Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Bagaimana cara mengaktifkan GPS di HP Vivo? Global Positioning System alias GPS merupakan sebuah fitur yang terdapat pada HP Android maupun iPhone yang berguna untuk melacak lokasi ponsel. Jika kamu menghidupkan layanan ini, lokasi keberadaan perangkat akan terdeteksi oleh satelit.

Beberapa orang selalu menganggap kalau pemakaian GPS akan menghabiskan daya baterai. Tak bisa dimungkiri sebagian besar pengguna smartphone hampir tidak pernah mengaktifkannya karena dikhawatirkan dapat menyedot konsumsi daya berlebih.

Read More

Siapa sangka kalau GPS mempunyai fungsi penting yang tidak bisa disepelekan, lho. Jika HP kamu hilang, sebaiknya gunakan fitur tersebut untuk melacak keberadaannya.

Jika kamu mematikan GPS maka tidak bisa membagikan lokasi alias sharelock dengan orang terdekat. Cara mengaktifkan GPS di HP Vivo sendiri hampir sama dengan smartphone Oppo, lho.

Kamu bisa menggunakan setelan perangkat sampai status bar untuk menyalakannya. Jadi, siapapun tidak perlu download aplikasi ketiga untuk sekadar menghidupkan lokasi perangkat secara otomatis.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo
Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Akurasi GPS

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi GPS dalam melacak suatu lokasi melalui smartphone, di antaranya:

  • Jaringan
    Bukan rahasia umum kalau mayoritas smartphone hampir sering mendapatkan informasi lokasi terkini melalui jaringan. Jika koneksi kurang stabil bahkan buruk, maka semua data atau informasi penting tidak bisa didapat dengan cepat.

    Fitur GPS yang sudah diaktifkan pun akan sulit membaca dan mendeteksi lokasi keberadaan perangkatmu saat ini. Jadi, kamu sendiri tidak dapat membagikan keterangan tempatmu sekarang melalui platform kepada siapapun.

  • Chip GPS
    Faktor selanjutnya yang mempengaruhi tingkat akurasi GPS adalah chip fitur tersebut. Jika kondisinya sudah rusak, perangkatnya hanya mampu menangkap informasi lokasi via koneksi nirkabel saja.

    Sementara itu, datanya pun belum tentu benar karena chip GPS sudah tidak bagus dan kemungkinan besar informasi lokasi yang didapatkan kurang akurat. Jangan pernah membagikan lokasi keberadaanmu saat ini kalau bagian tersebut benar-benar sudah rusak.

  • Cuaca
    Saat sinyal radio sedang bergerak di antara satelit dan bumi, cuaca buruk seperti badai dan hujan bisa meredam sinyal. Kondisi ini tentu saja akan menghambat pelacakan informasi tentang lokasi keberadaanmu maupun HP yang sedang digunakan.

    Di samping itu, GPS ponsel justru bisa bekerja lebih akurat dan efektif ketika cuaca cerah bahkan tidak berawan. Sinyal pun akan mendeteksi lokasi terkini dengan tingkat akurasi lebih tinggi daripada saat cuaca buruk.

  • Bangunan
    Jika kamu bertempat tinggal di suatu lokasi yang dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi, situasi ini bisa mencerminkan snyal, lho.

    Jika kamu hampir tidak bisa melihat langit akibat banyaknya bangunan-bangunan yang menjulang tinggi, fitur GPS akan sulit bekerja dengan baik.

    Kondisi ini justru berbanding terbalik dengan mereka yang menetap di wilayah tertentu seperti pantai atau pedesaan, tidak ada gedung pencakar langit dan GPS bisa mendeteksi lokasi yang akurat.

Manfaat GPS

Jika berbicara mengenai GPS, biasanya orang-orang akan beranggapan kalau fitur tersebut hanya sekadar bekerja untuk mendeteksi lokasi keberadaanmu sekarang agar dibaca oleh satelit.

Padahal, manfaatnya bukan itu saja karena fitur tersebut punya peran penting pada jaman sekarang. Berikut beberapa manfaat mengaktifkan GPS yang wajib kamu tahu, di antaranya:

  • Bisa melacak keberadaan seseorang atau suatu tempat dengan aplikasi Google Maps.
  • Bisa melacak smartphone yang hilang atau tertinggal di tempat tertentu.
  • Jika kalian sering menggunakan e-commerce maupun marketplace di Facebook, fitur ini bisa melacak barang yang dijual dan tersedia di lokasi terdekatmu.
  • Bisa memudahkan aplikasi transportasi online dalam menemukan letak keberadaanmu sebagai lokasi penjemputan dan tujuan.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Cara mengaktifkan GPS di HP Vivo bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa download aplikasi via Google Play Store untuk menggunakan fitur tersebut. GPS sudah menjadi salah satu bagian penting yang hampir tidak bisa dipisahkan pada jaman sekarang, lho.

Jika kamu belum tahu cara menyalakan fitur GPS melalui smartphone Vivo, apalagi untuk akurasi tinggi sebaiknya ikuti panduan artikel kami selanjutnya. Kami akan membantumu agar layanannya dapat diaktifkan dan lokasinya mampu terdeteksi secara akurat.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo Lewat Pengaturan

Metode pertama yang menjadi cara mengaktifkan GPS di HP Vivo adalah dengan menggunakan pengaturan ponselnya. Kamu cukup membuka menu setelan perangkat, kemudian mencari akses lokasi sehingga fitur GPS dapat diaktifkan secara otomatis.

Walaupun demikian, setiap tipe smartphone Vivo mungkin saja punya prosedur aktivasi berbeda, tapi sebagian besar penggunanya selalu mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Vivo.
  • Pilih menu Keamanan dan Lokasi atau Security and Location.
  • Geser ke bawah sampai muncul menu Lokasi atau Location.
  • Kemudian, pastikan fitur GPS muncul pada menu tersebut.
  • Geser toogle ke arah kanan sampai berwarna hijau untuk memastikan kalau GPS sudah aktif.
  • Terakhir, fitur GPS bisa digunakan untuk melacak dan mencari lokasi keberadaan perangkat secara akurat.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo Lewat Status Bar

Jika kamu ingin mencoba cara mengaktifkan GPS di HP Vivo lebih mudah, gunakan status bar dengan mengusap layar utama perangkat dari atas ke bawah.

Beberapa orang hampir sering melakukannya untuk menyalakan fitur tersebut tanpa akses setelan perangkatnya. Fitur GPS pada status bar biasanya terdapat pada opsi Lokasi, kalau tombol tersebut ditekan maka layanannya bisa aktif secara otomatis.

Kalau GPS belum diaktifkan, ikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Buka HP Vivo kalian terlebih dulu.
  • Usap layar ponsel dari atas ke bawah secara perlahan, pastikan status bar muncul dengan jelas.
  • Cari menu Lokasi atau Location dari daftar opsi yang terdapat pada status bar.
  • Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan GPS.
  • Terakhir, fitur GPS sudah aktif dan bisa digunakan untuk melacak lokasi dari HP Vivo.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo Akurasi Tinggi

Jika HP Vivo kamu tidak bisa mendeteksi suatu tempat secara akurat, sebaiknya cek cara mengaktifkan GPS di HP Vivo untuk akurasi tinggi dengan benar. Kami beritahu kalau prosedurnya sedikit berbeda dengan dua panduan yang sudah dibahas sebelumnya.

Kamu harus menyalakan fitur GPS untuk mendapatkan hasil pelacakan lokasi lebih akurat dan tepat. Bagaimana caranya? Berikut langkah mudahnya yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Buka Pengaturan atau Setting dari HP Vivo.
  • Pilih menu Lokasi atau Location.
  • Klik Mode Lokasi atau Location Mode.
  • Pilih menu Akurasi Tinggi atau High Accuracy.
  • Cek jaringan perangkat, pastikan dalam keadaan bagus dan stabil.
  • Kemudian, perbarui perangkatmu ke versi terbaru dengan tekan tombol Pengaturan Tambahan atau Additional Setting.
  • Klik Buat Cadangan dan Atur Ulang.
  • Pilih menu Pulihkan Data (Atur Ulang) Semua Pengaturan.
  • Jika tombol tersebut ditekan, semua data dan media yang tersimpan akan tetap aman bahkan tidak terhapus.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan fitur GPS bisa dipakai untuk memberikan hasil akurasi yang tinggi.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengaktifkan GPS di HP Vivo dan manfaat fitur tersebut yang wajib kamu tahu. Jika kamu belum pernah menyalakan GPS pada smartphone Vivo, gunakan salah satu panduan kami di atas untuk mendapatkan hasil akurasi yang tinggi. Semoga membantu!

Rate this post
Terkait:  Vivo V11 vs Vivo V11 Pro

Related posts