Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo

Bagi para pengguna smartphone mungkin sekarang tidak bisa lepas dari penggunaan GPS. Sayangnya, banyak orang masih belum tahu cara mengaktifkan GPS di HP Oppo yang benar. Tak heran sebagian besar penggunanya, bahkan kamu sendiri selalu mendapatkan petunjuk lokasi yang salah.

Kamu pun tidak dapat melacak keberadaan suatu tempat, baik langsung atau dengan aplikasi secara akurat. Tak hanya itu, kamu akan sulit berpergian ke lokasi tertentu karena informasi yang didapatkan kurang tepat akibat tidak mengandalkan GPS.

Read More

GPS biasanya selalu dibutuhkan untuk beberapa aplikasi yang mengandalkan layanan lokasi, salah satunya transportasi online seperti GoJek, Grab, dan sebagainya. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara mengaktifkan GPS di HP Oppo sehingga kamu dapat melacak lokasi tertentu.

Jika kamu sering pergi ke luar kota, alangkah baiknya fitur tersebut sering diaktifkan. Kalau GPS tidak pernah dihidupkan, dikhawatirkan kamu akan tersesat sekaligus membuang tenaga dan waktu karena sulit mencapai tempat-tempat yang dituju.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo
Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo

Pengertian GPS

GPS (Global Positioning System) merupakan sistem yang bisa digunakan untuk menentukan lokasi para penggunanya lewat alat tracking khusus, salah satunya melalui smartphone Android seperti HP Oppo dengan mengandalkan satelit.

GPS pertama kali dibuat dan diluncurkan di Amerika Serikat, meski pada perkembangannya bahwa China dan Rusia juga punya sistemnya sendiri untuk melacak sekaligus menentukan lokasi. Sistem GPS di China disebut BeiDou, sedangkan di Rusia bernama GLONASS.

Terkait:  Cara Aktivasi OVO di Tokopedia

Sistem Penggunaan GPS di Android

Penggunaan GPS untuk sistem pelacakan maupun penentukan lokasi memang kurang efektif. Akan tetapi, banyak orang masih mengandalkannya guna mencari tempat yang dituju.

Walaupun demikian, GPS adalah sistem satelit yang sebetulnya berada pada perangkat adalah sinyal GPS nya sendiri. GPS tentu saja bermanfaat dalam mempermudah sistem navigasi, namun pengguna Android tidak melihat layanannya seperti peta.

Namun, aplikasi-aplikasi tertentu seperti ojek online sampai Google Maps bahkan menggunakan GPS untuk menunjukkan lokasi yang tepat.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo

Kami beritahu kalau cara mengaktifkan GPS di HP Oppo sebetulnya mudah dan praktis. Kamu tidak selalu menggunakan aplikasi ketiga untuk menggunakannya karena layanan ini sudah disematkan pada semua smartphone, lho.

GPS punya andil besar dalam pengguna gadget, di mana fitur tersebut memudahkanmu dalam mencari tempat tertentu kalau kamu sedang di luar ruangan. Selain itu, desain dan tampilannya mudah dipahami sehingga kamu dapat membaca arah petunjuk untuk tiba ke lokasi tujuan masing-masing.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Lewat Pengaturan

Metode pertama yang merupakan cara mengaktifkan GPS di HP Oppo paling mudah adalah menggunakan menu pengaturan perangkatnya. Jika kamu bingung bagaimana cara aktivasi fitur tersebut dari smartphone, gunakan menu setelan saja.

Kalau GPS sudah diaktifkan, kamu akan melacak dan menemukan tempat tujuan dengan mudah. Jika ingin tahu panduannya, maka bisa mencoba langkah-langkah aktivasinya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo.
  • Pilih menu Keamanan dan Lokasi atau Security and Location.
  • Geser ke bawah sampai terdapat menu Lokasi atau Location.
  • Kemudian, tekan menu tersebut untuk mengaktifkan lokasi saat ini.
  • Terakhir, pastikan muncul keterangan Aktif untuk memastikan kalau GPS sudah dihidupkan secara otomatis.
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Jika HP Oppo kamu tidak punya setelan GPS seperti di atas, sebaiknya gunakan panduan di bawah ini:

  • Buka Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Lokasi atau Location.
  • Silakan tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan GPS agar lokasi dapat terdeteksi.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Lewat Status Bar

GPS bukan sekadar diaktifkan melalui pengaturan perangkat, melainkan status bar pada halaman utama HP Oppo kalian. Siapa sangka kalau langkah tersebut justru lebih mudah dibandingkan lewat setelan ponselnya.

Kamu cukup mengusap atau swipe layar utama dari atas ke bawah untuk aktivasi fitur tersebut. Kalau GPS masih belum aktif pada smartphone kamu, simak cara mengaktifkan GPS lewat status bar yang benar dan mudah sebagai berikut:

  • Pertama, buka halaman utama HP Oppo terlebih dulu.
  • Usap atau swipe layar utama dari atas ke bawah.
  • Jika status bar sudah muncul, cari menu Lokasi atau Location. Akan tetapi, tampilannya bisa saja berbeda sesuai dengan tipe HP Oppo yang digunakan.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai fitur GPS sudah aktif secara otomatis.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Akurasi Tinggi

Secara umum GPS bisa memberikan tingkat akurasi lebih tinggi, sehingga kamu dapat memastikan kalau petunjuk arah yang ditampilkan bisa membawamu ke tempat tujuan. Kamu cukup memakai pilihan Akurasi Tinggi melalui menu Lokasi dari setelan perangkatnya.

Jika menu tersebut sudah diaktifkan, navigasi bakal memanfaatkan data satelit untuk memberikan sistem pemetaan lebih akurat dan efektif. Beberapa HP Android pun bahkan mempunyai pilihan tertentu dengan satelit GPS maupun jaringan wireless (WiFi).

Jika kamu membutuhkan navigsi GPS lebih akurat, maka bisa menggunakan menu GPS satelit. Menu tersebut bakal memakai sinyal satelit sehingga dapat memberikan data secara tepat. Akan tetapi, pemakaiannya membutuhkan daya baterai lebih banyak, lho.

Kalau GPS digunakan dengan memanfaatkan jaringan wireless, tentu saja konsumsi baterai pun semakin hemat. Sayangnya, titik lokasi kurang akurat karena menggunakan koneksi internet alias WiFi, sedangkan kamu berhak ragu terhadap hasil pemetaan yang diberikan.

Terkait:  Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo Tidak Terdeteksi

Jika kamu sudah berusaha menghidupkan GPS namun tidak ketemu, bahkan sulit terdeteksi tentu saja jangan panik karena masalah ini bisa ditangani dengan mudah.

Secara umum smartphone Android versi lawas memang belum dibekali fitur tersebut, wajar saja kalau hasil pelacakannya tidak ditemukan. Jika HP kamu belum dilengkapi layanan GPS, biasanya menu tersebut tidak akan tersedia pada setelan perangkatnya.

Jadi, sebaiknya periksa dulu spesifikasi smartphone Android kamu, pastikan sudah didukung fitur GPS untuk melacak lokasi yang dituju.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Oppo yang Mudah

Metode terakhir yang menjadi cara mengaktifkan GPS di HP Oppo tercepat dan termudah adalah menggunakan kolom pencarian. Walaupun demikian, setiap seri smartphone nya bisa saja punya fitur dan tampilan berbeda, lho.

Kolom pencarian ini biasanya terletak di bagian atas layar sehingga kamu dapat mencari menu apa saja yang diinginkan. Maka dari itu, kamu cukup mengetik kata Lokasi ke dalam kolom penelusurannya, tunggu beberapa saat sampai opsi tersebut muncul agar kamu dapat menghidupkan fitur GPS dengan cepat.

Cara Menonaktifkan GPS di HP Oppo

Kalau GPS sudah digunakan dan tidak ingin diaktifkan lagi, simak cara menonaktifkan GPS di HP Oppo sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan atau Setting dari HP Oppo.
  • Pilih menu Lokasi dan Keamanan atau Security and Location.
  • Geser toogle ke arah kiri sampai fitur GPS berhasil dinonaktifkan.

Demikian pembahasan lengkap seputar cara mengaktifkan GPS di HP Oppo dan cara menonaktifkan layanan tersebut yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts