Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik

Bicara tentang cara reset hp vivo ke pengaturan pabrik, tentunya hal ini sudah sering kali dialami atau ditanyakan para pengguna ponsel dengan merk Vivo yang mengalami kendala ataupun masalah seperti error, memori penuh, atau lain sebagainya.

Karena sebagaimana kita tau, Vivo sendiri merupakan salah satu merk smartphone yang saat ini banyak digandrungi para pengguna gadget untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari sekedar mengakses sosial media, menggunakan aplikasi chatting, atau bahkan yang lainnya.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu hal yang memudahkan para pengguna untuk menjalin komunikasi dan mendapatkan beragam informasi yang cukup bermanfaat dari smarphone mereka.

Namun karena ponsel vivo masih menggunakan operating system android, maka tak heran jika banyak para pengguna yang bisa menginstall beragam aplikasi baik dari aplikasi google play store, atau bahkan dari pihak ketiga atau dari luar play store.

Nah biasanya, para pengguna yang terlalu sering menginstall aplikasi dari luar google play store inilah yang kerap mendapatkan masalah pada ponsel mereka.

Mulai dari ponsel yang tiba tiba lag, muncul error pada beragam aplikasi ataupun fitur, dan juga muncul iklan yang sangat mengganggu pengguna.

Belum lagi masalah penyimpanan yang kadang kala sering mengganggu aktivitas para pengguna ketika ingin mendownloada ataupun menyimpan file di dalam penyimpanan ponsel mereka.

Mungkin, kamu bisa melakukan backup dengan menggunakan salah satu penyimpanan awam seperti Google Drive, OneDrive, atau bahkan yang lainnya.

Namun terkandang juga, masalah ini tidak bisa langsung selesai begitu saja. Karena ketika proses backup selesai dilakukan, kadang ada saja error error lain yang mengikuti dibelakangnya.

Alhasil, banyak pengguna vivo yang memilih untuk melakukan reset pabrik atau factory reset pada ponsel mereka, agar ponsel yang digunakan kembali seperti baru atau seperti ketika awal mereka membeli ponsel.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Backup Chat Line

Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik
Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik

Itulah mengapa pada artikel kali ini kita akan mengulas sedikit tentang cara reset hp vivo ke pengaturan pabrik yang bisa kamu terapkan ketika mungkin ponsel vivo kamu mengalami error, atau kondisi lag dan lain sebagainya. Apa sajakah caranya? Berikut ulasannya.

Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik secara Manual

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara manual, yang bisa kamu temukan pada menu pengaturan ponsel vivo kalian. Cara ini cukup menjadi salah satu cara yang banyak digunakan para pengguna ponsel vivo ketika mereka hendak melakukan reset pengaturan pabrik atau factory reset.

Caranya juga mudah banget kok.

  1. Kamu cukup masuk ke bagian pengaturan dari ponsel vivo kalian
  2. Setelah itu kamu bisa mencari pengaturan lainnya atau dalam bahasa inggris bernama more settings
  3. Kemudian kamu bisa cari opsi backup and reset
  4. Klik pada pilihan tersebut, lalu kamu akan menemukan opsi reset to format factory atau reset ke setelan pabrik
  5. Pilih pada opsi tersebut sampai muncul pop up apakah kamu ingin kembali ke setelan pabrik
  6. Jika sudah yakin, kamu bisa langsung memilih YES atau OK untuk melanjutkan proses reset pabrik
  7. Tunggu sampai proses resetnya selesai dan secara otomatis kamu akan langsung diarahkan ke laman login seperti awal membeli ponsel vivo

Walaupun cara ini memang tidak ikut serta menghapus data di internal storage kamu, namun alangkah baiknya jika kamu tetap melakukan backup terlebih dahulu untuk berjaga jaga agar tak kehilangan data.

Setelah proses reset ini selesai, kamu bisa langsung login dengan menggunakan akun Google ataupun akun Vivo yang sebelumnya sudah kamu buat untuk login ke dalam ponsel.

Terkait:  Cara Screenshot Hp Vivo

Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik lewat Recovery Vivo

Kemudian untuk langkah yang kedua, kamu bisa melakukan reset pabrik dari recovery Vivo itu sendiri. Cara ini terbilang cukup riskan, karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah kehilangan data ponsel secara internal di penyimpanan ponsel kamu. Jadi pastikan kamu sudah membackup seluruh data internal ponsel kalian.

Dan jika sudah, maka kamu bisa langsung ke tahap selanjutnya.

  1. Backup keseluruhan data di internal storage kalian ke komputer atau pc terlebih dahulu
  2. Setelah itu pastikan daya baterai kamu berada di angka 50 persen (minimal)
  3. Jika sudah, matikan ponselmu ke mode shut down dan tunggu beberapa detik
  4. Lalu, masuk ke recovery bawaan dari Vivo dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan dalam beberapa detik
  5. Jika sudah, langsung saja pilih menu wipe all data
  6. Setelah itu kamu bisa memilih OK atau YES untuk memulai proses reset pabrik
  7. Jika sudah selesai, kamu bisa reboot atau restart ke system untuk login seperti semula.

Perlu diperhatikan, untuk cara ini sendiri memang akan menghilangkan data di internal storage kamu. Untuk itu mimin meyarankan kamu untuk melakukan backup terlebih dahulu ke komputer atau laptop, untuk kemudian kamu bisa melakukan restore atau pengembalian data dengan memindahkannya dari komputer atau laptop, ke smartphone vivo kalian.

Cara Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik lewat Custom Recovery

Selanjutnya untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan Custom Recovery atau yang biasa dikenal dengan TWRP. Buat yang belum tau, custom recovery ini tidak menjadi salah satu bagian yang include pada smartphone bawaan dari Vivo. Namun hal ini bisa kamu temukan jika kamu sering melakukan oprek dengan mengisntall TWRP di smartphone Vivo kalian.

Setidaknya, ada 2 metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan reset pabrik lewat Custom Recovery

Reset Pabrik di HP Vivo lewat Custom Recovery Tanpa Kehilangan Data Internal

  1. Matikan ponsel kamu dan pastikan daya baterai berada di minimum 50%
  2. Jika sudah, masuk ke mode twrp mode dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan sampai muncul logo vivo
  3. Pada menu TWRP, kamu bisa langsung klik pada WIPE lalu lakukan swipe to wipe 
  4. Tunggu sampai proses wipe nya selesai
  5. Dan terakhir, klik pada opsi reboot to system
Terkait:  Cara Setting 4G Only Oppo

Dengan menggunakan cara pertama tadi, kamu tak perlu khawatir kehilangan data pada penyimpanan internal, karena cara ini hanya akan menghapus data aplikasi dan juga cache saja.

Reset Pabrik di HP Vivo lewat Custom Recovery Dengan menghapus Data Internal

Sedangkan kalau kamu ingin menghapus keseluruhan data internal dan juga reset pabrik, kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Masuk ke twrp mode dengan menekan tombol power + volume up dan lepas ketika logo vivo muncul
  2. Saat masuk mode twrp, kamu bisa langsung klik pada opsi wipe
  3. Pada menu wipe ini, kamu bisa menemukan beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk dihapus.
  4. Centang pada beberapa pilihan berikut
    – Data
    – Storage
    – Cache
    – Dalvik/Cache (jika ada)
  5. Jika sudah mencentang ketiga opsi tadi, langsung saja lakukan swipe to wipe dan tunggu sampai proses wipenya selesai
  6. Dan jika sudah, langsung saja klik pada tombol reboot to system

Dengan begitu, seluruh datamu akan ikut terhapus, dan juga ponselmu akan kembali seperti baru. Dengan begitu, kamu bisa mulai menginstall aplikasi lagi, dan juga menyimpan beragam data yang sudah kamu backup sebelumnya.

Gimana, gampang banget kan cara reset hp vivo ke pengaturan pabrik yang mimin bagikan? Pastikan sebelum mengikuti salah satu cara ini, kamu sudah mengerti betul tentang tata caranya, dan jangan lupa untuk membackup data kalian, ya. Selamat mencoba.

Rate this post

Related posts