Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung

Bagaimana cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung? Smartphone merupakan salah satu benda elektronik yang sangat sensitif terhadap air. Pasalnya, air akan langsung merusak komponen internal perangkatnya.  Kalau HP Samsung kalian sudah terlanjur kena cairan bahkan terendam air, jangan langsung dibiarkan dan segera dikeringkan.

Meski begitu, banyak orang bahkan kamu sendiri selalu menganggap kalau smartphone yang tampak basah akan langsung rusak, bahkan tidak bisa diperbaiki lagi. Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung semua tipe sebetulnya sangat mudah.

Read More

Sayangnya, banyak orang masih belum tahu soal hal tersebut. Langkah-langkahnya juga hampir sama dengan menangani hal serupa untuk iPhone.

Jika HP Samsung kamu basah karena tergenang air, biasanya terdapat aplikasi atau website yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalahnya. Tak hanya itu, kamu pun dapat mencegah kerusakannya secara manual, di mana smartphone nya sendiri mampu dikeringkan dan bekerja normal tanpa apps atau web apapun.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung
Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung

Apa yang Terjadi Kalau Speaker HP Samsung Kena Air?

Jika speaker HP Samsung kamu terkena air, biasanya terdapat beberapa masalah yang bakal terjadi sebagai berikut:

  • Suara Terdengar Pecah
    Masalah pertama yang pasti terjadi kalau speaker HP Samsung terkena air adalah suaranya terdengar pecah. Situasi ini akan semakin buruk kalau kamu meningkatkan volume perangkat ke level maksimal. Kamu harus langsung mengeluarkan air dari ponsel agar suara yang muncul tidak terdengar semakin parah.
  • Bunyi Terdengar Kurang Jelas
    Speaker HP Samsung yang terkena air bukan sekadar mengakibatkan suaranya terdengar pecah, melainkan kurang jelas sehingga dapat mengganggu pendengaranmu. Oleh karena itu, kamu harus segera mengeluarkan cairan apapun dari ponselnya supaya suaranya bisa kembali normal.
  • Bunyi yang Muncul Sangat Kecil
    Air adalah sesuatu yang sensitif dan tidak boleh terkena benda elektronik, termasuk HP. Jadi, sebaiknya kamu menjauhkan HP Samsung dari cairan apapun di sekitarkan. Jika speaker HP sudah terlanjur kena air, kemungkinan besar bunyi yang muncul sangat kecil bahkan tidak terdengar sama sekali.
  • Suara yang Timbul Cempreng
    Jika kamu sempat menemukan suara yang timbul dari speaker ponsel terdengar cempreng, kemungkinan besar diakibatkan oleh masuknya air ke dalam bagian tersebut. Air yang membasahi sekaligus menggenangi komponen internalnya justru membuat bunyi speaker semakin cempreng dan bising.
  • Bunyi Tidak Terdengar Sama Sekali
    Kondisi terakhir yang paling parah kalau speaker HP Samsung sampai kemasukan air adalah tidak terdengar bunyi atau suara apapun. Jika dibiarkan, maka bisa membuat permukaannya robek. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke tempat service untuk segera diperbaiki.
Terkait:  Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung

Barangkali kamu belum tahu cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung yang mudah dan praktis, maka bisa menemukan jawabannya melalui pembahasan artikel ini. Kami sudah menyiapkan informasi lengkapnya sehingga kamu dapat mengatasi masalah tersebut.

Speaker menjadi bagian utama dari suatu smartphone, sebaiknya komponen ini tidak boleh rusak oleh hal apapun seperti terendam cairan. Jika masalah ini terjadi, sebaiknya segera diatasi dengan aplikasi, website, bahkan membawa ponselnya ke tempat service terpercaya.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Lap

Kalau HP Samsung tidak sengaja terkena atau terendam air, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mengeringkannya terlebih dulu. Maka dari itu, cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung paling sederhana dengan menggunakan lap kering dan lembut.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lepaskan semua komponen perangkat yang bisa dicopot mulai dari SIM card, micro SD, bahkan baterai. Kalau HP nya sudah dikeringkan dengan lap, tapi speaker nya sulit dijangkau alang baiknya diamkan bagian tersebut selama beberapa saat.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Silica Gel

Langkah selanjutnya untuk mengeluarkan cairan dari speaker ponsel Samsung adalah menggunakan silica gel. Benda ini biasanya ditemukan dalam kotak sepatu, sedangkan kamu cukup merendam HP Samsung ke dalam silica gel.

Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan silica gel adalah merendam ponselnya selama beberapa saat, kemudian pastikan cairannya keluar seutuhnya. Jika airnya sudah keluar, segera keringkan smartphone nya agar dapat berfungsi dengan normal seperti biasa.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Beras

Beras yang biasa kalian makan setiap hari bukan sekadar bermanfaat untuk menambah energi dalam tubuh, tapi juga bisa mengeluarkan cairan dari smartphone. Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan beras cukup mengubur ponselnya selama 1-2 hari sampai benar-benar kering.

Terkait:  Cara Pindah Data Samsung ke Samsung

Beras sudah diyakini efektif membantu mengeluarkan air dari ponsel. Tak hanya itu, beras pun dapat menjaga kelembapan perangkatnya sehingga menjadi lebih cepat kering dan cairannya mampu keluar dengan sempurna.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Kipas Angin

Kipas angin menjadi salah satu alat bantu untuk mengeluarkan cairan apapun dari speaker smartphone, lho. Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan kipas angin yang bisa dilakukan adalah melepaskan beberapa komponen terlebih dulu.

Jika bagian-bagian tersebut sudah dilepas, letakkan semuanya di depan kipas angin. Kemudian. Hidupkan alat tersebut selama beberapa saat, kurang lebih 4-5 jam sampai micro SD, SIM card, case, dan sebagainya benar-benar kering dan tidak merusak speaker ponselnya.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Hair Dryer

Bukan hanya digunakan untuk mengeringkan rambut dengan cepat, hair dryer juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu guna mengeluarkan cairan pada smartphone. Udara panas yang dihasilkannya mampu melepaskan embun air yang menempel dari speaker, sehingga dapat mengering lebih cepat.

Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan hair dryer cukup menyalakannya, kemudian arahkan alat tersebut dekat speaker ponsel dengan mode panas paling rendah. Jika baterai HP nya bisa dilepas, sebaiknya lepaskan dulu agar proses pengeringannya berjalan maksimal.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung dengan Aplikasi

Jika kamu ingin menggunakan bantuan selama proses pengeringan speakernya, gunakan aplikasi bernama Speaker Cleanser yang bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini memudahkanmu dalam mengeluarkan cairan apapun yang terdapat pada bagian tersebut.

Cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan aplikasi bisa dicoba sebagai berikut:

  • Download aplikasi Speaker Cleanser melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Kemudian, putuskan koneksi ponsel dengan speaker maupun earphone bluetooth atau sejenisnya.
  • Jika semua sambungannya sudah terputus, tingkatkan volume HP sampai level tertinggi.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu klik Mulai Bersihkan.
  • Guna mendapatkan hasil maksimal, atur letak smartphone agar speaker menghadap ke arah bawah dan air nya dapat keluar dengan sempurna.
Terkait:  Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Jika kamu sudah mencoba semua cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung yang kami sampaikan di atas, tapi tetap tidak berhasil kemungkinan besar terdapat kerusakan serius di dalamnya.

Kamu harus membawanya ke tempat service terdekat untuk segera ditangani dan diperbaiki agar HP Samsung dapat digunakan kembali seperti biasa. Semoga membantu!

Rate this post

Related posts