Merk Bread Improver Untuk Donat Yang Bagus

  • Whatsapp

Membuat donat yang enak dan empuk apalagi lezat tidak semudah yang orang sering bayangkan. Hal ini tidak hanya soal takaran bahan yang pas, tapi kita juga harus mengetahui bahan – bahan apa saja yang digunakan untuk membuat donat supaya rasanya enak. Kita perlu mempelajari mulai dari bread improver untuk pembuatan roti dan seterusnya. Donat adalah salah satu makanan yang sering sekali dibuat oleh ibu ibu. Merk bread improver untuk donat yang bagus akan kita bahas bersama sama disini.

Merk Bread Improver Untuk Donat Yang Bagus

Merk Bread Improver Untuk Donat Yang Bagus
Merk Bread Improver Untuk Donat Yang Bagus

Bread improver adalah salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan roti atau sejenisnya yang sifatnya tambahan atau opsional. Kita bisa saja tidak menggunakan bahan bread improver pada roti atau donat yang dibuat, hanya saja tekstur, serat dan kekokohan dari donat buatan kita akan kurang sempurna. Karena fungsi utama bahan tambahan ini yaitu membuat donat bisa mengembang secara sempurna.

Selain sebagai pengembang roti, bread improver juga telah dipercaya mempunyai fungsi sebagai peningkat cita rasa roti yang dibuat dengan menggunakan bahan tambahan ini(Bread Improver). Hal ini disebabkan karena proses fermentasi yang lebih baik saat menggunakan bread improver. Roti yang dihasilkan jika menggunakan bahan ini juga mempunyai tekstur yang lebih lembut serta memiliki rasa yang lebih enak. Industri roti berskala besar menggunakan bahan ini untuk menciptakan tekstur roti lebih halus dengan jangka waktu yang pastinya lebih lama.

Terkait:  Gilingan Mie Merk Atlas

Daftar Merk Bread Improver untuk Donat

Ada beberapa merk bread improver yang bisa kita pilih untuk menyempurnakan pembuatan roti kita. Betikut ini 6 rekomendasi yang paling sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan donat maupun roti.

Baker Bonus

Jenis bread improver ini sering sekali dipilih oleh para pembuatan donat dikarenakan memiliki komposisi yang alami yaitu ragi dan tepung terigu. Dengan menambahkan baker bonus pada adonan donat ataupun roti, maka rasa yang akan dihasilkan yaitu semakin empuk 1 sampai 2 hari.

Compact

Keuntungan menggunakan compact pada adonan donat yaitu akan menciptakan adonan yang lentur serta serat serat akan lebih berwarna putih. Dan pastinya tampilan akan lebih menarik.

S-500 Improver

Improver ini terkenal dengan improver murni dikarenakan asam askorbit yang ada pada bahan ini cukup tinggi dan berdaya serat yang tinggi. Kombinasi bahan dengan improver ini akan menciptakan makanan yang lebh halus serta padat. Sering sekali orang menggunakan jenis ini untuk membuat roti tawar.

Soft Alpaga

Donat ataupun roti yang dihasilkan dengan tambahan improver ini akan lebih empuk dan bisa bertahan relatif lebih lama dibandingkan dengan yang lainnya. Semua ini karena adanya enzim dan zat pelunak glugen yang seimbang.

Magimix Yellow

Adanya zat pelunak gluten pada improver ini bisa mempercepat proses fermentasi ragi, dan lebih cepat memadatkan serat – serat pada roti karena bahan ini memiliki komposisi tepung terigu, enzim, serta zat pelunak gluten yang cukup baik.

Lecitem-500

Bread improver ini dapat mempercepat proses fermentasi serta dapat melembutkan dan membuat roti lebih empuk di hasil akhirnya. Zat gluten yang ada pada bahan ini bisa sangat berguna jika tepung yang digunakan untuk membuat roti memiliki kadar yang terlalu tinggi.

Terkait:  Merek Sepatu Olahraga Lokal

Fungsi Bread Improver

Beberapa dari kita pasti bertanya tanya kenapa bread improver sering sekali menjadi salah satu bahan yang wajib saat membuat roti atau donat. Berikut ini fungsi Bread Improver untuk membuat donat maupun roti.

  • Mempercepat ragi memproduksi gas

Jika ragi bisa memproduksi gas dengan cepat maka roti atau donat yang kita buat akan bisa mengembang dengan sempurna. Mineral yang ada pada bread improver bertugas untuk memberikan suplemen pada ragi agar bisa bekerja secara maksimal. Sehingga donat atau roti buatan kita akan lebih besar ukurannya.

  • Gluten penahan kerangka roti yang mengembang

Disini improver akan bekerja secara kimiawi yang menguatkan gluten yang terjadi saat proses pengadukan. Semua ini disebut dengan istilah oven spring.

  • Melembutkan tekstur roti

Adanya emulsifier pada bahan improver akan menyatukan bahan – bahan yang sulit dicampur, contohnya minyak dengan air. Sehingga tekstur roti lebih lembut.

  • Mempercepat waktu fermentasi

Bread Improver digunakan untuk mengoptimalkan fungsi ragi, sehingga bisa mempercepat waktu fermentasi adonan donat maupun roti. Fungsi ini sangat penting karena proses dalam pembuatan roti terutama pembuatan dalam skala besar seperti industri di pabrik memerlukan kecepatan waktu, hal ini dikarenakan dapat memenuhi target dalam produksi serta distribusi.

Takaran Bahan dengan Bread Improver

  • Setengah kilogram tepung Cakra
  • Setengah sendok teh Bakerin Plus
  • Seperempat sendok teh SP
  • 1 Sendok makan Fermipan
  • 1 Sendok makan gula pasir
  • 3 Sendok makan susu kental manis
  • 3 Sendok makan susu bubuk
  • 2 Sendok makan blue band cake and cookies
  • 250 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat Donat

  • Campur bahan seperti gula pasir, fermipan dan air hangat sekitar 125ml, kemudian diamkan sampai berbusa
  • Campurkan susu kental manis dengan air 125ml bisa air biasa maupun air dingin
  • Campur tepung Cakra, bakerine plus, susu bubuk, SP di dalam baskom lalu aduk-aduk sampai rata
  • Setelah itu masukkan campuran fermipan dan gula ke dalam baskom yang berisi campuran tepung tadi
  • Kemudian masukkan campuran susu kental manis ke dalam baskom dan hidupkan mixer dengan kecepatan rendah
  • Yang terakhir masukkan blueband, uleni sampai adonan kalis secara perlahan dari kecepatan rendah lalu sedang dan tinggi dan masing-masing dilakukan selama kurang lebih 5 menit
  • Setelah adoan kalis, diamkan selama 30-45 menit dan tergantung suhu rumah masing-masing ya.
  • Tutup adonan dengan serbet yang agak basah atau bisa juga menggunakan plastik wrap untuk menutupnya
  • Setelah adonan mengembang, kempeskan sambil di tinju, hal ini supaya menghilangkan angin yang ada di dalam adonan
  • Cetak adonan membentuk bulatan, kemudian goreng dengan minyak panas serta gunakan api kecil
  • Cukup balik sekali saja supaya donat tidak meresap minyak
  • Angkat donat dan setelah dingin bisa dihias sesuai selera
Terkait:  Merk Branded Terkenal

Dengan menggunakan bread improver pastinya donat buatan kita akan lebih bagus serta cocok sekali digunakan bagi penjual donat. Karena pastinya lebih menguntungkan karena dengan tambahan bahan tersebut bisa membuat donat lebih mengembang dan rasanya pun lebih nikmat. Dan pastinya bisa menarik pembeli.

Demikian informasi seputar merk bread improver untuk donat yang bagus yang bisa kita jadikan referensi untuk menciptakan donat yang empuk serta bisa mengembang secara sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts