dengan bahan dasar anti karat.

Kamu hanya perlu membuka kap mesin, kemudian tarik tongkat pengukur olinya dan teteskan oli yang sudah menempel pada tongkat ke kunci untuk membukanya.

Langkah 3: Memakai Alat Pembobol Kunci

Kamu bisa membeli alat pembobol kunci di toko bangunan terdekat. Selain itu, harganya tidak terlalu mahal sehingga kamu dapat membuka kunci pintu rumah yang sulit terbuka. Jika kamu belum tahu cara menggunakan alat tersebut, ikuti prosedurnya di bawah ini:

  • Pertama, masukkan dan putar alat pembobol kunci ke dalam kunci rumah.
  • Arahkan alatnya ke arah pin lubang kunci rumah.
  • Lakukan sampai kunci rumah benar-benar dapat dibuka.

Kamu juga bisa membuat alat pembobol kunci sendiri, yakni menggunakan gunting atau tang maupun logam keras yang mampu dimanfaatkan sebagai pengungkit.

Langkah 4: Menggunakan Obeng dan Sekrup

Cara membuka kunci pintu yang macet dan tidak bisa dibuka selanjutnya adalah menggunakan obeng beserta sekrup. Jika kamu belum pernah melakukannya, simak panduannya sebagai berikut:

  • Pertama, lepas sekrup yang terdapat pada sisi dalam kunci pada handle pintu.
  • Ganti kunci lama dengan kunci baru yang ukurannya sama dengan kunci sebelumnya.
  • Kemudian, pasang kunci baru dengan memasukkan batang besi pada posisi lubang handle dan pasang setiap sekrup dari badan kuncinya.
  • Jika sudah dipasang, pasangkan handle kunci lagi dengan di sekrup pada posisi lubang yang sudah disediakan.
Terkait:  Cara Membuka Pola HP Vivo

Langkah 5: Memakai Kunci L

Jika kunci pintu rumahmu macet dan tidak bisa dibuka, sebaiknya gunakan kunci L untuk mengatasinya. Akan tetapi, kalian hanya dapat menggunakan alat tersebut pada jenis pintu bergagang bulat saja.

Kamu perlu menyiapkan satu set kunci L untuk memulai prosedurnya, kemudian masukkan kunci tersebut pada lubang kunci dan gerakkan secara maju mundur sampai kamu merasakan alatnya sudah menyentuh sesuatu. Kalau kunci L sudah berada pada posisi yang tepat, maka pembuka pintu bisa dibuka secara perlahan.

Langkah 6: Menggunakan Palu Karet

Cara membuka kunci pintu yang macet berikutnya adalah memanfaatkan palu karet. Namun, kalau kamu ingin menarik kuncinya alangkah baiknya menggunakan tang atau tangan.

Kedua gerakan tersebut bertujuan untuk membuat bagian dalam kuncinya lebih longgar, sambil kamu menarik gagang pintu rumahnya. Jika kamu merasa sudah longgar, lakukan gerakan menarik dan masukkan sampai pintunya benar-benar bisa ditarik dan dibuka, jadi kamu bisa masuk ke dalam rumah lebih leluasa.

Langkah 7: Melepas Kenop

Jika bagian kenop pintu tidak memiliki sekrup, maka kamu bisa membuka bagian rumah tersebut dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, temukan slot pada bagian dalam dari kenop pintunya. Di sini, kamu bisa melihat lubang berukuran sangat kecil yang bentuknya menyerupai persegi panjang. Kamu dapat memutarkannya hingga kuncinya benar-benar keluar.
  • Siapkan obeng dan peralatan lainnya. Kamu wajib menyiapkan obeng kepala data kalau ingin membuka sekrup pintu yang terlihat di bagian dalamnya. Pastikan obeng tersebut mempunyai ukuran yang sama dengan kembang pada sekrupnya.
  • Kamu juga perlu menghilangkan sekrup kembang, sehingga kamu dapat menurunkan plat kenop pintu. Kemudian, hapus plat yang baru saja dibuka dan kunci pintunya pun bakal langsung terbuka.
Terkait:  Biaya Buka Tabungan BRI

Langkah 8: Melepas Bagian Silinder dalam Kunci

Jika kunci pintu rumah sudah macet bahkan benar-benat tidak bisa dibuka, alangkah baiknya kamu melepas bagian sildernya dengan mengikuti panduan berikut:

  • Lepas bagian sekrup yang menahan kunci dengan menggunakan obeng berdasarkan ukurannya.
  • Jika menggunakan obeng berbentuk kepala datar, lepaskan silinder dan kamu bisa mencoba apakah arahnya sama dengan jarum jam atau tidak. Ketika bagian spindle berhenti berputar, maka bisa mendorongnya pelan-pelan.
  • Keluarkan silinder dengan hati-hati. Kalau silindernya tidak terlihat, gunakan senter atau flashlight dari smartphone agar dapat dilihat lebih jelas. Jika sudah terlepas, kunci pintu yang macet bisa langsung dibuka.

Langkah 9: Mendorong dan Menarik Kunci

Cara membuka kunci pintu yang macet berikutnya adalah mendorong dan menariknya dengan pelan-pelan. Kamu bisa memukulnya menggunakan palu karet sehingga tidak dapat merusak bagian tersebut, kemudian kuncinya bisa ditarik dengan tanganmu sendiri.

Tujuannya untuk memastikan apakah kunci pintunya benar-benar sudah longgar atau belum sambil menarik kenopnya. Kemudian, kamu hanya menarik atau mendorong pintunya sampai kunci terlepas dan tidak macet lagi seperti sebelumnya.

Langkah 10: Memanggil Ahli Kunci

Kalau semua langkah di atas tidak membuahkan hasil yang memuaskan, cara membuka kunci pintu yang macet terakhir adalah memanggil tukang atau ahli kunci berpengalaman. Kamu harus menyiapkan budget sesuai dengan kinerja dan waktu pengerjaannya.

Walaupun demikian, langkah ini bisa dibilang aman dan efektif karena orang tersebut sudah ahli dalam mengatasi masalah tersebut. Bahkan, waktu pengerjaannya pun tidak lama supaya kamu bisa masuk ke rumah dengan mudah dan kuncinya dapat digunakan seperti biasa.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara membuka kunci pintu yang macet sehingga kamu dapat keluar masuk rumah dengan leluasa. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts