Home » Review Kelebihan dan Kekurangan » Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Apakah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 menjadi topik utama yang tengah kamu butuhkan saat ini? Sebuah kemunculan ponsel baru berbasis android memanglah hadirkan banyak plus dan minus yang gentar dicari oleh sebagian besar orang, terlebih pecinta gadget seperti kamu.

Ponsel anyar terbaru muncul dari vendor ternama Samsung, yang belum lama ini merilis Galaxy A71. Dimana kemunculan A71 akan membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Terlepas dari itu, masih saja tak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini membawa sedikit kelemahan di beberapa sektor.

Samsung Galaxy A71 bisa dikatakan sebagai generasi penerus dari Galaxy A51 yang sebelumnya kami ulas. Hal ini dikarenakan, kedua ponsel A51 dan A71 memang dirilis dalam waktu yang berbarengan.

Dengan membawa varian warna yang beragam, juga bawa daya tarik bagi A71. Varian warna dari Galaxy A71 diantara lain yaitu Prism, Crush Black, Silver, Blue, dan Pink. Sementara untuk modelnya diantaranya SM-A715F, SM-A715FN, SM-A715GM, SM-A715MN, SM-A7150, dan SM-A715W.

Sebagai informasi, kabarnya ponsel ini akan dirilis pada Januari 2020 atau dalam waktu dekat ini. Tak sabar menunggu kedatangannya bukan? Yuk cek dulu harganya.

Berapa harga Samsung Galaxy A71?

Semenjak pengumumannya, Galaxy A71 tengah membawa banyak rumor tentang taksiran harga yang diberikan untuk satu unit A71. Namun belum ada harga pasti untuk produk baru dari Samsung satu ini. Menurut kabar yang kami peroleh, secara resmi harga Samsung Galaxy A71 mencapai Rp 6.099.000. Harga tersebut mendapat diskon/potongan dari harga sebelumnya Rp 7.998.000.

Perlu diketahui juga bahwa harga tersebut diberikan untuk satu unit Samsung Galaxy A71 dengan RAM 8 GB beserta internal 128 GB. Untuk spesifikasi Samsung Galaxy A71 akan kami berikan dalam paragraf berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71

Diumumkan/Rilis : Desember 2019/Januari 2020
Ukuran Layar: 6,7 inci
Tipe Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPU: Adreno 618
OS: Android 10.0; One UI 2
Internal: 

  • 128GB 6GB RAM
  • 128GB 8GB RAM

Eksternal: microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
Kamera Utama: (Quad)

  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
  • 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, (wide), dedicated macro camera
  • 5 MP, f/2.2, 1/5.0″, 1.12µm, depth sensor

Kamera Depan: 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Baterai: Li-Po 4500 mAh (Baterai Tanam) Fast battery charging 25W.

Baiklah, pasti kalian sudah tidak sabar bukan ingin untuk langsung tau apa saja keunggulan dan kelemahan Samsung Galaxy A71? Berikut ini penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Semenjak rilisnya A71 yakni bulan ini Januari 2020, telah bawa banyak keunggulan dan beberapa kelemahan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Kita mulai dari kecanggihannya, berikut ini berbagai kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A71.

1. Baterai Kapasitas Besar

Hal yang menjadi kelebihan utama dan pertama kali adalah pembawaan baterai berkapasitas besar pada Galaxy A71. Samsung membenamkan sebuah baterai Li-Po berkapasitas 4500 mAh pada A71 miliknya. Dengan kapasitas baterai tersebut, tentunya akan membuat daya tahan kehidupan A71 sangat awet. Meski sering dipakai untuk main game, baterainya tetap hemat dan tak habis-habis.

2. Kecepatan Pengisian Baterai Ngebut Poll

Kelebihan Samsung Galaxy A71 yang kedua masih terletak pada baterai yang dipakainya. Jika tadi dijelaskan kapasitas baterainya besar, Samsung juga telah memberikan sebuah fitur bermanfaat yakni fast battery charging 25W. Hal ini sangat berguna untuk memberikan kecepatan yang dahsyat saat hendak melakukan pengisian ulang baterai A71 milikmu nanti.

3. Fingerprint Ready

Sektor keamanan yang dibawai A71 juga menjadi kelebihan yang utama lur. Seperti kembarannya yakni Samsung Galaxy A51, Samsung A71 juga dibawai dengan sebuah sensor sidik jari (fingerprint) yang letaknya berada dibawah layar atau bersifat optical. Tak akan khawatir lagi deh fingerprintnya kemasukan debu.

4. Pakai USB Type-C

Menjadi kelebihan dari Samsung Galaxy A71 selanjutnya ialah dibawainya colokan USB Type-C. Dimana teknologi dan fitur ini, menjadikanmu mudah dalam pengisian baterai. Karena pemakaiannya dapat dibolak balik sesuka hati. Selain itu, kecepatan transfer datanya juga lebih ngebut dari USB biasa.

5. Mendukung Fitur NFC

Apa itu NFC? NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Dan menjadi kelebihan bagi Samsung Galaxy A71 karena telah dibawai dengan fitur NFC yang kegunaannya sangat berguna di era globalisasi ini.

6. Kamera Selfie Resolusi Tinggi

Hal yang mungkin kamu tunggu bagi penikmat selfie, adalah kamera depan Samsung Galaxy A71 yang sangat tinggi resolusinya. Samsung telah membenamkan single camera pada bagian depan bodi beresolusi hingga 32 MP yang dapat dipakai untuk melengkapi kebutuhan selfiemu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur HDR untuk melengkapi aktifitas selfie kamu. Sementara jika digunakan untuk merekam video pun dapat menghasilkan video berkualitas hingga 1080p@30fps.

7. Primary Quad Camera

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Masih dibagian kamera, yang menjadi kelebihan Samsung Galaxy A71 selanjutnya ialah terdapatnya empat buah macam kamera yang melekat berjajar rapi pada bagian belakang bodinya. Kamera utama Samsung A71 tersebut masing-masing beresolusi 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (wide), dan 5 MP depth sensor. Pendukung fitur kameranya yaitu LED flash, panorama, dan HDR. Sementara untuk perekaman sebuah video dapat menghasilkan kualitas 2160p@30fps dan 1080p@30/240fps.

8. Internal dan RAM Gede

Kami suka dengan pembawaan memori yang besar! Begitu pun denganmu bukan? Samsung Galaxy A71 hanya dibawai dengan satu pilihan memori internal saja yang kapasitasnya mencapai 128 GB. Akan tetapi, kamu akan disuguhkan dengan dua buah RAM dengan kapasitas 6 GB dan 8 GB. RAM Galaxy A71 sangat besar sehingga sangat cocok untuk kamu penyuka game berat seperti Free Fire, CODM, PUBG Mobile, Mobile Legend, dan lainnya.

9. Terdapat Slot Memori Eksternal 1 TB

Masih pada penggunaan memori, kelebihan Samsung Galaxy A71 lainnya yakni terletak dibagian slot memori eksternalnya. Samsung telah membenamkan sebuah slot memori eksternal yang dapat menampung microSD hingga kapasitas 1 TB.

10. Pakai OS Paling Baru

Kami telah merasakan memakai OS Android 9.0 (Pie), namun belakangan ini telah dirilis sistem operasi baru yang juga dipakai pada Samsung Galaxy A71. Sehingga hal ini menjadi sebuah hal baru bagi kami dan menjadikan kelebihan bagi Samsung A71.

A71 telah dibawai dengan sistem operasi yang terbaru satu tingkat diatas Pie, yaitu Android 10.0; One UI 2. Kami belum pernah merasakannya, namun yang pasti hal ini menjadikan satu kelebihan menarik untuk Galaxy A71.

11. Layar Diproteksi Anti Gores

Nah, sekarang menuju pada bagian layarnya nih lur. Juga menjadi kelebihan Samsung Galaxy A71 karena layarnya telah dilindungi dengan sebuah proteksi layar Corning Gorilla Glass 3. Dimana proteksi layar ini akan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menghindarkan segala goresan yang menimpa layarnya.

12. FM Radio

Samsung juga telah membawai fitur FM radio pada Galaxy A71 dimana hal ini juga akan menjadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Setelah mengetahui lebih jauh kecanggihannya, perlu diketahui bawah Galaxy A71 juga masih membawa beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut.

1. Baterai Tanam

Masih saja menjadi satu kelemahan bagi smartphone baru, layaknya Oppo Reno 3 dan Vivo S1 Pro. Samsung Galaxy A71 juga dibawai dengan sebuah baterai tanam yang tak dapat dilepas, sehingga menjadi satu kelemahan baginya.

2. Ukuran Layar Terlalu Besar

Meski ukuran layar yang besar menjadi satu nilai tambah bagi beberapa orang, namun tidak bagi kami. Menurut kami, ukuran layar yang lebar bahkan hingga 6,7 inci ini akan menjadi kekurangan bagi Samsung Galaxy A71. Karena, dengan layar yang lebar/besar tersebut akan membuat kita kerepotan saat hendak membawanya kemana saja. Makan tempat dan kurang praktis saat mengoperasikannya.

Mungkin cukup itu saja ulasan berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 lengkap yang dapat kami sampaikan lur, selebihnya jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya! Gratis kok! Share ke teman-temanmu agar mereka dapat referensi sebelum membeli ponsel anyar. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *