Cara Restart iPhone XR

Cara Restart iPhone XR

Bagaimana cara restart iphone xr? Hmm bicara tentang iPhone, mungkin hal ini sudah tak lagi asing ditelinga para pencinta gadget dari Apple yang memiliki fitur dan juga kelebihan yang tak ditemukan pada perangkat android.

Sebagaimana kita tau, iPhone sendiri merupakan salah satu gadget yang cukup banyak dimintai para pengguna karena memang memiliki beragam fitur dan juga kualtias kamera serta audio yang cukup bagus.

Apple juga tak hentinya mengeluarkan versi terbaru dari iPhone yang mana selalu menghadirkan desain yang unik, serta harga yang cukup terjangkau untuk kantong masyarakat di Indonesia.

Selain menjadi salah satu media untuk berkomunikasi, pada negara atau kantor produksi iPhone, perangkat ini memang digunakan untuk mereka mengerjakan hal hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Selain itu, ponsel dari apple ini juga banyak digunakan tanpa menggunakan SIM Card untuk mobile data mereka, karena mereka lebih sering menggunakan WiFi.

Hal ini juga bukan tanpa alasan loh sob, karena memang iPhone sendiri akan lebih cepat panas ketika pengguna menggunakan mobile data, serta memakai iPhone secara terus menerus atau berjam-jam

Namun di Indonesia, iPhone lebih sering digunakan sebagai ponsel yang berguna untuk mengakses internet, membuka layanan sosial media, atau sekedar chatting kepada pengguna whatsapp dan melakukan panggilan suara atau video.

Dan belum lama ini, para pecinta produk apple sedang dihebohkan dengan munculnya seri baru dari iPhone, yakni iPhone XR yang dikatakan memiliki harga yang jauh lebih murah, daripada seri lain di atasnya.

iPhone XR sendiri memang dikhususkan untuk para pecinta gadget yang ingin memiliki ponsel iPhone, namun tidak khawatir dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli ponsel ini.

Meskipun begitu, untuk masalah fitur dan juga fungsional lain dari iPhone XR masih sama dengan tipe setelah, ataupun sebelumnya. Bahkan, untuk soal kualtias kamera tak perlu dikhawatirkan lagi.

Terkait:  Cara Merestart Hp Oppo

Walaupun demikian, faktanya iPhone XR masih memiliki banyak kekurangan. Mulai dari segi penyimpanan yang cepat penuh, banyak apps yang belum kompatible, ataupun performa iPhone XR yang menurun akibat banyak penggunaan aplikasi ataupun durasi penggunaan.

Hal ini juga berkaitan erat dengan beberapa seri iPhone sebelumnya yang mana pihak apple selalu memberikan masa berlaku pada ponsel mereka, sehingga ketika pengguna sudah menggunakan iPhone selama lebih dari 1 – 3 tahun, maka akan ada penurunan performa ataupun lag.

Cara Restart iPhone XR

Cara Restart iPhone XR
Cara Restart iPhone XR

Tapi, hal ini sebenarnya masih bisa kamu atasi dengan cara melakukan restart pada perangkat iPhone XR yang kamu miliki. Cara ini sendiri memang berguna untuk merefresh ponsel iPhone sekitar 80 persen ketika iphone yang mereka gunakan sudah cukup lag.

Itulah mengapa, buat kamu yang mungkin penasaran dengan cara restart iPhone XR, berikut ini mimin sudah siapkan beberapa langkah atau cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan restart pada iPhone XR.

Cara Restart iPhone XR lewat System Ponsel

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunaakn system ponsel atau pengaturan dari perangkat iPhone XR kalian. Cara ini terbilang cukup mudah, karena di setiap perangkat iPhone, kamu akan menemukan pengaturan atau settings di tiap perangkatnya.

Dan untuk cara restart menggunakan pengaturan ponsel juga cukup mudah kok

  1. Langkah pertama, pastikan dulu baterai iPhone kamu berada di minimal 40% karena cara ini membutuhkan daya baterai yang cukup
  2. Setlelah itu, kamu bisa menekan tombol power agak lama sampai muncul opsi shut down atau sleep
  3. Geser slider tersebut, ke arah kanan sampai ponselmu benar-benar ter shut down atau sleep
  4. Jika sudah, kamu bisa langsung menekan kembali tombol power, sampai muncul logo iPhone dan secara otomatis kamu akan langsung di arahkan ke home screen kalian masing-masing seperti biasa.
Terkait:  Cara Menghubungi Operator iPhone untuk Mendapatkan Bantuan

Mungkin cara ini terbilang biasa atau sering dilakukan pengguna iPhone, namun pada faktanya cara ini sangat membantu para pengguna yang mengalami lag atau lemot pada saat menggunakan iPhone terutama iPhone XR.

Dengan melakukan shut down dan membiarkannya dalam rentang waktu 5 – 10 menit, kamu sudah memberi jeda pada system dan proses iPhone untuk istirahat sejenak.

Cara Restart iPhone XR lewat Hard Restart

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa melakukan restart melalui metode hard reset. Buat yang belum tau, cara ini sendiri hampir mirip dengan cara pertama, namun untuk hard reset ini kadang menjadi pilihan untuk para user yang memang harus melakukan restart pada kondisi yang darurat. Caranya

  1. Pastikan iPhone kalian dalam kondisi menyala, namun posisinya terlock atau dalam lockscreen (layar hitam)
  2. Kemudian, kamu bisa menekan tombol power pada iPhone selama beberapa detik sampai terasa getaran
  3. Setelah getaran dari tombol power tadi selesai, maka secara otomatis ponselmu akan mati dan ter-restart kembali untuk masuk ke home screen system.

Walaupun cara ini terbilang menjadi opsi dalam kondisi darurat atau pada saat ponselmu mengalami hang, cara ini sangat tidak di sarankan untuk dilakukan dalam jangka waktu yang sering.

Karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada system, ataupun pada bagian hardware terutama tombol powernya. Dan setelah selesai melakukan hard reset, mimin menyarankan kamu untuk melakukan shut down ulang dengan menggunakan cara yang pertama tadi.

Cara Restart iPhone XR lewat Accessibility

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan layanan accessibility yang biasanya bisa kamu temukan pada pengaturan atau settings dari perangkat iPhone. Dan untuk caranya juga gampang banget kok

  1. Silakan masuk ke bagian pengaturan atau settings
  2. Setelah itu kamu bisa masuk ke menu General atau Umum
  3. Dalam menu general, kamu bisa mencari opsi Accessibility
  4. Setelah masuk ke dalam menu Accessibility, kamu bisa menghidupkan fitur Bold Text dengan menghidupkan toogle ke arah ON
  5. Nantinya, kamu akan mendapatkan pop up yang bertuliskan Applying this effect will restart your iPhone
  6. Lanjut saja untuk memilih YES dan nantinya secara otomatis iPhonemua akan memulai ulang atau ter-restart dan bisa langsung kamu gunakan seperti biasa.
Terkait:  Cara Reset Xiaomi

Nah, untuk menggunakan cara ini sendiri, bukan berarti setelah kamu menghidupkan fitur Bold Text tadi bisa kamu diamkan saja. Namun, kamu harus kembali masuk ke bagian Accessibility, untuk me-nonaktifkan fitur Bold Text tadi, dan melakukan restart untuk kedua kalinya.

Dengan begitu, ponselmu tak hanya ter restart saja, namun akan melakukan penyesuaian sistem agar kinerja atau performa dari ponsel kamu akan lebih baik daripada sebelumnya.

Kesimpulan

Mungkin itu saja sedikit tutorial mengenai cara restart iphone xr. Terlepas dari bagaimana kamu bisa melakukan restart pada perangkat iPhone, penggunaan iPhone dalam jagnka waktu berjam-jam juga sangat tidak disarankan.

Karena selain dapat merusak kesehatan mata, hal ini juga dapat mempengaruhi sistem dari perangkat iPhone yang kamu gunakan, jadi pastikan kamu tak berlebihan dalam menggunakan ponsel, ya.

Similar Posts