Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software, Cepat dan Praktis!

Cara Reset Printer Canon MP287
Cara Reset Printer Canon MP287

PindahLubang.com | Bagaimana cara reset printer Canon MP287 tanpa software? Jika kamu memilih mesin cetak ini, isi ulang tinta merupakan salah satu kegiatan yang pasti sering dilakukan. Tak menutup kemungkinan printer akan mengalami masalah secara tiba-tiba.

Masalah tersebut bukan hanya dialami oleh pemilik printer Canon saja, melainkan merk lainnya juga. Maka dari itu, kamu harus membersihkan dan merawat mesin printer dengan benar, apalagi kalau baru saja mengisi ulang tinta agar hasil print out dapat terlihat rapi dan sempurna.

Printer Canon MP287 adalah salah satu mesin cetak yang bisa menggunakan tabung infus, sehingga kamu dapat mengisi ulang tinta dengan cepat dan praktis. Pemakaiannya pun dapat mempermudah proses perawatan dengan cara mereset printer Canon MP287 yang akan kami bahas pada artikel ini.

Kode Error Printer Canon MP287

Sebelum membahas tentang cara reset printer Canon MP287, alangkah baiknya kamu mengetahui kode error printer Canon MP287 terlebih dulu. Pasalnya, tidak semua masalah dapat ditangani dengan reset ulang. Beberapa kode error tersebut antara lain:

  • Kode Error E02 Canon MP287
    Kode ini menandakan Printed is Out of Paper. Kondisi tersebut berarti posisi kertas tidak presisi, bahkan kemungkinan besar ada benda asing pada tempat penyimpanan kertas. Alhasil, masalah ini mengganggu sensor optik untuk mengeluar kertasnya saat proses print.
  • Kode Error E03 Canon MP287
    Paper Jammed alias kertas macet biasanya disebabkan oleh kertasnya menyangkut pada printer. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kamu sendiri yang tidak memasangnya dengan benar dan rapi. Selain itu, faktor yang mengakibatkannya adalah tumpukan kertas terlalu tebal.
  • Kode Error E04 Canon MP287
    Kode ini mengartikan Cartridge Cannot Be Recognized. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan cartridge kurang benar dan tepat. Oleh karena itu, periksa kembali bagian tersebut agar mesin printer dapat bekerja normal seperti biasa.
  • Kode Error E05 Canon MP287
    Kode ini hampir sama dengan sebelumnya, di mana kamu biasanya akan melihat keterangan The Fine Cartridge, Cannot be Recognized. Kamu harus melakukan hal serupa seperti kode error E04.
  • Kode Error E07 Canon MP287
    Kode selanjutnya yang mengartikan posisi cartridge tidak tepat. Akan tetapi, jika kamu sudah memeriksa posisinya dan sudah benar, maka kamu bisa mereset mesinnya dengan cara reset printer Canon MP287.
  • Kode Error E08 Canon MP287
    Pemberitahuan ini biasanya menunjukkan bahwa error disebabkan oleh tinta yang sudah nyaris penuh, sehingga kamu dapat menggunakan printer untuk mencetak kertas.
  • Kode Error P07 Canon MP287
    Kamu harus melakukan reset terhadap mesin printer. Masalah ini biasanya disebabkan oleh tinta yang sudah penuh, sehingga kamu perlu mereset ulang tanpa software maupun sesudah tintanya diisi ulang.
Terkait:  Cara Reset Hp Vivo Y12

Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer Canon MP287
Cara Reset Printer Canon MP287

Jika kamu sedang mencari cara mereset printer Canon MP287 tanpa software dengan benar dan mudah, alangkah baiknya mengikuti dan menyimak pembahasan artikel kami sampai selesai. Pasalnya, kami sudah menyiapkan beberapa panduan supaya kamu bisa mereset mesin printer nya.

Tak bisa dimungkiri bahwa masih banyak pengguna printer tersebut belum tahu soal itu. Padahal, cara mereset mesin printer Canon MP287 bisa dilakukan tanpa software, bahkan setelah isi tinta sekalipun agar kamu dapat menggunakannya untuk print out file kerja.

Langkah 1: Pastikan Printer Mati

Cara reset printer Canon MP287 tanpa software yang pertama adalah masuk ke Service Mode terlebih dulu. Kamu harus pastikan mesinnya sudah dalam keadaan mati. Kemudian, tekan tombol Stop/Reset dengan logo berwarna merah, lalu tekan sekaligus tahan tombol Power.

Langkah 2: Lepaskan Tombol Reset

Kamu harus melepaskan tombol Stop/Reset, namun tetap menahan tombol Power. Selain itu, tekan tombol Stop/Reset sebanyak 6 kali dan lepaskan keduanya. Jika sudah dilepas, mesin printer akan langsung masuk ke Service Mode yang ditandai dengan lampu LED akan berhenti berkedip.

Langkah 3: Masukkan Kertas ke Printer

Jika sudah masuk ke Service Mode, cara reset printer Canon MP287 berikutnya adalah memasukkan kertas ke mesin printer sebelum counter ink dibersihkan. Pasalnya, proses printing akan dilakukan untuk memeriksa apakah mesinnya sudah berfungsi normal kembali atau tidak.

Langkah 4: Sambungkan Printer ke Perangkat

Hubungkan mesin printer ke perangkat yang sudah terpasang aplikasi Service Tool Printer Canon MP287. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, pastikan tool tersebut berasal dari situs resmi Canon, kemudian tekan tombol Main.

Langkah 5: Pilih Menu Clear Ink Counter

Cara reset printer Canon MP287 selanjutnya adalah membuka bagian Clear Ink Counter, lalu ubah menu Absorber menjadi Main. Jika opsinya sudah diubah, tekan tombol Set. Kamu hanya perlu menunggu saja untuk memastikan proses printing berjalan normal.

Terkait:  Cara Reset Hp Samsung A10S

Langkah 6: Mati dan Hidupkan Printer

Jangan lupa matikan mesin printer selama 10 detik, kemudian hidupkan kembali seperti biasa. Cek semua bagian untuk mengetahui apakah printer nya sudah bekerja normal atau tidak. Kalau sudah normal, maka bisa menggunakannya untuk print out file yang dibutuhkan.

Cara Reset Printer Canon MP287 Sesudah Isi Tinta

Kamu dapat mereset mesin printer Canon MP287 sesudah isi ulang tinta lho. Kendati demikian, pastikan mesinnya sudah dalam Service Mode untuk menunjang proses tersebut.

Seperti kami sebutkan sebelumnya, kamu masih tetap menggunakan service tool printer Canon MP287 yang didapatkan melalui website resminya. Jika belum sama sekali, simak cara reset printer Canon MP287 sesudah isi tinta di bawah ini:

  • Pertama, pastikan printer sudah dalam keadaan mati.
  • Kalau masih menyala, matikan mesin printer terlebih dulu.
  • Pastikan kabel power tetap terpasang pada laptop atau PC.
  • Tekan tombol Stop/Reset pada mesin printer, lalu tahan sekaligus tahan tombol Power sampai lampu berwarna hijau menyala.
  • Lepaskan tombol Stop/Reset, tapi pastikan tombol Power masih tetap ditahan.
  • Kemudian, tekan tombol Stop/Reset lagi sebanyak 6 kali.
  • Lepaskan kembali kedua tombol tersebut.
  • Printer akan langsung masuk ke Service Mode yang ditandai dengan lampu LED akan berhenti berkedip.
  • Jika sudah masuk ke Service Mode, masukkan kertas ke mesin printer.
  • Hubungkan laptop atau PC yang sudah mempunyai aplikasi Service Tool Printer Canon MP287.
  • Pilih menu Main.
  • Klik Clear Ink Counter.
  • Ubah opsi Absorber menjadi Main.
  • Klik Set.
  • Pilih menu EEPROM.
  • Tutup aplikasi tersebut, lalu matikan printer selama 10-15 detik.
  • Hidupkan mesin printer untuk memastikan kondisinya sudah normal kembali.
  • Kalau masih belum bekerja dengan baik, buka kembali bagian Clear Ink Counter.
  • Terakhir, ubah menu Absorber selain Main untuk mengembalikan fungsinya agar dapat mencetak kertas seperti biasa.
Terkait:  Cara Sharing Printer Windows 10 untuk Pemula, Bebas Ribet!

Demikian panduan tentang cara reset printer Canon MP287 tanpa software maupun sesudah isi tinta dengan benar dan mudah. Meski begitu, masalah pada printer tidak selalu diatasi dengan reset ulang. Kamu akan tahu sumbernya melalui kode error yang sudah kami batas di atas. Pastikan kamu menanganinya sesuai dengan salah satu kode tersebut. Semoga bermanfaat!

Related posts