Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID

Bagaimana cara reset iphone tanpa apple id? Apakah kita bisa melewati proses verifikasi apple id ketika ingin melakukan reset pada perangkat iPhone? Apa saja langkah-langkahnya?

Menjadi salah satu gawai besutan Apple, iPhone kini menjadi salah satu gawai yang cukup banyak digunakan orang orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari sekedar mengakses sosial media, memanfaatkannya untuk media berkomnikasi, atau bahkan pekerjaan yang berkaitan dengan smartphone.

Read More

Fenomena munculnya perangkat iPhone hadir di Indonesia sendiri disambut baik oleh para penggunanya. Apalagi, kini masyarakat bisa dengan mudah membeli atau memiliki ponsel yang dikenal dengan kualitas kamera dan audionya yang cukup baik ini.

Selain itu, iPhone juga memiliki desain tampilan yang cukup minimalis. Para pengguna tidak perlu kesulitan ketika hendak mencari aplikasi, karena mereka tidak menggunakan sistem app drawer untuk mengakses aplikasinya, karena semua apps akan langsung terpampang di home screen.

Belum lagi dari segi sekuritas atau keamanan, iPhone memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi untuk perihal menginstall aplikasi. Berbeda dengan smartphone Android yang bisa menginstall aplikasi dari luar google play store atau pihak ketiga, pihak Apple merancang iPhone untuk tidak mengizinkan penggunanya sembarangan menginstall aplikasi.

Hal ini tentunya berkaitan erat dengan privasi serta keamanan pengguna dalam menggunakan iPhone.

Namun terlepas dari hal tersebut, iPhone juga memiliki kekurangan yang mungkin saja kadang dikeluhkan oleh pengguna. Mulai dari besaran aplikasi yang terinstall, kadang bisa 2 hingga 3 kali lipat daripada yang biasa di install di Android.

Selain itu, usia dari iPhone sendiri cukup dibatasi untuk tiap serinya. Misal kamu menggunakan iPhone seri 5 pada tahun 2018, maka kemungkinan usia iPhonemu akan mengalami penuruan fitur di 2019 yang diikuti dengan munculnya iPhone seri 5S ataupun iPhone seri 6.

Terkait: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6s

Walaupun demikian, hal ini tak berarti ponselmu menjadi rusak atau tak lagi dapat digunakan. Karena memang pengguna iPhone sendiri memiliki beragam trik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel iPhone mereka, salah satunya adalah dengan metode reset.

Sebelumnya, kita sudah mengulas banyak mengenai cara reset iPhone pada artikel sebelumnya. Yang mana, cara ini bisa menjadi alternatif untuk pengguna yang mengalami kondisi ponsel mereka lag, atau mulai lemot ketika membuka beragam aplikasi dan juga cepat panas, ataupun daya baterai yang mulai menurun.

Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID

Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID
Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID

Namun sayangnya, tak sedikit pengguna yang belum mengetahui cara reset dari iPhone mereka. Terlebih, untuk mereka yang tidak mengetahui id apple yang digunakan.

Padahal, kamu bisa menemukan beberapa cara reset iphone tanpa apple id yang sudah mimin siapkan untuk kamu yang ingin melakukan reset, namun lupa dengan apple id yang tersinkronasi pada perangkat iPhone, seperti

Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID lewat iTunes

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk me reset iPhone tanpa menggunakan apple id adalah dengan menggunakan iTunes. Tentunya, para pengguna iPhone sudah sangat familiar dengan tools atau aplikasi yang satu ini.

Selain berguna untuk memutar musik, iTunes juga ternyata bisa digunakan untuk memanage device iPhone kalian, baik di perangkat Mac ataupun menginstall iTunes itu sendiri di perangkat Windows.

Dan untuk cara resetnya sendiri cukup mudah

  1. Siapkan perangkat baik itu komputer atau laptop yang sudah terinstall iTunes, dan juga kabel iPhone
  2. Pastikan daya bateraimu berada di angka paling minim 60%
  3. Kemudian matikan iPhone dan masuk ke recovery mode
  4. Perlu diingat, untuk tiap seri iPhone memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke Recovery mode nya. Jadi pastikan kamu mengetahui betul cara masuk ke recovery mode dari seri iPhone kalian
  5. Setelah masuk ke mode recovery, nantinya iPhonemu akan muncul tampilanconnect to iTunesdengan gambar iPhone dan kabel iPhone yang belum terhubung
  6. Kembali ke komputer atau laptop, buka aplikasi iTunes yang sudah terinstall tadi, lalu hubungkan perangkatmu dengan menggunakan kabel data iPhone, dan pastikan laptop atau komputermu terhubung dengan internet
  7. Tunggu sampai perangkatmu terbaca atau terdeteksi di iTunes
  8. Klik pada gambar perangkat yang muncul di iTunes
  9. Kemudian klik pada pilihanrestore untuk memulai proses reset
Terkait: Cara Reset Printer Canon iP2770

Setelah proses reset selesai, kamu bisa langsung menyalakan ulang iPhonemu seperti biasa, dan nantinya kamu akan diarahkan ke laman selamat datang dari iPhone dan kamu bisa memasukkan apple id lain atau apple id baru yang sudah kamu buat sebelumnya.

Namun perlu diperhatikan juga ya, untuk cara ini sendiri nantinya akan menghapus seluruh data yang ada di ponselmu. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan layanan iTunes tadi untuk melakukan backup data terlebih dahulu, atau backup ke media penyimpanan awan seperti iCloud ataupun Google Drive.

Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID lewat Aplikasi iPhone Unlocker

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan aplikasi iPhone Unlocker yang bisa kamu install di komputer ataupun laptop Windows. Cara ini juga hampir mirip dengan menggunakan iTunes, karena kamu perlu terhubung dengan internet dan juga menggunakan kabel data untuk menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop.

Kurang lebih begini caranya

  1. Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi iPhone Unlocker di komputer atau laptop kalian
  2. Setelah itu kamu bisa menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop
  3. Tunggu beberapa saat sampai perangkat iPhone kalian benar benar terbaca oleh aplikasi iPhone Unlocker
  4. Kemudian klik pada logo device atau perangkat kamu yang terdeteksi tadi, lalu pilih pada menuunlock apple id
  5. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan password baru, ikuti saja instruksi yang diberikan
  6. Setelah selesai, langkah terakhir adalah kamu bisa mengklik pada pilihanReset All Settings

Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak perlu khawatir untuk kehilangan data seperti cara iTunes barusan. Namun yang perlu diingat adalah, mungkin saja ada beberapa aplikasi iPhone Unlocker yang berbayar. Jadi, pastikan kamu mengetahui betul aplikasi iPhone unlocker yang gratis, ya.

Terkait: Cara Menghubungkan iPhone ke TV

Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID lewat Service Center/Konter

Kemudian untuk langkah yang terakhir adalah jika kamu sudah mentok dengan kedua cara di atas, kamu bisa membawa ponselmu ke service center yang memang menangani urusan iPhone yang mengalami masalah pada Apple id yang lupa.

Kamu bisa mengatakan keluhan yang kamu alami jika kamu ingin melakukan reset pada perangkat, namun kamu tidak mengetahui apple id yang digunakan. Nantinya pihak service center atau konter yang menangani hali ini memberi estimasi waktu untuk perbaikan yang dilakukan.

Biasanya, untuk biaya perbaikan dari masalah ini memang cukup besar, jadi pastikan kamu memiliki budget yang cukup dan jangan gunakan cara ini untuk iPhone yang bukan milikmu.

Nah, itulah tadi beberapa cara reset iphone tanpa apple id yang bisa kamu gunakan, silakan gunakan cara ini dengan bijak. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts