Cara Cek HP Samsung Bekas, Jangan Sampai Salah Beli!

Cara Cek HP Samsung Bekas
Cara Cek HP Samsung Bekas

PindahLubang.com – Bagaimana cara cek HP Samsung bekas dengan benar dan mudah? Beberapa orang mungkin merasa takut, bahkan tertantang ketika akan membeli ponsel second. Pasalnya, sebagian besar dari mereka sulit membedakan HP bekas asli dan palsu.

Samsung adalah merk HP Android dengan jumlah unit penjualan terbanyak di dunia. Oleh karena itu, kondisi tersebut memungkinkan oknum tertentu memasarkan barang palsu, di mana bentuk dan tampilannya sangat mirip dengan produk asli atau bekas yang sudah ada di pasaran.

Read More

Masyarakat umum sudah tidak asing dengan rahasia pembelian iPhone second yang benar. Sayangnya, kondisi ini berbanding terbalik saat mereka, bahkan kamu sendiri jika lebih tertarik membeli ponsel Android bekas. Kondisi tangan kedua tersebut bukan masalah, apalagi performa Samsung jauh lebih unggul dibandingkan merk HP serupa lainnya.

Rekomendasi HP Samsung Bekas Terbaik

Jangan mengira barang second tidak punya performa apik. Samsung justru membuktikan kalau semua ponselnya masih tetap oke, meski bukan produk baru. Beberapa HP Samsung bekas terbaik yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy A22 5G
    HP ini masih menjadi salah satu gadget second terbaik di pasaran. Pasalnya, chipset nya cukup ‘sangar’ dan fitur kameranya sangat bagus untuk para pencinta fotografi. Samsung Galaxy A22 5G didukung baterai 5.000 mAh, RAM 4 GB/6 GB, memori internal berkisar 64 GB dan 128 GB, sedangkan harganya senilai Rp.2,7 jutaan saat ini.
  • Samsung Galaxy S20 FE
    Rekomendasi selanjutnya adalah Samsung Galaxy S20 FE. HP ini memiliki SoC kencang, serta kapasitas RAM besar. Tak hanya itu, kamera depan dan belakang beresolusi 12 MP dan 8 MP membuat kegiatan fotografi semakin seru. Harga cukup stabil, yakni sekitar Rp.4 jutaan di pasaran.
  • Samsung Galaxy S20 Plus
    Ponsel ini dibekali kamera sudut mencapai 64 MP, sedangkan chipset Exynos 990 (7 nm+) yang disematkan semakin memaksimalkan performanya. Baterai 4.500 mAh membuat kegiatan apa saja lebih lancar, tanpa khawatir dayanya habis. Selain itu, harganya sekarang menyentuh angka Rp.5 jutaan.
  • Samsung Galaxy M51
    HP Samsung Galaxy M51 mempunyai layar Super AMOLED Plus dengan kemampuan hemat daya sempurna. Kamu bisa main ponsel tanpa khawatir baterainya habis. Tak hanya itu, ponsel ini dilengkapi 4 kamera yang membuat foto tampak keren. Smartphone seharga Rp.2,9 jutaan ini pun dibekali chipset gahar, yakni Qualcomm Snapdragon 730G (8nm).
  • Samsung Galaxy S9
    Jika kamu sedang mencari ponsel dengan desain grafis layar terbaik, Samsung Galaxy S9 jawabannya. HP ini dirancang sebagai gadget anti air dan tampak mewah lho. Performa cukup kencang, kamera selfie beresolusi 8 MP untuk ambil fotomu lebih ciamik. Harganya pun kisaran Rp.2 jutaan saja.
Terkait:  Cara Cek IMEI Android

Cara Cek HP Samsung Bekas

Cara Cek HP Samsung Bekas
Cara Cek HP Samsung Bekas

Samsung memang termasuk salah satu dari sebagian kecil merk HP Android berkualitas, bahkan masih menduduki posisi puncak hingga saat ini. Jangan khawatir kalau uangmu pas-pasan, kamu bisa tetap menggunakan HP Samsung meski bukan barang baru.

HP Samsung bekas punya performa yang tidak kalah keren seperti barang barunya lho. Oleh karena itu, jangan sampai salah beli apalagi tertipu. Kami sudah menyiapkan beberapa panduan, sehingga kamu dapat membeli HP Samsung second dengan kualitas original yang akan dibahas lewat artikel ini.

Cara Cek HP Samsung Bekas Lewat Garansi

Jangan sembarangan membeli HP Samsung bekas. Kamu perlu mengetahui apakah ponsel tersebut mempunyai garansi atau tidak. Garansi dapat memberi perlindungan tambahan, apalagi kalau ada masalah yang muncul sesudah kamu membeli ponsel tersebut.

Periksa juga apakah garansinya bisa dipindahkan, atau sekadar untuk pemilik awal. Jika hanya ditujukan bagi pemilik pertama, sebaiknya kamu beralih membeli model lain. Tak menutup kemungkinan kamu bakal menerima garansi lebih lama.

Cara Cek HP Samsung Bekas Lewat Fisik Perangkat

Seseorang biasanya akan kerepotan ketika memutuskan membeli HP bekas. Pasalnya, kamu harus bekerja dua kali untuk memeriksa seluruh kondisi fisik perangkat, baik luar dan dalam. Cek body perangkat, pastikan tidak ada goresan apalagi kerusakan yang timbul dengan jelas.

Jangan lupa memastikan setiap tombol berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, periksa bagian port untuk menghubungkan charger hingga headset. Jika ada masalah, pertimbangkan lagi sebelum membelinya.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Lewat Kode Rahasia

Kamu dapat menghubungi kode rahasia, yakni *#0*# untuk memeriksa sensor maupun fitur lain dari HP Samsung bekas yang sedang digunakan. Semua aspek akan diperiksa secara menyeluruh, mulai dari layar sentuh, kamera, gyroscope, akselerometer, sampai fitur lain yang berada di dalamnya.

Terkait:  Cara Deposit IPOT

Jangan pernah mengabaikan hal ini, di mana pemeriksaan tersebut wajib dilakukan. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan kalau fitur internal perangkat justru ada kerusakan, sedangkan kamu kurang menyadarinya.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Lewat IMEI

Cek nomor IMEI pada HP Samsung bekas milikmu. Kamu bisa memeriksanya melalui dusbook, tepatnya di bagian belakang yang mencantumkan tanggal pembuatan sampai nomor seri perangkat tersebut. Di samping itu, tidak ada salahnya untuk memeriksa semua aksesoris yang berada satu set dengan HP tersebut.

Pastikan kabel data, hingga charger berfungsi dengan baik. Jangan lupa memeriksa kelengkapan semuanya, kalau ada salah satu yang kurang maka bisa dipertimbangkan atau membatalkan pembeliannya.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Lewat Kesehatan Baterai

Seperti kamu tahu, semua merk HP sangat bergantung terhadap baterai. Jika kesehatan baterainya lemah, biasanya durasi penggunaannya tidak akan bertahan lama, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, kamu harus mengecek battery health (BH) HP Samsung bekas yang akan dibeli.

Calon penggunanya bisa mengetahui informasi tersebut lewat setelan ponselnya. Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan aplikasi ketiga, misalnya AccuBattery untuk memeriksa persentase BH perangkat yang akan dibeli nanti.

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Lewat Status Root

Rooting merupakan proses yang mengizinkan akses penuh ke OS Android terhadap perangkat itu sendiri. Maka dari itu, kalau HP Samsung bekas sudah di root, kemungkinan besar berdampak pada keamanan dan kinerja ponselnya lho.

Pastikan untuk tetap memeriksa apakah HP Samsung bekas yang akan kamu beli, sudah dalam kondisi diroot atau belum. Jangan segan untuk bertanya kepada penjual, guna menjaga dan merahasiakan privasi datamu dari perangkat yang mungkin sudah diroot sebelumnya.

Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Lewat Riwayat Penggunaan

Poin terakhir yang tidak kalah penting untuk diketahui, yakni menanyakan riwayat penggunaan HP Samsung bekas dari pemilik pertama. Jangan takut untuk bertanya sejak kapan ponselnya digunakan, bagaimana kondisi pemakaian sehari-hari, hingga apakah pernah mengalami perbaikan bahkan kerusakan sebelumnya.

Semua informasi tersebut sangat membantumu, bahkan memberi pencerahan untuk memutuskan apakah HP tersebut berhak dibeli atau tidak. Mintalah pemilik pertama atau penjual menjelaskannya dengan jujur.

Demikian panduan mengenai cara cek HP Samsung bekas yang aman, serta rekomendasi produk smartphone Samsung yang laris di pasaran saat ini. Informasi di atas kami pastikan valid, supaya kamu bisa membeli ponsel second dengan kualitas asli dan terbaik. Semoga membantu!

Related posts